Comscore Tracker

Nanti Malam Kroasia Jadi Ujian Kedua Timnas U-19 Indonesia

Pelatih Timnas sudah evaluasi kekalahan atas Bulgaria

Jakarta, IDN Times - Kesebalasan Timnas Indonesia U-19 kembali berlaga di ajang bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020. Timnas U-19 akan menghadapi tuan rumah Kroasia dalam laga yang digelar di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Selasa (8/9/2020) mulai pukul 20.30 WIB. 

Skuat Garuda Muda tetap mencari poin maksimal setelah sebelumnya kalah dari Bulgaria dengan skor 0-3. Jika bisa memperoleh poin setidaknya satu poin akan bisa mengangkat motivasi Beckham Putra Nugraha dan kawan-kawan.

1. Timnas U-19 masih terus berproses

Nanti Malam Kroasia Jadi Ujian Kedua Timnas U-19 IndonesiaTimnas U-19 saat melakukan latihan perdana di Kroasia pada Minggu (30/8/2020) (Dok.PSSI)

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong mengatakan tidak mencanangkan target tinggi. Pelatih asal Korea Selatan itu hanya hanya ingin melihat batas kemampuan pemainnya dalam setiap pertandingan. Maklum, setiap hari mereka digenjot latihan tiga kali dalam sehari. Sehingga kondisi tubuhnya sedikit terkuras, karena latihan fisik yang keras.

"Seperti yang sering saya bilang, saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas yang tinggi dengan menu fisik yang sangat keras. Intinya, tim ini masih berproses," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga: Sempat Imbang 78 Menit, Timnas U-19 Akhirnya Akui Keunggulan Bulgaria

2. Shin Tae-yong tidak lihat hasil di laga lawan Kroasia nanti

Nanti Malam Kroasia Jadi Ujian Kedua Timnas U-19 IndonesiaShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Kroasia pada Minggu (30/8/2020) (Dok. PSSI)

Shin Tae-yong mengaku setelah kekalahan dari Bulgaria, ia coba terus membenahi timnya. Dia berharap para penggawa Timnas U-19 bisa meningkatkan permainan dan tak melakukan kesalahan elementer yang berujung pada kesalahan fatal, walau beberapa pemain dipastikan absen.

"Melawan Kroasia semoga kami dapat meningkatkan permainan lebih baik lagi dan lebih fokus. Kroasia seperti Bulgaria, mereka punya postur tinggi serta fisik dan stamina bagus. Intinya kami tidak melihat hasil, tapi bagaimana pemain berproses dan bermain sesuai yang kami inginkan," katanya.

"Untuk kondisi tim saat ini hanya ada dua pemain yang mengalami cedera yakni Jack Brown dan M Kanu," Lanjut dia.

3. Skuat Garuda Muda siap tampil tanpa beban

Nanti Malam Kroasia Jadi Ujian Kedua Timnas U-19 IndonesiaLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Dalam laga melawan Kroasia, selain lawan yang cukup berat, ujian mental juga bakal dirasakan oleh Beckham Putra Nugraha dan kolega. Pasalnya, pemain belum menunjukkan penampilan maksimal dalam laga perdana di Eropa. Langkah awal memang biasanya membuat pemain tampil sedikit gugup, kali ini giliran mereka unjuk gigi.

Timnas U-19 pun memastikan diri bakal tampil all out dalam laga nanti, mengingat mereka tampil tanpa target tinggi. Beberapa hal pun dilakukan demi tampil maksimal nanti, salah satunya dengan melahap program latihan berat.

Baca Juga: Timnas U-19 Dibungkam Bulgaria 0-3, Shin Tae-yong: Tidak Masalah 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya