Resmi! Final Liga Champions 2020/21 Digelar di Portugal

Laga final Liga Champions akan digelar di Estadio Do Dragao

Jakarta, IDN Times - Teka-teki di mana venue final Liga Champions 2020/21 terjawab sudah. Rencananya, laga akbar yang dijadwalkan pada 30 Mei 2021 dini hari itu akan dilaksanakan di Estadio Do Dragao, Portugal.

Do Dragao sendiri adalah markas dari tim besar asal Portugal, FC Porto. Dalam pernyataan resminya, UEFA mengapresiasi kerja sama dari pemerintah Portugal dan Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) mengenai pemindahan venue final Liga Champions ini.

"Pemerintah Portugal dan FPF turut berpartisipasi dan berkoordinasi dengan kami untuk menawarkan venue di final Liga Champions. Lagi pula, Portugal masuk dalam list zona hijau Inggris, jadi fans bisa menonton langsung pertandingan tersebut," ujar UEFA.

1. Akan ada 6.000 suporter yang datang menonton

Resmi! Final Liga Champions 2020/21 Digelar di Portugalfans chelsea saat memadati stadion. (talkchelsea.net).

UEFA memperkirakan, akan ada 6.000 suporter yang menonton langsung laga final ke Do Dragao. Nantinya, para suporter yang tentunya berasal dari Inggris--karena final mempertemukan Manchester City dan Chelsea--, tidak perlu menjalani karantina setibanya di Portugal.

Mereka hanya perlu menjalani tes COVID-19 dan membawa hasil negatif tes tersebut sebelum dan setelah melakukan perjalanan dari dan ke Portugal. Kembalinya suporter di laga final ini disambut baik oleh UEFA.

"Setelah satu tahun lamanya fans tidak boleh datang ke stadion, UEFA melakukan semuanya agar fans dari dua finalis ini (City dan Chelsea) bisa langsung mendukung tim kesayangannya di stadion," ujar UEFA.

Baca Juga: Deja Vu Chelsea Dalam All England Final di Liga Champions

2. Penjajakan dengan Inggris gagal

Resmi! Final Liga Champions 2020/21 Digelar di Portugalyoutube.com/wembley-stadium

Sebelum memilih Portugal sebagai venue final Liga Champions 2020/21, UEFA sempat menjajaki kemungkinan menggelar laga tersebut di Inggris. Apalagi, finalis musim ini juga keduanya sama-sama berasal dari Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Namun, penjajakan itu gagal membuahkan hasil.

"UEFA sempat berdiskusi dengan FA (Federasi Sepak Bola Inggris) agar bisa menggelar laga di Inggris. Namun, setelah melalui berbagai pembicaraan, aturan karantina di Inggris sedikit menyulitkan kami," ujar UEFA.

3. Laga final Liga Champions 2020/21 urung digelar di Turki

Resmi! Final Liga Champions 2020/21 Digelar di PortugalTwitter.com/SSCNapoli

Final Liga Champions 2020/21 yang mempertemukan Manchester City dan Chelsea ini sejatinya dihelat di Istanbul, Turki. Namun, situasi di sana jadi tak menentu setelah pemerintah Turki memberlakukan lockdown, akibat melonjaknya kasus COVID-19 di sana.

Penjajakan dengan Inggris pun dilakukan UEFA, hingga akhirnya menemukan titik buntu. Akhirnya, laga final Liga Champions 2020/21 pun resmi digelar di Do Dragao, markas FC Porto.

Baca Juga: Sulit Dapat Izin di Inggris, Final Liga Champions Digelar di Portugal?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya