Vedat Muriqi, Penyerang Timnas Kosovo yang Diintai Manchester United

Penampilannya bersama Timnas Kosovo membius publik Inggris

Jakarta, IDN Times - Timnas Kosovo boleh kalah 5-3 atas Inggris pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 pada tengah pekan lalu, tapi bagi Vedat Muriqi, laga itu menjadi berkah tersendiri. Satu gol dan dua asis yang diukirnya di laga tersebut membuat penyerang jangkung itu menjadi buah bibir. Tampil di St. Mary Stadium, markas milik Southampton, Muriqi memendarkan sinarnya ke publik sepakbola Inggris.

Tak butuh waktu lama, pendar sinar penyerang kelahiran Yugoslavia ini membuat banyak klub papan atas Eropa kepincut. Sedikitnya ada lima klub dikabarkan mulai memantau dan mengirimkan pemandu bakatnya untuk melihat sepak terjang Muriqi. Mulai dari Manchester United, Tottenham Hotspur, hingga trio klub Italia, Napoli, Fiorentina, dan Lazio, memasukkan nama eks penyerang Giresunspor ini dalam radar mereka untuk bursa transfer Januari mendatang atau musim panas 2020.

Lalu sebenarnya, siapa Vedat Muriqi ini?

1. Penyerang jangkung milik Fenerbahce

Vedat Muriqi, Penyerang Timnas Kosovo yang Diintai Manchester UnitedTwitter/@kosovanfooty_

Musim panas 2019 ini membawa berkah bagi Muriqi. Setelah melanglang buana bersama klub-klub semenjana di Albania dan Super Lig Turki, akhirnya ia pindah ke klub papan atas Turki, Fenerbahce. Dana sebesar 3,1 juta paun dibayarkan mantan klub Robin van Persie ini untuk memboyong Muriqi yang sukses gelontorkan 17 gol dan 8 asis bagi Rizespor musim lalu di Super Lig.

Mengawali musim 2019/2020 bersama Fenerbahce, Muriqi yang sekilas tampak seperti Andy Carroll ini mampu tampil gemilang. Di tiga laga awal liga, ia sukses mencetak dua gol, serta tampil gemilang bersama Timnas Kosovo di babak Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Eks Bintang Arsenal Bahagia Bisa Tinggalkan Liga Premier Inggris

2. Gaya main Muriqi akan sangat cocok di Premier League

Vedat Muriqi, Penyerang Timnas Kosovo yang Diintai Manchester UnitedTwitter/@MuriqiVedat

Dari apa yang ditampilkan Muriqi saat melawan Inggris, gaya main penyerang setinggi 194 sentimeter ini sangat luwes dan tangguh. Ia mampu menahan bola, membuka ruang, berlari, mengirim umpan, hingga mencetak gol. Walau berbadan besar, ia cukup lincah, sekilas mengingatkan kepada Zlatan Ibrahimovic.

Satu asisnya untuk gol kedua Valon Berisha ke gawang Inggris bisa jadi bukti. Bermain melebar walau bermain sebagai target man, Muriqi sanggup dengan baik melakukan cut inside, mengirim umpan dari sisi kanan dengan kaki kiri untuk Berisha yang berdiri bebas di kotak penalti Inggris.

Asisnya untuk gol pertama Berisha juga tak kalah manis. Dengan tenang, ia memanfaatkan blunder Michael Keane dengan memberikan sodoran bola matang yang dieksekusi Berisha dengan mantap untuk bawa Kosovo sempat memimpin satu gol atas tuan rumah Inggris.

Dengan tinggi 194 sentimeter, serta gaya main luwes dan ditunjang fisik badan yang kokoh, tak heran kalau pemain yang pernah membela Timnas Albania U-21 ini jadi incaran banyak klub setelah performa impresifnya bersama Kosovo.

3. Mereka yang tengah memantau Muriqi

Vedat Muriqi, Penyerang Timnas Kosovo yang Diintai Manchester UnitedTwitter/@Sport_Witness

Dilaporkan oleh Fanatik, surat kabar dari Turki, Manchester United sudah mengirimkan pemandu bakatnya untuk memantau penyerang berusia 25 tahun ini. Krsto Kilibarda, pemandu bakat United yang bertugas di Eropa Timur, sudah dikirimkan untuk mengamati sepak terjang Muriqi bersama Fenerbahce.

Menurut Fanatik, Kilibarda akan mengumpulkan laporan tentang sang penyerang dan bila Ole Gunnar Solskjaer setuju, Setan Merah akan siapkan dana untuk memboyong Muriqi ke Old Trafford pada musim panas tahun depan atau Januari mendatang.

Untuk diketahui, United sudah melepas Alexis Sanchez dan Romelu Lukaku ke Inter Milan. Saat ini, mereka hanya punya tiga penyerang dalam diri Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Mason Greenwood.

Lain United, lain pula Tottenham Hotspur. Spurs bahkan sudah menyiapkan dana sebesar 18 juta paun untuk menebus Muriqi pada bursa Januari nanti. Hanya punya Harry Kane sebagai satu-satunya penyerang andalan, Spurs tentu tak akan melepas kesempatan memboyong penyerang baru di Januari nanti.

Baca Juga: Terungkap, Jadon Sancho Ternyata Tolak Gabung Manchester United

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya