Comscore Tracker

Matthew Steenvoorden Berharap Shin Tae-yong Tunjuk Dirinya ke Timnas

Steenvoorden ingin bermain untuk Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kehadiran Shin Tae-Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia membuat pemain keturunan Indonesia-Belanda Matthew Steenvoorden tertarik untuk menjadi anak asuhnya dan bermain bagi Timnas.

"Harapan saya ke depan, untuk pelatih baru Timnas Indonesia itu (Shin Tae-yong) bisa memberikan kesempatan atau mengundang saya sehingga saya bisa bermain untuk Timnas Indonesia," kata Steenvoorden kepada IDN Times, Minggu (5/1).

1. Steenvoorden menganggap Shin Tae-yong pelatih berpengalaman

Matthew Steenvoorden Berharap Shin Tae-yong Tunjuk Dirinya ke TimnasPelatih Timnas Indonesia, Shim Tae-yong. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Pemain berusia 26 tahun itu mengakui tak tahu banyak soal sepak terjang Shin Tae-yong. Tapi, Steenvoorden merasa kehadiran Shin Tae-yong bakal bisa meningkatkan prestasi Timnas Indonesia di kancah sepak bola dunia.

Ia melanjutkan, satu hal yang diketahui, Shin Tae-yong merupakan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Hal itu yang membuat dirinya yakin Shin Tae-yong memiliki pengalaman yang bagus untuk bisa mengembangkan sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Resmi Tukangi Timnas, Shin Tae-yong: Masyarakat Indonesia Luar Biasa!

2. Steenvoorden terus berusaha untuk segera mendapatkan paspor Indonesia

Matthew Steenvoorden Berharap Shin Tae-yong Tunjuk Dirinya ke TimnasMatthew Steenvoorden, bermimpi bisa bela Timnas Indonesia. ad.nl

Steenvoorden pun mengaku tengah berupaya mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia. Ia sudah mantap memiliki satu paspor Indonesia dan menanggalkan kewargaanegaraan Belanda yang melekat pada dirinya sejak kecil.

"Saya tidak akan keberatan, karena itulah aturannya (WNI tak boleh memiliki kewarganegaraan ganda)," ujar pemain HNK Gorica, klub liga teratas Kroasia.

3. Steenvoorden singgung klub Liga 1 seperti Persib, Persija, sampai Bali United

Matthew Steenvoorden Berharap Shin Tae-yong Tunjuk Dirinya ke TimnasIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Steenvoorden sempat mengungkapkan keinginan untuk merumput bersama salah satu klub di Tanah Air. Menurut dia, Liga 1 memiliki kompetisi yang cukup baik. Terlebih, Liga 1 sangat populer di Indonesia lantaran setiap pertandingan banyak ditonton oleh suporter setiap klub.

Menurut dia, beberapa tim di Liga 1 memiliki suporter yang sangat besar bahkan lebih besar dari beberapa klub di Eropa, seperti Persib, Persija, sampai Bali United yang yang didukung suporter cukup gila. Hal itu yang dinilai Matthew Steenvoorden membuat Liga 1 setiap tahunnya terus berkembang.

Baca Juga: Apa Alasan PSSI Pilih Shin Tae-yong Ketimbang Luis Milla?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya