Comscore Tracker

TC di Sleman, Pemain Timnas U-16 Jalani Latihan Fisik di Hotel

Bima Sakti juga seleksi pemain saat TC

Jakarta, IDN Times - Pemain Timnas U-16 berlatih gym di hotel tempat mereka menginap saat menjalani pemusatan latihan di Sleman Yogyakarta.

Pelatih fisik Timnas U-16, Gilang Ramadhan menjelaskan menu latihan yang diberikan kepada pemain. "Hari ini kami berlatih di gym mengenai repetisi maksimal, kami mau melihat beban maksimal dari tiap-tiap pemain, untuk mengetahui program dari masing-masing anak," kata pelatih fisik Timnas U-16, Gilang Ramadhan seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Selasa (15/12/2020).

1. Setiap pemain akan dibebani target berbeda

TC di Sleman, Pemain Timnas U-16 Jalani Latihan Fisik di HotelPemain Timnas U-16. (Website/pssi.org)

Gilang menambahkan latihan fisik di gym bertujuan memantau beban maksimal pemain. Hal tersebut akan dijadikan sebagai patokan latihan untuk masing-masing pemain. Setiap pemain, kata Gilang akan mendapatkan target akhir yang berbeda-beda.

"Setiap posisi pun akan berbeda-beda, contoh kiper, mereka lebih kuat di tangan dan bahu. Sementara posisi lain lebih kuat di leg press nya, karena otot quadriceps-nya. Malahan hamstring mereka kurang kuat, 3 banding 1 dengan kekuatan otot kaki depannya,” kata Gilang.

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

2. Gilang sebut kondisi fisik pemain berkembang pesat

TC di Sleman, Pemain Timnas U-16 Jalani Latihan Fisik di HotelPemain Timnas U-16. (Website/pssi.org)

Selama menjalani pemusatan latihan, kata Gilang kondisi fisik pemain meningkat pesat. Porsi latihan endurance yang diberikan kepada pemain memberikan efek positif bagi kondisi fisik para pemain.

"Kondisi anak-anak selama TC saya bilang luar biasa perkembangannya. Sebenarnya kita tinggal tunggu melihat lawannya saja. Kalau internal game, kita kan tahu lawannya," kata Gilang.

"Kondisi fisik mereka lagi naik, karena kita juga sudah beberapa kali treatment latihan endurance, speed sama latihan strength. Jadi kita seminggu itu selalu ada latihan tiga item tersebut,” ujarnya.

3. TC Timnas U-16 di Sleman sudah berlangsung sepekan

TC di Sleman, Pemain Timnas U-16 Jalani Latihan Fisik di HotelPemain-pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Timnas U-16 sudah sepekan menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman, Yogyakarta. Total ada 26 pemain turut bergabung dalam TC kali ini.

Dalam pemusatan latihan itu, Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, juga melakukan proses seleksi pemain. Alhasil, para pemain mesti menunjukkan kemampuan terbaik mereka agar nantinya bisa masuk dalam skuat Timnas U-16. TC sendiri, secara keseluruhan, sudah dimulai sejak 6 Desember lalu.

Rencananya TC di Sleman ini akan berlangsung hingga 23 Desember dan merupakan bagian dari persiapan Timnas U-16 jelang ajang Piala AFC U-16. Ajang ini rencanaya akan dihelat di Bahrain pada 2021. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

Baca Juga: TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya