Gagal Menang Lawan PSS, Pelatih Persipura Tetap Puas

Jacksen mensyukuri hasil 1 poin

Sleman, IDN Times - Persipura Jayapura hanya meraih 1 poin saat melawan PSS Sleman meski sempat unggul hingga laga nyaris berakhir di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (19/9).

Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago mengaku mensyukuri hasil itu. "Bersyukur pada Tuhan meski tak dapat hasil yang kita inginkan, tapi kita bersyukur tetap dapat 1 poin. Saya rasa itu adalah sesuatu yang membuat bahagia, karena perjuangan dari anak-anak sangat luar biasa," katanya saat sesi jumpa pers di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

1. Sudah main sesuai strategi

Gagal Menang Lawan PSS, Pelatih Persipura Tetap PuasIDN Times/Tunggul Kumoro

Jacksen mengaku tak kecewa dengan hasil ini, lantaran anak-anak asuhnya sudah menerapkan taktik yang dia instruksikan. "Saya rasa semua yang kita rancang, terjadi dalam pertandingan dan pemain sudah menjalankan semua rencana kita dengan sangat baik," katanya.

Semua ini, lanjutnya, bisa dilihat sepanjang babak pertama. Di mana memang skuat Mutiara Hitam, julukan Persipura tampil menguasai laga sampai pada akhirnya mereka bisa mencetak gol pada injury time babak pertama.

Baca Juga: PSS Pincang, Persipura Tak Mau Pandang Sebelah Mata

2. Minimalisir peluang PSS

Gagal Menang Lawan PSS, Pelatih Persipura Tetap PuasIDN Times/Tunggul Kumoro

Sampai pada babak kedua pun, menurut Jacksen, Titus Bonai cs masih mampu bermain sesuai rencana. Buktinya, tetap bisa mengantisipasi serangan demi serangan dari PSS yang mulai mendominasi.

"Babak kedua lebih banyak mereka long ball, kita selalu siap dalam situasi seperti itu. Dan peluang mereka bisa dikatakan cukup minim. Tidak seperti biasa mereka terus menerus selalu menciptakan peluang," katanya.

Sewaktu gol tim tuan rumah tercipta pada menit ke-81, diakui Jacksen, pasukannya sebenarnya masih bermain sesuai strateginya. 

"Proses golnya, kita sebenarnya sudah tahu dengan apa yang seharusnya terjadi. Pemain semua menyesal di ruang ganti, tapi itu kelebihan dari lawan," sebutnya.

3. Optimistis hadapi sisa laga di putaran kedua

Gagal Menang Lawan PSS, Pelatih Persipura Tetap PuasIDN Times/Tunggul Kumoro

Berkat raihan satu poin ini, Persipura menempati posisi 7 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan raihan 27 poin dari 17 kali main. Dengan jumlah pertandingan yang tersisa, Jacksen pun optimistis timnya mengakhiri kompetisi secara memuaskan.

Komposisi pemain yang tak jauh beda dengan putaran pertama, lanjutnya, bukan jadi masalah. "Kalau saya punya keyakinan tim ini mampu bersaing. Kita masih punya 2 pemain yang boleh dikatakan belum 100 persen. Imannuel Wanggai maupun Marinus Wanewar, sehingga komposisi pemain yang kita punya saat ini cukup untuk kita bisa mencapai target yang diberikan manajemen," sebutnya.

Jika ingin menambah amunisi pun, Jacksen mengaku sudah mengantongi sejumlah nama pemain dalam skuat Persipura U-20. Mereka saat ini masih mengikuti kompetisi Elite Pro Academy yang hampir berakhir musimnya.

"Dari pantauan saya ada 2 pemain yang kemarin saya sudah kasih usul pada manajemen untuk daftarkan di tim senior. Dan itu saya rasa, mereka akan gabung dengan kita. Sehingga saya rasa sudah cukup materi pemain kita," pungkasnya.

Baca Juga: 10 Hal Ekstrem yang Dilakukan Para Aktor untuk Mendalami Peran Joker

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya