Wasit Premier League Mike Dean Terima Ancaman Pembunuhan

Buah dari keputusan kontroversial yang Dean lakukan

Jakarta, IDN Times - Berat benar hidup jadi seorang wasit. Ketika memimpin laga dengan baik, tak ada pujian yang datang. Sebaliknya, ketika bikin kesalahan, cacian bahkan ancaman pembunuhan siap mengintai. Inilah yang dialami wasit Premier League, Mike Dean.

Dilansir ESPN FC, Mike Dean menerima ancaman pembunuhan dari seseorang yang tak dikenal. Ancaman ini tidak hanya berlaku untuk dirinya, tetapi juga semua anggota keluarganya.

Tindakan ini pun jadi ancaman serius. Tak pelak, dirinya sudah melaporkan urusan ini ke pihak kepolisian.

Lalu, kenapa Dean sampai mendapat ancaman pembunuhan ini? Kesalahan apa yang sudah ia lakukan?

1. Keputusan kontroversial Dean di beberapa laga

Wasit Premier League Mike Dean Terima Ancaman PembunuhanMike Dean. (Twitter.com/Squawka)

Dalam beberapa laga terakhir, Dean memang kerap membuat keputusan kontroversial. Terbaru, ia memberi kartu merah pemain West Ham Tomas Soucek, karena dinilai menyikut striker Fulham Aleksandar Mitrovic.

Dalam tayangan ulang, tampak bahwa Soucek tidak sengaja menyikut Mitrovic. Namun, Dean bergeming. Ia tetap memberikan kartu merah kepada Soucek. Untungnya, banding yang dilakukan West Ham membuat hukuman kartu merah kepada Soucek berhasil dicabut.

Tidak cuma itu, dalam laga antara Southampton lawan Manchester United, Dean juga mengkartu merah Jan Bednarek karena dianggap menghalang-halangi pemain United untuk mencetak gol. Ia juga tidak memberikan penalti kepada Southampton dalam laga lawan Aston Villa.

Semua keputusan kontroversial ini agaknya membikin beberapa pihak naik pitam. Walhasil, ia menerima ancaman pembunuhan.

Baca Juga: Inilah Alasan Wasit Mengesahkan Gol 'Tangan Tuhan' Maradona

2. Dean meminta rehat sementara memimpin laga Premier League

Wasit Premier League Mike Dean Terima Ancaman PembunuhanMike Dean. (Twitter.com/MikeDean_)

Ancaman-ancaman ini agaknya membuat Dean resah. Ia meminta kepada pihak Premier League dan juga Asosiasi Ofisial Pertandingan (PGMOL) untuk tidak memberinya tugas memimpin laga di akhir pekan nanti.

Akan tetapi, Dean masih akan memimpin laga Piala FA tengah pekan ini, tepatnya pada Rabu (10/20/2021). Ia didapuk memimpin laga antara Leicester City melawan Brighton and Hove Albion.

3. PGMOL sayangkan ancaman pembunuhan ini

Wasit Premier League Mike Dean Terima Ancaman PembunuhanMike Dean. (Twitter.com/Squawka)

Managing Director PGMOL Mike Riley menyayangkan ancaman pembunuhan yang dialamatkan kepada Dean. Menurutnya, ancaman ini tidak pantas diberikan dan PGMOL akan memberikan dukungan maksimal kepada Dean.

"Ancaman kepada wasit ini adalah sesuatu yang tidak bisa diterima. Kami mendukung penuh keputusan Dean melaporkan ancaman yang ia dan keluarganya terima ini ke polisi," ujar Riley.

"Tidak boleh ada seorang pun yang menjadi korban dari ancaman pembunuhan macam ini. Itu adalah sesuatu yang tidak bisa diterima. Kita harus melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah ini," tambahnya.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya