4 Fakta Menarik Final Liga Europa MU Vs Villarreal

Diselimuti banyak warna, MU versus Villarreal pasti seru

Jakarta, IDN Time Duel Manchester United versus Villarreal dalam final Liga Europa akan digelar di PGE Stadium, Kamis (27/5/2021) pukul 02.00 WIB. Partai ini pastinya akan menyedot perhatian publik sepak bola dunia, sebab menjadi pertandingan perebutan trofi mayor kontinental pertama di Benua Biru yang disaksikan penonton dalam pandemik COVID-19.

Ribuan suporter MU dan Villarreal dipastikan menonton dari PGE Stadium. Striker legendaris MU, Wayne Rooney, bahkan sampai terbang ke Gdansk, Polandia, untuk menyaksikan mantan timnya berlaga.

Hadirnya penonton tentu akan menambah seru jalannya laga. Makin berwarna ketika sejumlah fakta menarik menyelimutinya.

Berikut IDN Times sajikan buat kamu, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Duel Maut MU Vs Villarreal di Final Liga Europa

1. MU paling susah jebol Villarreal

4 Fakta Menarik Final Liga Europa MU Vs VillarrealManchester United. skysports.com

MU dan Villarreal akan jumpa untuk kelima kalinya di ajang Eropa. Empat pertemuan sebelumnya terjadi di Liga Champions di musim 2005/06 dan 2008/09.

Uniknya, MU hanya mampu main tanpa gol lawan Villarreal di empat pertemuan itu. Artinya, Villarreal jadi tim yang paling sering bikin MU gagal cetak gol sepanjang sejarah.

2. Salah satu klub Inggris yang paling sering ke final Eropa

4 Fakta Menarik Final Liga Europa MU Vs VillarrealPemain Manchester United Harry Maguire bersama rekan setimnya berjalan usai pemain AC Milan Simon Kjaer membobol gawangnya pada pertandingan babak kualifikasi 16 besar leg pertama di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (12/3/2021) dini hari. Pertandingan tersebut berakhir seri 1-1. ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble

Ini merupakan final ke-8 MU dalam ajang Eropa. Menjadi catatan terbanyak kedua klub Inggris, setelah Liverpool yang tampil 14 kali dalam kompetisi kontinental.

MU sudah lima kali menang di tujuh final terakhir. Mereka cuma kalah dari Barcelona di Liga Champions musim 2008/09 dan 2010/11.

3. Pengalaman baru Villarreal

4 Fakta Menarik Final Liga Europa MU Vs VillarrealPemain Villarreal Manu Trigueros (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada pertandingan Semifinal Leg Pertama Liga Eropa di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Kamis (29/4/2021) waktu setempat. Villarreal menang atas Arsenal dengan skor akhir 2-1. ANTARA FOTO/REUTERS/Pablo Morano

Villarreal baru pertama kali menembus final kompetisi mayor Eropa sepanjang sejarahnya. Mereka menjadi klub ke-11 Spanyol yang tampil di final kompetisi Eropa.

Dua klub yang pernah tampil di final kompetisi Eropa sebelumnya juga jumpa klub Inggris, yakni Alaves dan Sevilla.

4. Dari degradasi, bisa jadi prestasi

4 Fakta Menarik Final Liga Europa MU Vs VillarrealANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble / Striker Manchester United, Edinson Cavani, beraksi di laga kontra AS Roma dalam semifinal leg 1 Liga Europa, Jumat (30/4/2021), di Old Trafford

MU bisa menjadi tim ke-9 dalam 22 musim terakhir yang bisa jadi juara setelah turun kasta dari Liga Champions, sejak format macam ini diberlakukan pada musim 1999/2000.

Paling anyar, Atletico Madrid yang melakukannya pada musim 2017/18. Klub Inggris lain yang bisa melakukannya adalah Chelsea pada musim 2012/13.

Baca Juga: Gelar Juara Liga Europa Bakal jadi Momentum Kebangkitan MU

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya