Comscore Tracker

Mengapa Smartphone Asal Batam Jauh Lebih Murah? Ini 7 Alasannya!

Pernahkah kamu melirik Batam untuk membeli ponsel?

Saat mencari smartphone secara online di aplikasi marketplace, kamu mungkin pernah menemukan ponsel yang harganya miring banget di sana. Biasanya barang-barang tersebut datang dari Batam. Ponsel-ponsel yang dijual di Batam memang terkenal murah, jauh di bawah harga pasar.

Penasaran mengapa smartphone asal Batam bisa semurah itu? Berikut penjelasannya dilansir dari berbagai sumber!

1. Batam termasuk dalam kawasan perdagangan bebas

Mengapa Smartphone Asal Batam Jauh Lebih Murah? Ini 7 Alasannya!straitstimes.com

Bagi yang belum tahu, di Indonesia, Batam masuk ke dalam free-trade zone alias kawasan perdagangan bebas. Area spesial ini merupakan area pergudangan untuk pengeksporan lebih lanjut.

Ibaratnya seperti perjalanan pesawat dari Jakarta menuju Amerika, perlu transit terlebih dahulu di suatu bandara. Batam adalah bandara transit barang-barang perdagangan itu.

2. Barang yang masuk kawasan perdagangan bebas tidak dikenai pajak

Mengapa Smartphone Asal Batam Jauh Lebih Murah? Ini 7 Alasannya!oxu.az

Dengan masuknya kawasan perdagangan bebas itu, barang pun tidak dikenai pajak sama sekali. Itu semua bertujuan untuk melancarkan alur perdagangan sekaligus menjaga harga barang untuk tetap stabil. Alhasil, harga barang pun bisa jauh lebih murah.

Contoh mudahnya jika barangmu seharga Rp10 juta dengan PPN 10 persen, maka barang dari Batam bisa menjadi Rp9 juta. Di Batam, pajak yang terhindarkan adalah PPN, PPN BM dan bea cukai.

3. Barang non-pajak menjadi ilegal jika dijual ke dalam negeri

Mengapa Smartphone Asal Batam Jauh Lebih Murah? Ini 7 Alasannya!mobilemarketingmagazine.com

Perlu diketahui saja, barang yang tidak terkena pajak menjadikan barang ini ilegal dijual dalam negeri. Jika memang itu adalah barang resmi yang sudah mendapatkan persetujuan pemerintah dan juga perusahaan, maka barang itu pasti akan terkena PPN, PPN BM dan bea cukai. Jika tidak, maka sudah dipastikan barang itu masuk dalam perdagangan ilegal alias black market (BM).

Baca Juga: Begini Cara Korea Utara Gunakan Teknologi untuk Batasi Gerak Warganya

4. Kemarakan BM didukung dengan perusahaan gadget yang membuka pabrik perakitan di sana

Alasan lain yang bisa membuat harga barang di sana murah adalah kebanyakan pabrik perakitan smartphone berada di sana. Contohnya adalah Xiaomi.

Xiaomi membuka perakitan produknya di Batam dan jika menggunakan alasan biaya di luar produksi, macam ongkos kirim, jelas saja barang di Batam akan jauh lebih murah. Namun demikian jika dipikir secara logis, harganya pun pasti tidak akan turun jauh-jauh amat dari harga pasar mengingat perusahaan pun perlu adil dan menjaga kredibilitasnya dalam menjual barang

5. Barang BM tidak mendapatkan garansi resmi

Mengapa Smartphone Asal Batam Jauh Lebih Murah? Ini 7 Alasannya!engadget.com

Ada banyak hal tidak menguntungkan dari membeli sebuah barang BM. Yang pasti adalah kamu tidak akan mendapatkan garansi resmi.

Contoh kasus jika tiba-tiba hp-mu rusak, maka kamu tidak bisa datang ke konter resmi untuk memperbaiki dan mengklaim garansi tersebut. Pilihanmu hanyalah mengembalikan hp tersebut ke penjual dan berharap diganti atau menuju tukang service pinggir jalan.

6. Tanyakan secara detil sebelum membeli barang dari Batam

Mengapa Smartphone Asal Batam Jauh Lebih Murah? Ini 7 Alasannya!cnbc.com

Jika kamu benar-benar ingin menghindari barang BM, tanyakan dengan detail mengenai kejelasan barang dan pergunakan pemikiran logis. Itu wajar kok, tenang aja.

  • Tanyakan garansi apa: resmi atau distributor?
  • Jika resmi, garansi manakah itu: internasional atau nasional?
  • Bagaimana cara klaim garansi tersebut?
  • Kondisi apa sajakah agar garansi itu berlaku?

Secara harga, logikanya jika itu barang resmi, harusnya harga tidak akan berbeda jauh. Disarankan untuk mencatat dan menyimpan percakapan jika sewaktu-waktu kamu komplain.

7. Memborong barang Batam secara offline bisa terkena kasus penyelundupan

Mengapa Smartphone Asal Batam Jauh Lebih Murah? Ini 7 Alasannya!en.1bitv.com

Ada peraturan khusus jika membeli smartphone langsung di Batam: kamu hanya diperbolehkan untuk membeli lima hp saja. Dua hp dibawa dan tiga lainnya dimasukkan ke dalam bagasi.

Lebih dari jumlah itu, kamu perlu membayar bea cukai dan pajak lainnya. Menolak membayar akan membuatmu terkena kasus penyelundupan.

Itu dia beberapa alasan mengapa barang-barang elektronik dari Batam, khususnya smartphone, bisa didapat dengan harga yang lebih murah. Tentunya, kamu tetap harus berhati-hati terkait legalitas ponsel yang kamu beli, terlebih di Batam juga marak barang rekondisi dan palsu.

Baca Juga: Punya RAM 4GB, 5 Smartphone Xiaomi Ini Harganya Cuma Rp1 Jutaan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya