Comscore Tracker

Final Liga Champions City VS Chelsea Akhirnya Digelar di Portugal

Partai puncak dilaksanakan di Estadio Do Dragao

Jakarta, IDN Times - Final Liga Champions 2020/21 secara resmi akan digelar di Estadio Do Dragao, Portugal pada 30 Mei mendatang. Sebelumnya, final dijadwalkan digelar di Turki. Namun karena pandemi COVID-19, tempat final dipindah.

Do Dragao sendiri adalah markas dari tim besar asal Portugal, FC Porto. Dalam pernyataan resminya, UEFA mengapresiasi kerja sama dari pemerintah Portugal dan Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) mengenai pemindahan venue final Liga Champions ini.

"Pemerintah Portugal dan FPF turut berpartisipasi dan berkoordinasi dengan kami untuk menawarkan venue di final Liga Champions. Lagi pula, Portugal masuk dalam list zona hijau Inggris, jadi fans bisa menonton langsung pertandingan tersebut," kata UEFA.

1. Akan ada 6.000 suporter yang datang menonton

Final Liga Champions City VS Chelsea Akhirnya Digelar di Portugalfans chelsea saat memadati stadion. (talkchelsea.net).

Selain memindah lokasi pertandingan, UEFA memutuskan suporter boleh datang langsung ke stadion. UEFA memperkirakan akan ada 6.000 suporter yang menonton langsung laga final ke Do Dragao. Nantinya, para suporter yang tentunya berasal dari Inggris--karena final mempertemukan Manchester City dan Chelsea--, tidak perlu menjalani karantina setibanya di Portugal.

Untuk bisa mendukung timnya, suporter hanya perlu menjalani tes COVID-19 dan membawa hasil negatif tes tersebut sebelum dan setelah melakukan perjalanan dari dan ke Portugal. Kembalinya suporter di laga final ini disambut baik oleh UEFA.

"Setelah satu tahun lamanya fans tidak boleh datang ke stadion, UEFA melakukan semuanya agar fans dari dua finalis ini (City dan Chelsea) bisa langsung mendukung tim kesayangannya di stadion," kata UEFA.

Baca Juga: Deja Vu Chelsea Dalam All England Final di Liga Champions

2. Penjajakan dengan Inggris gagal

Final Liga Champions City VS Chelsea Akhirnya Digelar di Portugalyoutube.com/wembley-stadium

Portugal dipilih sebagai opsi kedua untuk venue final Liga Champions 2020/21. UEFA sempat menjajaki kemungkinan menggelar laga tersebut di Inggris. Apalagi, finalis musim ini juga keduanya sama-sama berasal dari Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Namun, penjajakan itu gagal membuahkan hasil.

"UEFA sempat berdiskusi dengan FA (Federasi Sepak Bola Inggris) agar bisa menggelar laga di Inggris. Namun, setelah melalui berbagai pembicaraan, aturan karantina di Inggris sedikit menyulitkan kami," ujar UEFA.

3. Laga final Liga Champions 2020/21 urung digelar di Turki

Final Liga Champions City VS Chelsea Akhirnya Digelar di PortugalTwitter.com/SSCNapoli

Manchester City dan Chelsea akan bertarung di Final Liga Champions 2020/21. Lokasinya awalnya dihelat di Istanbul, Turki. Namun, situasi di sana jadi tak menentu setelah pemerintah Turki memberlakukan lockdown, akibat melonjaknya kasus COVID-19 di sana.

Penjajakan dengan Inggris pun dilakukan UEFA, hingga akhirnya menemukan titik buntu. Akhirnya, laga final Liga Champions 2020/21 pun resmi digelar di Do Dragao, markas FC Porto.

Baca Juga: Sulit Dapat Izin di Inggris, Final Liga Champions Digelar di Portugal?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya