TC Timnas U-16 di Sleman, Para Pemain Jalani Latihan Fisik di Hotel

Kondisi fisik pemain Timnas U-16 meningkat

Jakarta, IDN Times - Para pemain Timnas U-16 tengah menjalani pemusatan latihan di Sleman, Yogyakarta. Namun mereka mendapatkan menu latihan yang berbeda. Alih-alih berlatih di lapangan, mereka justru berlatih di gym tempat hotel mereka menginap.

"Hari ini kami berlatih di gym mengenai repetisi maksimal, kami mau melihat beban maksimal dari tiap-tiap pemain, untuk mengetahui program dari masing-masing anak," kata pelatih fisik Timnas U-16, Gilang Ramadhan seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Selasa (15/12/2020).

1. Setiap pemain akan dibebani target berbeda

TC Timnas U-16 di Sleman, Para Pemain Jalani Latihan Fisik di HotelPemain Timnas U-16. (Website/pssi.org)

Lewat latihan fisik di gym ini, selain memantau beban maksimal pemain, hal tersebut akan dijadikan sebagai patokan latihan untuk masing-masing pemain. Menurut Gilang, setiap pemain akan dapat target akhir yang berbeda-beda.

"Setiap posisi pun akan berbeda-beda, contoh kiper, mereka lebih kuat di tangan dan bahu. Sementara posisi lain lebih kuat di leg press nya, karena otot quadriceps-nya. Malahan hamstring mereka kurang kuat, 3 banding 1 dengan kekuatan otot kaki depannya,” ujar Gilang.

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

2. Gilang sebut kondisi fisik pemain berkembang pesat

TC Timnas U-16 di Sleman, Para Pemain Jalani Latihan Fisik di HotelPemain Timnas U-16. (Website/pssi.org)

Gilang mengungkapkan kondisi fisik para pemain mengalami peningkatan pesat selama TC ini. Latihan endurance yang sering dilalui para pemain memberikan efek positif bagi kondisi fisik para pemain.

"Kondisi anak-anak selama TC saya bilang luar biasa perkembangannya. Sebenarnya kita tinggal tunggu melihat lawannya saja. Kalau internal game, kita kan tahu lawannya," ujar Gilang.

"Kondisi fisik mereka lagi naik, karena kita juga sudah beberapa kali treatment latihan endurance, speed sama latihan strength. Jadi kita seminggu itu selalu ada latihan tiga item tersebut,” tambahnya.

3. TC Timnas U-16 di Sleman sudah berlangsung sepekan

TC Timnas U-16 di Sleman, Para Pemain Jalani Latihan Fisik di HotelPemain-pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Sudah satu pekan lamanya Timnas U-16 menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman, Yogyakarta. Secara total ada 26 pemain turut bergabung dalam TC kali ini.

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, juga melakukan proses seleksi pemain. Alhasil, para pemain mesti menunjukkan kemampuan terbaik mereka agar nantinya bisa masuk dalam skuat Timnas U-16. TC sendiri, secara keseluruhan, sudah dimulai sejak 6 Desember lalu.

TC di Sleman ini akan berlangsung hingga 23 Desember dan merupakan bagian dari persiapan Timnas U-16 jelang ajang Piala AFC U-16. Ajang ini rencanaya akan dihelat di Bahrain pada 2021. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

Baca Juga: TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya