Comscore Tracker

Mandala Krida Tak Masuk Daftar 6 Stadion Venue Piala Dunia U-20 2021

Stadion terpilih akan direvitalisasi Kementerian PUPR

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah memilih 6 stadion yang akan digunakan sebagai venue ajang Piala Dunia U-20 yang digelar tahun depan. Hal ini telah dipastikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pada Jumat (26/6) malam lalu.

Keenam stadion tersebut dipilih dari 11 kandidat stadion di seluruh Indonesia. Sayangnya, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta gagal terpilih.

Baca Juga: Anggaran Dialihkan ke COVID-19, Stadion Mandala Krida Batal Dipoles

1. Daftar enam stadion yang terpilih

Mandala Krida Tak Masuk Daftar 6 Stadion Venue Piala Dunia U-20 2021Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (10/2). IDN Times/Fitria Madia

Enam stadion yang sudah dipilih PSSI tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Pulau Bali. PSSI sendiri telah mengajukan keenam stadion tersebut melalui surat ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera direvitalisasi.

"Surat untuk keenam stadion sudah dimasukkan ke Kementerian PUPR," ujar Mochamad Iriawan, pada Jumat (26/6) lalu, dikutip dari Antara.

Keenam stadion yang dipilih PSSI adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (DKI Jakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

2. PUPR akan merevitalisasi 6 stadion tersebut

Mandala Krida Tak Masuk Daftar 6 Stadion Venue Piala Dunia U-20 2021Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Nantinya, keenam stadion ini akan direvitalisasi oleh Kementerian PUPR dan diharapkan bisa selesai prosesnya pada Februari atau Maret tahun depan. Pasalnya, Piala Dunia U-20 tahun depan akan dimulai pada 20 Mei-12 Juni 2020, jika tidak ada perubahan jadwal imbas pandemik COVID-19.

"Nantinya, Kementerian PUPR yang akan melakukan revitalisasi untuk keenam stadion yang kami ajukan. Namun untuk SUGBK dan Manahan, cuma butuh perbaikan sedikit," jelas Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Iwan Bule sendiri berharap pengerjaan revitalisasi bisa selesai dalam waktu dekat karena persiapan sudah sangat mendesak.

"Mudah-mudahan Kementerian PUPR dan pemerintah bisa menyelesaikan pembangunannya karena waktu sudah mendesak. Semoga di Februari atau Maret 2021 sudah selesai dan siap dipakai karena itu terhitung dua bulan sebelum Piala Dunia U-20," lanjut Iwan.

3. Stadion Mandala Krida batal dipoles karena anggaran dialihkan untuk COVID-19

Mandala Krida Tak Masuk Daftar 6 Stadion Venue Piala Dunia U-20 2021Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meninjau stadion Mandala Krida Yogyakarta. (IDN TImes/Tunggul Kumoro)

Sebelum memilih 6 stadion seperti yang disebutkan di atas, PSSI sudah terlebih dulu menyiapkan total 11 kandidat stadion sebagai venue Piala Dunia U-20 tahun depan. 5 stadion lain yang tidak terpilih tersebut adalah Stadion Patriot Candrabhaga (Kota Bekasi), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Utama Riau (Pekanbaru), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), dan Stadion Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi).

Stadion Mandala Krida sendiri batal direnovasi karena anggarannya dialihkan untuk penanganan COVID-19 di wilayah DI Yogyakarta. Tak hanya Mandala Krida, anggaran pembangunan fisik lainnya yang termasuk dalam APBD 2020 diredesain untuk kebutuhan penanganan COVID-19.

"Kami hentikan alokasi anggaran untuk perbaikan Mandala Krida," Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Bambang Wisnu Handoyo pada April silam.

Baca Juga: Ini Lho 4 Stadion di Jawa Barat untuk Piala Dunia U-20 2021

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya