TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Rekomendasi Smartwatch untuk Pantau Pola Tidur, lebih Akurat

Tidur yang baik bisa mengurangi stres loh!

ilustrasi pemakaian smartwatch (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Smartwatch adalah perangkat elektronik berbentuk jam tangan yang dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti kemampuan untuk mengukur aktivitas fisik, memantau kesehatan, dan menerima notifikasi dari smartphone. Salah satu fitur unggulan yang sering ditemukan pada smartwatch modern adalah kemampuan untuk memantau pola tidur pengguna.

Smartwatch dapat melacak berbagai fase tidur, seperti tidur ringan, tidur nyenyak, dan REM (Rapid Eye Movement). Data ini membantu pengguna memahami bagaimana kamu tidur setiap malam dan mengidentifikasi pola tidur yang mungkin tidak sehat.

Beberapa smartwatch dilengkapi dengan sensor oksigen darah (SpO2) dan deteksi gerakan, yang bisa membantu mengidentifikasi gangguan tidur seperti sleep apnea. Ini memungkinkan kamu untuk mengambil langkah perbaikan masalah tidur, hingga berkonsultasi dengan profesional kesehatan. Dengan berbagai manfaat yang didapat dari pemantauan tidur, berikut 4 rekomendasi yang pas.

1. Garmin Epix Pro

Garmin Epix Pro terkenal dengan desain yang indah dan fitur canggihnya bisa memantau tidur dengan akurat. Garmin Epix Pro menunjukkan skor tidur, siklus tidur, dan saturasi oksigen dalam darah. Baterai ini juga tahan 16 hari dengan satu pengisian, sehingga membuatnya ideal untuk penggunaan jangka panjang tanpa mengisi baterai secara berkala.

2. Fitbit Sense 2

Fitbit Sense 2 adalah jam tangan pintar yang fokus pada pengawasan kesehatan dan pemantauan tidur. Sense 2 memiliki pelacakan siklus tidur, skor tidur, dan profil tidur yang menunjukkan kebiasaan tidurmu dan membantu mengelola stres. Bagi pengguna Fitbit Premium, skor manajemen stres membantu meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smartwatch Anti Air, Cocok Buat Pencinta Snorkeling

3. Google Pixel Watch 2

Google Pixel Watch 2 adalah pilihan yang bagus untuk pemantauan tidur, terutama hasil kolaborasinya dengan Fitbit, yang merupakan perangkat kesehatan terkenal. Untuk memantau kebiasaan tidur pengguna, jam tangan pintar Pixel Watch 2 membutuhkan baterai setidaknya 30 persen untuk berfungsi dengan baik. Kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang kualitas tidur musetiap malam dengan fitur ini.

4. Samsung Galaxy Watch 6

Pendahulunya, Galaxy Watch 5, memiliki beberapa peningkatan yang signifikan. Meskipun bentuknya hampir sama dengan versi sebelumnya, Galaxy Watch 6 menawarkan pemantauan tidur lebih akurat. Jam tangan pintar ini memiliki kemampuan untuk melacak siklus tidur kamu secara menyeluruh, memulai dengan tidur REM, lalu tidur ringan, dan tidur nyenyak. Data yang dikumpulkan bisa memberikan gambaran mendalam tentang kualitas tidurmu setiap malam, sehingga dapat mengambil tindakan untuk meningkatkan rutinitas tidur.

Insight ini bisa mencakup rekomendasi untuk jadwal tidur yang lebih konsisten, menciptakan lingkungan tidur yang lebih baik, atau mengelola stres sebelum tidur.

Baca Juga: 10 Tempat Berbelanja Murah Meriah di Yogyakarta

Verified Writer

Anita Dwi Octaviani

🐣🌼

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya