Comscore Tracker

Mengejutkan, 5 Klub EPL Ini Pernah Lolos secara Ajaib dari Degradasi

Klub mana saja yang dimaksud?

Premier League (EPL) telah memasuki penghujung musim 2020/2021. Manchester City sudah dinyatakan sebagai juara, sedangkan Sheffield United, West Bromwich Albion (WBA), dan Fulham terpaksa turun kasta. Pekan yang tersisa hanya menjadi ajang perebutan jatah tiket kompetisi Eropa.

Jika menilik ke musim-musim Liga Primer Inggris sebelumnya, ternyata ada sejumlah kisah degradasi dramatis yang tercipta hingga pekan terakhir. Nah, ini dia cerita lima klub EPL yang secara ajaib justru lolos dari degradasi.

5. Everton (1993/1994)

Mengejutkan, 5 Klub EPL Ini Pernah Lolos secara Ajaib dari DegradasiPotret selebrasi Graham Stuart saat berseragam Everton. (liverpoolecho.co.uk)

Klub asal Merseyside yang selalu menjadi kuda hitam di Liga Primer Inggris, Everton, hampir terjegal dari klub kasta tertinggi di awal era Premier League, yakni musim 1993/1994. Naik turunnya performa The Toffees di musim tersebut, menyebabkan mereka berada di zona degradasi dan satu poin di belakang Sheffield United, Southampton, dan Ipswich Town jelang pertandingan terakhir musim tersebut.

Everton memulai pertandingan pekan ke-42 (saat itu kompetisi masih diikuti 22 klub) dengan buruk, setelah tertinggal 0-2 dari Wimbledon FC di Goodison Park. The Toffees nampaknya akan turun kasta meskipun baru menjadi juara liga tujuh tahun sebelumnya.

Namun, keberuntungan masih berpihak kepada Everton setelah mereka berhasil comeback secara dramatis dan menang 3-2. Di sisi lain, Sheffield United menderita kekalahan 3-2 dari Chelsea. Akhirnya, rival berat Liverpool ini berhasil lolos dari degradasi secara dramatis di pekan terakhir.

4. West Bromwich Albion (2004/2005)

Mengejutkan, 5 Klub EPL Ini Pernah Lolos secara Ajaib dari DegradasiKegembiraan suporter WBA ketika lolos dari degradasi. (birminghammail.co.uk)

Dalam sejarah Liga Primer Inggris, tidak pernah ada klub yang selamat dari degradasi jika berada di posisi juru kunci saat Natal. Namun, West Bromwich Albion (WBA) berhasil mematahkannya di musim 2004/2005.

Terpaut lima poin dari batas aman dengan hanya sepuluh pertandingan tersisa, WBA pantang menyerah dan sempat tak terkalahkan selama bulan Maret dan April tahun 2005. Di pekan ke-38, WBA berhasil kandaskan perlawanan Portsmouth 2-0 di kandang sendiri. Sementara itu, para pesaing mereka tidak ada yang meraih kemenangan.

Crystal Palace ditahan imbang 2-2 oleh Charlton Athletic, Southampton kalah 1-2 dari Manchester United, dan Norwich City tumbang dengan skor telak 6-0 dari Fulham. Di musim ini juga, pertama kalinya dalam sejarah Premier League, belum ada satupun tim yang memastikan untuk terdegradasi hingga pekan terakhir.

Baca Juga: Pep Guardiola Dinobatkan Menjadi Pelatih Terbaik 2021

3. West Ham United (2006/2007)

Mengejutkan, 5 Klub EPL Ini Pernah Lolos secara Ajaib dari DegradasiKemenangan The Hammers di Old Trafford jadi salah satu momen tak terlupakan. (premierleague.com)

Pertempuran degradasi musim 2006/2007, disebut menjadi salah satu yang paling kontroversial sepanjang sejarah. West Ham United secara heroik berhasil keluar dari zona degradasi karena meraih empat kemenangan beruntun di empat pertandingan terakhir, termasuk kemenangan 0-1 di Old Trafford pada pekan ke-38.

Akhirnya, West Ham berhasil finish di posisi ke-16 klasemen. Padahal, hingga pekan ke-28, The Hammers berada di posisi paling buncit dan terpaut 10 poin dari zona aman. 

2. Fulham (2007/2008)

Mengejutkan, 5 Klub EPL Ini Pernah Lolos secara Ajaib dari DegradasiFulham sempat kejutkan Man City di tahun 2008 silam. (mirror.co.uk)

Di musim 2007/2008, Fulham tampil mengecewakan setelah hanya menang dua kali hingga bulan Desember 2007. Lawrie Sanchez yang tak mampu mengangkat performa klub, digantikan oleh pelatih kawakan, Roy Hodgson.

Awalnya butuh waktu bagi Hodgson untuk memberikan pengaruh bersama The Cottagers. Mereka tetap tampil inkonsisten hingga bulan Februari. Dengan sepuluh pertandingan sisa, Fulham masih terpaut enam poin dari batas aman. 

Namun, motivasi untuk bertahan di kasta tertinggi, membuat The Cottagers bermain dengan gigih. Empat kemenangan dalam lima pertandingan terakhir (termasuk kemenangan 2-3 di kandang Manchester City), Fulham akhirnya lolos dari ancaman turun kasta setelah berada di posisi ke-17 klasemen akhir, terpaut selisih gol saja dari Reading.

1. Leicester City (2014/2015)

Mengejutkan, 5 Klub EPL Ini Pernah Lolos secara Ajaib dari DegradasiRiyad Mahrez jadi salah satu pemain kunci dibalik bangkitnya Leicester. (mirror.co.uk)

Sama seperti WBA musim 2004/2005, Leicester City berada di posisi juru kunci saat periode Natal musim 2014/2015. Bahkan, hingga memasuki bulan April 2015, mereka baru mendapatkan empat kemenangan. The Foxes nampaknya telah bersiap untuk mengakhiri musim menyedihkan mereka dan kembali ke Championship.

Namun, keajaiban berhasil mereka lakukan, Leicester memenangkan tujuh dari sembilan pertandingan terakhir mereka untuk mengunci posisi ke-14 klasemen akhir. Bahkan, semusim berselang, The Foxes kembali menuliskan dongeng ajaib, setelah menjadi kampiun Premier League musim 2015/2016.

Cerita klub-klub EPL di atas saat lolos dari jurang degradasi memang dramatis dan mencengangkan. Yah, selama bola itu bundar, semua mungkin saja terjadi.

Baca Juga: 3 Klub Belum Mundur dari Super League, UEFA Siap Beri Hukuman Berat 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Faiz Irsyad di IDN Times Community dengan judul 5 Klub EPL yang Pernah Lolos dari Degradasi Secara Ajaib, Gak Disangka

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya