Comscore Tracker

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnya

Padahal bentuknya lucu-lucu ya

Sebelum WhatsApp dan Line populer, ada beberapa jasa komunikasi sebagai media penghubung yang bernama instant messaging

Namun kendala saat itu masih terbatasnya layanan internet. Saat itu orang-orang tidak bisa menggunakan instant messenger setiap saat karena haruslah online. Hal itulah yang pada akhirnya membunuh para pendahulu messenger itu.

Apa saya pendahulu instant messenger itu? 

Baca Juga: WhatsApp Tak Lagi Beroperasi di Ponsel Android & iPhone Ini pada 2020

1. Casio Secret Sender 6000 (1994)

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnyatechspot.com

Alat ini disukai lebih banyak oleh para remaja dan anak-anak. Kenapa? Itu karena kegunaannya yang lebih seperti pencatat ketimbang untuk messenger dan lebih mengarah kepada "mainan". Anak-anak bisa menuliskan pesan tersembunyi serta mencatat nama dan nomor telepon dari yang lain, serta tidak membutuhkan internet, melainkan infrared untuk terkoneksi.

2. Cybiko (2000)

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnyawikipedia.org

Cybiko sempat diakui sebagai komputer handheld dengan fitur instant messager, serta downloadable apps dan game. Alat ini sangat menonjol di zamannya mengingat tidak ada yang mampu menyamai teknologi chatting wireless-nya. Layaknya komputer, kamu memerlukan wifi untuk mengoneksikannya.

3. Sony Clié PEG-UX50 (2003)

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnyapinimg.com

Sony Clié PEG-UX50 bukanlah gadget yang spesial digunakan untuk mengirimkan teks, melainkan PDA yang menjalankan Palm OS. PDA ini sudah memiliki internet, layar ful-color serta mobile instant messenger dan mampu digunakan untuk membaca e-book serta mendengarkan musik.

Lebih tepatnya ini adalah all-in-one device. Tentu saja harga PDA ini sangat mahal. Di zamannya saja sudah mencapai US$700 (atau sekitar Rp10,1 juta). Belum lagi memerlukan wifi untuk menggunakan instant messenger.

4. AT&T Wireless Ogo (2004)

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnyapctipp.ch

Gadget teks di era 2000 memiliki kendala masalah keterhubungannya dengan yang lain, yaitu membutuhkan wifi dan internet. Hal itu diatasi oleh AT&T Wireless Ogo dengan menggunakan sistem jasa seluler layaknya smartphone kala pertama kali muncul ke pasar. Kala dirilis, Ogo sangatlah murah jika dibandingkan saingan-saingan lainnya: hanya seharga US$100 (atau sekitar Rp1,4 juta) dengan langganan seluler tiap bulannya US$18 (atau sekitar Rp259 ribu).

Baca Juga: Genap Berusia 20 Tahun, Yahoo Messenger Malah Ditutup!

5. Motorola IMFree Handheld Instant Messenger (2005)

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnyaebay.com

Pada tahun ini, Motorola memberanikan diri untuk merilis texting gadget game kala ramai-ramainya instant messenger. Diakui alat ini lebih nyaman dan lebih mudah digunakan ketimbang Cybiko.

Layaknya iklan yang dibuat, IMFree device-nya berjalan sangat lancar dengan pengecualian IMFree memiliki backlight yang jelek sehingga susah untuk berkirim pesan pada malam hari. Namun, tetap saja alat ini membutuhkan akses internet, yang artinya dengan jarak kurang lebih 70 meter dari pusat internet, kamu sudah tak bisa menggunakan messenger-nya.

6. K-byte Zipit Wireless Instant Messenger (2005)

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnyamozzwald.com

Zipit Wireless Messenger adalah salah satu instant messenger yang spesial. Ia mampu membuat sang pengguna dapat melakukan obrolan dengan pengguna messenger lain seperti AOL Instant Messenger, Yahoo! Messenger, dan MSN Messenger. Dengan harga US$ 100 (atau sekitar Rp1,4 juta), Zipit menjadi alat instant messenger yang dapat diandalkan dan selain itu serba guna dan atraktif.

7. Mattel IM-Me (2007)

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnyapicclick.com

Ini adalah gadget yang menarik. Mengejar pasar anak-anak perempuan dan orangtuanya, alat ini memberikan fitur pengaman di mana sang pengguna hanya dapat mengirim dan menerima pesan dari akun dan ID yang telah disetujui. Fitur messenger ini tetap ada hingga Januari 2011, saat Mattel undur diri dari persaingan industri ini.

8. Peek Pronto Mobile Messaging Device (2009)

Sebelum WhatsApp Populer, 8 Instant Messenger Jadul ini Perintisnyaamazon.com

Peek Pronto Mobile Messaging Device sedikit mencuri ide AT&T Wireless Ogo, memberikan para penggunanya berkirim pesan gratis melalui berlangganan tiap bulan. Menggunakan sistem GSM, alat ini tidak memerlukan wifi untuk berkoneksi, terlebih jika mereka telah membayar US$ 300 (atau sekitar Rp4,7 juta) untuk langganan seumur hidup. Sangat disayangkan pada 2012 Peek Line dihentikan produksinya dan server-nya di offline-kan.

Tidak banyak yang tahu tentang keberadaan alat-alat yang telah disebutkan di sana mengingat di Indonesia sendiri jarang terbeli ataupun digunakan. Tidak salah jika alat-alat itu diakui sebagai produk gagal dunia. Tetapi jika bukan karena kegagalan mereka, maka tidak akan ada sejumlah messenger yang populer seperti di zaman sekarang.

Baca Juga: Bandingkan Allo, WhatsApp dan Facebook Messenger. Mana yang Paling Asyik Buat Chatting?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You