Comscore Tracker

Nama Luis Milla dan Shin Tae-yong Mencuat, Siapa yang Paling Layak?

Keduanya dirumorkan jadi penerus Simon McMenemy

Jakarta, IDN Times - Diberhentikannya Simon McMenemy dari jabatan pelatih kepala Timnas Indonesia membuat sederet nama mencuat. Dua pelatih asing, Luis Milla dan Shin Tae-yong, dirumorkan menjadi penerus Simon di Timnas.

Di antara keduanya, siapa yang dirasa lebih cocok sebagai pelatih Timnas Indonesia?

1. Reputasi Luis Milla di Indonesia cukup diakui

Nama Luis Milla dan Shin Tae-yong Mencuat, Siapa yang Paling Layak?instagram

Sosok Luis Milla adalah sosok yang selama ini dirasa begitu melekat bagi Timnas Indonesia. Pelatih berusia 53 tahun ini datang dan menanamkan pola main yang sejatinya cukup oke bersama Timnas Indonesia.

Sayang, ia pergi ketika tim sedang berproses menuju ke arah yang lebih baik. Konon, persoalan gaji dan kontrak yang belum jelas jadi alasan kenapa eks pelatih Timnas Spanyol U-21 itu hengkang dari Tanah Air.

Lagipula, bersama Timnas U-22, Milla sempat jadi juara tiga SEA Games 2017 dan membawa pulang medali perunggu. Dengan karakter pemain yang sudah dikenal dan suasana sepakbola Indonesia yang sudah dipahaminya, apakah ini saatnya menyambut kembali Luis Milla?

Baca Juga: Usai Dibantai Thailand, Suporter Indonesia Meneriakkan 'Simon Out'

2. Shin Tae-yong punya pengalaman di level Piala Dunia

Nama Luis Milla dan Shin Tae-yong Mencuat, Siapa yang Paling Layak?Bola.com

Nama kedua adalah mantan pelatih Timnas Korea Selatan, Shin Tae-yong. Ia menakhodai Negeri Ginseng di Piala Dunia 2018 lalu dan punya raihan menarik di Piala Dunia Rusia tersebut. Di laga pamungkas penyisihan grup, ia membawa Son Heung-min dan kolega menang 2-0 atas Jerman dan memulangkan juara bertahan dengan rasa malu.

Berusia 4 tahun lebih muda dari Milla, Tae-yong kabarnya merupakan rekomendasi khusus dari Ketua Umum PSSI, Iwan Bule. Masalahnya, Tae-yong belum mengenal karakteritik pemain Indonesia dan butuh waktu lebih untuk melakukan riset terkait pemain-pemain Garuda.

3. Simon dipecat sebelum kontraknya berakhir 2020 nanti

Nama Luis Milla dan Shin Tae-yong Mencuat, Siapa yang Paling Layak?IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Simon McMenemy resmi diberhentikan tugasnya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia per Rabu (6/11) siang ini. Pelatih asal Skotlandia ini dianggap gagal mengangkat performa Indonesia yang jadi bulan-bulanan lawannya di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejatinya, eks pelatih Bhayangkara FC ini dikontrak sampai 2020 mendatang namun nasib memaksa kontraknya diakhiri lebih cepat di pengujung tahun 2019 ini.

Baca Juga: Simon McMenemy Resmi Dipecat dari Kursi Pelatih Timnas Indonesia

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You