Jelang PSS Kontra Persebaya, Polda DIY Rekomendasikan Pelarangan Bonek

Bonek dilarang menonton laga demi keamanan

Sleman, IDN Times - Pertandingan antara PSS Sleman vs Persebaya Surabaya akan digelar Sabtu (13/7) besok di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Kendati demikian, Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merekomendasikan pelarangan suporter Persebaya, yang populer dengan nama Bonek, untuk menyaksikan laga tersebut.

1. Bonek dilarang untuk alasan kemananan

Jelang PSS Kontra Persebaya, Polda DIY Rekomendasikan Pelarangan BonekIDN Times/Nindias Khalika

Kepada panitia pelaksana pertandingan (panpel) PSS Sleman, Polda DIY telah menyampaikan rekomendasi soal tidak diberikannya jatah tiket untuk para bonek.

Adapun alasannya, yakni demi keamanan bersama. "Rekomendasi dari Polda, sebaiknya supaya penonton tidak penuh. Karena bagaimanapun yang membuat ulah itu kadang-kadang ini para suporternya," kata Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri, Rabu (10/7).

Rekomendasi itu pihaknya sampaikan usai berkaca pada peristiwa-peristiwa sebelumnya yang melibatkan kehadiran Bonek di wilayahnya. Seperti saat laga Persija kontra Persebaya di Stadion Sultan Agung musim kompetisi tahun lalu.

Bentrokan antar oknum suporter kedua kesebelasan memaksa pertandingan itu harus batal digelar. Kericuhan bahkan tak cuma terjadi satu dua kali, tapi banyak momen.

"Kita hanya memberi masukan supaya tetap jangan sampai timbul hal-hal yang tidak kita inginkan bersama," tegasnya.

Baca Juga: Menang di Samarinda, Djanur: Berkat Motivasi Bonek

2. Kekhawatian warga jadi pertimbangan

Jelang PSS Kontra Persebaya, Polda DIY Rekomendasikan Pelarangan BonekIDN Times/Hendy Wardhana

Menurut Dofiri, rekomendasi kepada panpel ini juga dibuat berdasarkan adanya masukan dari warga sekitar lokasi Stadion Maguwoharjo.

"Ditambah lagi ada warga masyarakat sekitar, yang ada kekhawatiran tertentu. Sehingga kami dengan panpel kemarin membahas bagaimana jalan terbaiknya," tutur Dofiri.

3. Keputusan di tangan panpel

Jelang PSS Kontra Persebaya, Polda DIY Rekomendasikan Pelarangan BonekIDN Times/Hendy Wardhana

Meski begitu, Dofiri menyebut, keputusan akhir soal jatah tiket ini tetap merupakan kebijakan panpel. Kepolisian sifatnya hanya memberikan rekomendasi saja.

"Nanti panpel yang akan melakukan langkah internal di dalamnya, nanti nunggu. Tapi kita memberi rekomendasi seperti itu. Mengacu pada kejadian-kejadian sebelumnya dan ada kekhawatiran dari warga masyarakat. Sehingga ini jadi pertimbangan kita," tandasnya.

Baca Juga: Menangi Duel Sarat Emosi, Lagi-lagi Seto Merasa PSS Hoki

Topik:

  • Paulus Risang
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya