Comscore Tracker

Gara-gara Menulis di Medsos, Cavani Terancam Absen 3 Pertandingan   

Luis Suarez juga pernah terkena hal yang sama

Jakarta, IDN Times - Pemain Manchester United, Edinson Cavani, terancam sanksi dari FA. Padahal ia menjadi pahlawan kemenangan Manchester United atas Southampton pada Minggu (29/11/2020). Mantan pemain PSG itu mencetak dua gol dan satu assist yang mengantarkan United menang 3-2 atas Southampton.

Setelah laga, Cavani merayakannya dengan mengunggah sesuatu dalam Instagram pribadinya. Sayangnya, dalam posting-an itu, Cavani menggunakan kata Negrito.
Kata itu dinilai mengandung ucapan rasialis, dan hal itu bertentangan dengan kampanye anti-rasialis yang gencar dilakukan di sepak bola Inggris. Akibatnya, Cavani terancam terkena hukuman dari FA selaku otoritas sepak bola Inggris.

 

 

1. Pembelaan Cavani, postingan itu buat temannya

Gara-gara Menulis di Medsos, Cavani Terancam Absen 3 Pertandingan   Edinson Cavani, penyerang United (Twitter.com/ManUtd)

Cavani membela diri. Ia menyebut bahwa unggahan di Instagram itu merupakan kiriman untuk temannya. Ia sendiri sadar bahwa posting-an itu bisa mengundang masalah, makanya ia segera menghapusnya.

"Pesan yang saya posting setelah pertandingan pada Minggu (29/11) itu merupakan salam sayang untuk teman saya. Saya ingin berterima kasih kepadanya yang telah mengucapkan selamat buat saya," ujar Cavani, dilansir ESPN FC.

"Yang tak ingin saya lakukan adalah menghina orang lain. Saya benar-benar menentang rasialisme dan saya sudah menghapus pesan itu, karena kalimat itu bisa ditafsirkan berbeda. Saya mohon maaf atas kejadian ini," tambahnya.

Baca Juga: Edinson Cavani, Tua dan Berbahaya

2. Cavani terancam dihukum selama tiga laga

Gara-gara Menulis di Medsos, Cavani Terancam Absen 3 Pertandingan   Edinson Cavani, penyerang United (Twitter.com/ManUtd)

Manchester United pun turut membela Cavani. Dalam pernyataan resminya, mereka menyebut Cavani tak memiliki niat jahat dalam unggahannya tersebut. Ia bahkan sudah menghapus pesan itu begitu tahu bahwa posting-an itu bisa disalahartikan.

"Edinson (Cavani) sudah menyampaikan permintaan maaf atas posting-an yang tidak disengaja itu. United dan semua pemain bertekad memerangi rasialisme sepenuhnya," ujar pernyataan resmi klub.

Meski begitu, FA masih tetap menyelidiki unggahan Cavani ini. Jika memang kelak Cavani dinyatakan bersalah, karena dianggap memuat konten yang bernada rasialisme, ia bisa kena skorsing paling tidak sebanyak tiga laga. Jelas, ini jadi kerugian tersendiri bagi United.

3. Luis Suarez juga pernah terkena hal yang sama

Gara-gara Menulis di Medsos, Cavani Terancam Absen 3 Pertandingan   goal.com

Apa yang dialami Cavani ini juga pernah dialami oleh rekan senegaranya, Luis Suarez. Ketika itu, Suarez mengeluarkan kata-kata bernada rasialis terhadap pemain United, Patrice Evra. Kata-kata yang diucapkan Suarez pun sama dengan apa yang di-posting Cavani.

Buntutnya, Suarez harus terkena skorsing selama delapan laga dari FA akibat tindakannya ini. Nah, Edinson Cavani bisa saja menderita hal yang sama, andai memang nanti hasil penyelidikan FA sudah keluar dan penyerang Manchester United itu dinyatakan bersalah.

Baca Juga: Belum Pernah Tampil, Cavani Sudah Berpikir Cabut dari Man United

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya