Comscore Tracker

WhatsApp Tak akan Gratis Lagi, Bayar Rp14 Ribu atau Harus Lihat Iklan

Pembayaran dilakukan setahun sekali 

Mulai tahun 2020 ini, whatsApp tidak akan menggratiskan layanannya. Setiap pengguna media sosial ini harus membayar US$ 1 atau sekitar Rp14 ribu. Jika pengguna tidak mau membayar, maka WhatsApp akan membanjiri dengan layanan iklan. 

Berikut ini adalah informasi mengenai pengubahan kebijakan tersebut.

Baca Juga: Akun WhatsApp Anggota DPRD Bantul Diretas untuk Menipu

1. Di 2020, orang-orang akan perlu berlangganan WhatsApp

WhatsApp Tak akan Gratis Lagi, Bayar Rp14 Ribu atau Harus Lihat Iklanhudabeauty.com

Semenjak dirilis, WhatsApp telah diberikan secara gratis. Akan tetapi lewat pengumuman resmi, Facebook yang mengakuisisi WhatsApp mengumumkan bahwa WhatsApp akan berbayar.

Dengan sistem berlangganan, penggunaan WhatsApp akan dipatok dengan harga US$1 atau sekitar Rp14 ribu per tahunnya. Mereka yang tidak membayar akan tetap bisa menggunakan WhatsApp namun dengan kondisi terdapat iklan.

Baca Juga: Begini Cara Mengembalikan Pesan di WhatsApp yang Sudah Hilang

2. Keputusan ini membawa perdebatan yang berujung pengunduran diri para founder WhatsApp

WhatsApp Tak akan Gratis Lagi, Bayar Rp14 Ribu atau Harus Lihat Iklanforbes.com

Upaya monetisasi aplikasi ini memang tak sepenuhnya berjalan lancar. Ada ketidaksetujuan oleh beberapa pihak hingga menyebabkan pertengkaran. Pihak tersebut adalah Mark Zuckerberg dengan Brian Acton dan Jan Koum, salah satu pendiri WhatsApp.

Setelah diambil alih Facebook, Mark menginginkan jika WhatsApp harus bisa dimonetisasi untuk menghasilkan uang ke perusahaan. Caranya adalah dengan memasang iklan.

Namun Brian dan Jan tidak setuju oleh keputusan tersebut. Mereka lebih memilih adanya sistem berlangganan mengingat para pendiri WhatsApp sangat membenci iklan. Dari sinilah kedua orang tersebut memilih meninggalkan WhatsApp.

3. Walaupun gratis, sampai sejauh ini WhatsApp tetap memberi keuntungan bagi perusahaan

WhatsApp Tak akan Gratis Lagi, Bayar Rp14 Ribu atau Harus Lihat Iklanandroidpit.com

Harga Rp14 ribu bagi beberapa orang tergolong sangat murah mengingat itu hanya dibayar tahunan. Tetapi perlu diketahui saja jika WhatsApp tetap bisa memberikan keuntungan tanpa perlu adanya fitur berlangganan tersebut. Keuntungan itu didapat lewat WhatsApp Business yang menghubungkan para penjual.

Sudah banyak orang yang memprediksi perubahan kebijakan WhatsApp ini mengingat 80 persen pendapatan Facebook sendiri datang dari iklan yang tampil di lamannya. Setujukah dengan keputusan dan maukah kamu membayarnya, mengingat itu hanya Rp14 ribu saja?

WhatsApp Tak akan Gratis Lagi, Bayar Rp14 Ribu atau Harus Lihat Iklangiphy.com

Kalau melihat adanya pemasangan iklan, tentu saja akan lebih baik membayarnya. Tapi hei, masih ada aplikasi messenger yang lain bukan? Jadi, bersiaplah untuk pemberlakuan sistem baru ini!

Baca Juga: 5 Tip Mengetahui Kamu Sudah Di-block di WhatsApp

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya