Comscore Tracker

7 Alasan iPhone SE 2020 Lebih Layak Beli Ketimbang iPhone 11

Selain murah, spesifikasinya juga gahar!

iPhone SE (2020) merupakan ponsel murah besutan Apple yang tengah hangat diperbincangkan. Smartphone ini bahkan digadang-gadang sebagai HP 'ergonomis' terbaik di tahun ini. Hal ini mengingat kemampuannya yang setara iPhone 11 namun dengan ukuran yang compact.

Tak sampai di situ, fitur fotografinya juga setara iPhone kelas atas. Jika kamu berencana meminang iPhone 11, coba pikir ulang. Ini sederet alasan mengapa iPhone SE (2020) lebih layak beli dibandingkan saudara yang dibanderol dua kali lipat itu.

1. Chipset A13 Bionic

7 Alasan iPhone SE 2020 Lebih Layak Beli Ketimbang iPhone 119to5mac.com

Jika mayoritas HP Android murah dibekali dengan chipset yang juga ‘budget’, iPhone SE (2020) justru mengemas A13 Bionic yang notabene merupakan chipset tercepat smartphone saat ini. Chipset ini juga menjadi tenaga utama bagi iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max.

Dalam hal kinerja CPU, berkat A13 Bionic, iPhone SE jadi 2,4 kali lebih cepat dari iPhone SE pertama dan 1,4 kali lebih cepat dari iPhone 8. Tidak hanya itu, peningkatan grafis juga meningkat dengan iPhone SE terbaru memiliki performa GPU dua kali lipat dari iPhone 8.

2. Kamera berkelas

7 Alasan iPhone SE 2020 Lebih Layak Beli Ketimbang iPhone 11macworld.co.uk

iPhone SE (2020) memang hanya memiliki satu kamera belakang (12MP) dan satu kamera depan (7MP). Namun, keduanya mampu menghasilkan kualitas gambar terbaik berkat dukungan chipset terbaru. Melalui A13 Bionic, iPhone SE jadi bisa mendukung mode Portrait dengan kontrol kedalaman dan efek 6 Portrait Lighting, serta Smart HDR yang dapat membantu menerangi objek tertentu.

Yang terakhir, iPhone SE juga menawarkan dukungan perekaman video hingga resolusi 4K di 30fps. Dengan ini, iPhone SE terbaru jadi HP budget dengan kamera paling berkelas.

3. Desain yang tahan air

7 Alasan iPhone SE 2020 Lebih Layak Beli Ketimbang iPhone 11e-technologynews.com

Bertolak belakang dengan sasis berpenampilan murah yang umumnya diusung oleh HP terjangkau, iPhone SE (2020) tampil lebih mewah dengan desain ala-ala HP flagship. Keseluruhan body iPhone SE terbuat dari bahan kombinasi kaca dan aluminum seri 7000, yang mampu memberikan tampilan dan nuansa premium.

Tidak sampai situ saja, Apple juga dengan berani menyematkan rating IP67 yang jarang sekali hadir pada HP lain di kelas yang sama dengan iPhone SE. Lewat rating itu, iPhone SE jadi bisa bertahan di dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit.  

Baca Juga: 8 Alasan Tidak Membeli iPhone SE 2020, Fitur-fiturnya Tertinggal

4. Touch ID

7 Alasan iPhone SE 2020 Lebih Layak Beli Ketimbang iPhone 11tomsguide.com

Tidak peduli seberapa aman Face ID, masih banyak pengguna iPhone yang lebih menyukai kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh Touch ID. Kabar baiknya, fitur legendaris ini resmi kembali di iPhone SE (2020).

Dengan Touch ID, pengguna iPhone SE terbaru jadi bisa membuka HP hanya dengan satu sentuhan, verifikasi transaksi pada Apple Pay dan banyak lagi. Plus, masalah pada Face ID yang sulit untuk mengenali wajah pengguna ketika menggunakan masker – terutama di masa-masa pandemi seperti saat ini – tidak terjadi pada Touch ID.

5. Pengisian daya nirkabel

7 Alasan iPhone SE 2020 Lebih Layak Beli Ketimbang iPhone 11gizmodo.com.au

Disamping rating IP67 untuk tahan air, wireless charging atau pengisian daya nirkabel jadi fitur lain yang sulit ditemukan di HP terjangkau – yang luar biasanya, dihadirkan pada iPhone SE (2020). iPhone SE mendukung pengisian daya nirkabel hingga 7,5W dan semua charger yang mendukung Qi charger bisa digunakan.

Untuk pengisian daya standar via kabel, iPhone SE mendukung fitur fast-charging 18W yang Apple klaim bisa mengisi daya dari 0 hingga 50 persen dalam waktu 30 menit saja. Info tambahan, iPhone SE hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 1,821mAh.

6. Pembaruan OS yang terjamin

7 Alasan iPhone SE 2020 Lebih Layak Beli Ketimbang iPhone 11techradar.com

Salah satu keunggulan produk dari Apple adalah jaminan pembaruan software atau OS untuk tiga sampai empat tahun ke depan. Dengan iPhone SE (2020) yang meluncur bersama iOS 13, maka dapat dipastikan bahwa iPhone berkelas budget ini akan mendapat pembaruan ke iOS 14 yang dijadwalkan untuk dirilis pada Juni mendatang. Selain itu, iPhone SE kemungkinan juga akan memiliki ‘masa hidup’ yang lebih panjang dengan kemungkinan dapat pembaruan hingga iOS 17, mengalahkan iPhone X dan XS yang hanya akan berhenti di iOS 15 dan iOS 16.

7. Harga yang lebih murah

7 Alasan iPhone SE 2020 Lebih Layak Beli Ketimbang iPhone 11engadget.com

Tidak alasan lain yang lebih baik untuk membeli iPhone SE (2020) selain karena harganya yang lebih murah. iPhone SE membuat pengguna iPhone dapat merasakan performa HP mahal pada diri iPhone 11 untuk harga yang relatif terjangkau. Ini sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh HP Android manapun.

Dengan harga mulai dari US$399 atau sekitar Rp6,2 juta, iPhone SE jadi pilihan terbaik bagi banyak pengguna Apple karena ini merupakan iPhone paling terjangkau yang pernah dirilis oleh Apple. iPhone SE sendiri tersedia dalam tiga varian warna yaitu Black, White dan Red.

Itu dia beberapa alasan mengapa iPhone SE (2020) lebih layak untuk dibeli ketimbang iPhone 11. iPhone SE memang belum dirilis di Indonesia, namun sejumlah toko resmi mengonfirmasi kehadirannya dalam waktu dekat. Jadi, kamu tertarik yang mana, nih?

Baca Juga: 7 Fitur yang Jadi Kelebihan Samsung Galaxy S20 Dibandingkan iPhone 11

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya