Comscore Tracker

PSSI Siap Jalankan Protokol Kesehatan Jika Kompetisi Kembali Digelar

Jika laga tanpa penonton, PSSI minta suporter tak datang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule memastikan PSSI benar-benar serius menjalankan protokol kesehatan dan tatanan new normal atau normal baru dalam kompetisi Liga 1 dan Liga 2 nanti.  

“Kami sudah membuat sebelas buku panduan protokol kesehatan terkait pelaksanaan kompetisi di masa COVID-19. Komunikasi dengan klub dan Asprov juga terus kami lakukan,” kata Iwan Bule dalam rilis yang diterima IDN Times, Senin (22/6) malam.

Baca Juga: PSSI Pilih DIY Homebase Tim Luar Jawa, Djanur: Barito Gak Masalah  

1. PSSI bakal kaji kemungkinan kompetisi digelar dengan atau tanpa penonton

PSSI Siap Jalankan Protokol Kesehatan Jika Kompetisi Kembali DigelarIDN Times/Galih Persiana

Iwan Bule menambahkan PSSI tengah mengkaji perihal kehadiran penonton di stadion. Menurut Iwan, banyak pertimbangan yang harus dilakukan meski Menteri Kesehatan sudah menyatakan bisa saja penonton hadir dalam kegiatan olahraga dengan aturan-aturan ketat.

"Kami akan kaji. Karena pertandingan toh akan disiarkan juga lewat televisi,” ujar mantan Plt Gubernur Jawa Barat itu.

Baca Juga: Deretan Pelatih Asing Ini Pernah Berselisih dengan PSSI

2. Iwan Bule memohon suporter tak datang ke stadion jika laga digelar tanpa penonton

PSSI Siap Jalankan Protokol Kesehatan Jika Kompetisi Kembali DigelarPemain Persija Marco Motta melakukan selebrasi saat rekannya Marko SImic mencetak gol dalam duel melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Iwan memohon seluruh suporter untuk tak memaksakan hadir datang ke stadion jika keputusan kompetisi digelar tanpa penonton karena situasi tak memungkinkan. Lebih baik, kata Iwan, suporter melaksanakan nonton bareng di kafe-kafe.

“Silakan saksikan di televisi. Kami akan siapkan atmosfer di stadion bisa hidup meski tanpa penonton, sebagaimana liga-liga di Eropa yang kini berjalan di masa COVID-19,” ujarnya.

3. Iwan sebut klub sepakat jalankan kembali kompetisi

PSSI Siap Jalankan Protokol Kesehatan Jika Kompetisi Kembali DigelarKetum PSSI M Iriawan Hadiri meeting virtual/ Dokumentasi PSSI

Iwan optimistis kompetisi bisa dilanjutkan kembali meski sempat jeda cukup lama. Apalagi, seluruh klub menyatakan kesiapannya untuk ikut berkompetisi di tengah kondisi yang belum pasti.

“Kita harus optimistis untuk menggulirkan kembali liga. Bagaimana pun FIFA menilai aktivitas setiap federasinya di masa COVID-19 ini. Apalagi negara-negara tetangga kita juga sudah menggelar kompetisi liga, menyesuaikan kondisi dengan penanganan COVID-19 masing-masing,” ujar mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

4. Kompetisi terhenti sejak Maret 2020

PSSI Siap Jalankan Protokol Kesehatan Jika Kompetisi Kembali DigelarPSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Akibat pandemik COVID-19, PSSI menghentikan Liga 1 yang baru berjalan tiga pekan lewat surat keputusan dengan nomor SKEP/48/III/2020. Lewat Surat Keputusan pada 27 Maret yang lalu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan bahwa kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020 berada dalam status keadaan tertentu darurat bencana virus COVID-19.

Hal dilakukan setelah menimbang arahan dari Presiden Joko Widodo serta masukan dari banyak pihak. Sehingga, sesuai surat keputusan tersebut, PSSI menetapkan pada Maret hingga Juni sebagai keadaan tertentu darurat bencana terkait penyebaran virus COVID-19 di mana status ini disebut sebagai keadaan kahar atau force majeure.

Baca Juga: Tunggu Klarifikasi Shin Tae-yong, PSSI: Jangan Lewat Media Lah

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya