Comscore Tracker

Bantu Tugas Ketua Umum, PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesia

Satgas Timnas Indonesia dipimpin Syarif Bastaman

Jakarta, IDN Times - Tim Satuan Tugas (Satgas) Timnas Indonesia dibentuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menangani persiapan jelang Piala Dunia U-20 2021.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menjelaskan Satgas Timnas dibentuk, salah satu tujuannya, adalah banyaknya tugas-tugas yang dilakukan Ketum PSSI. Walhasil, tugas Ketum PSSI di Timnas Indonesia didelegasikan lewat tim tersebut untuk bisa fokus mengurus setiap tim.

"Satgas Timnas tetap bertanggung jawab penuh kepada Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. Beliau begitu berharap satgas ini mengutamakan tim nasional dan selalu melakukan pengawasan," kata Yunus Nusi saat melakukan konferensi pers di Kantor PSSI, Menara Olahraga Senayan, Jakarta, Kamis (18/6).

Baca Juga: PSSI Pilih DIY Homebase Tim Luar Jawa, Djanur: Barito Gak Masalah  

1. Satgas Timnas Indonesia dipimpin Syarif Bastaman

Bantu Tugas Ketua Umum, PSSI Bentuk Satgas Timnas IndonesiaPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Yunus Nusi menambahkan Satgas Timnas Indonesia dipimpin oleh Syarif Bastaman sebagai direktur disokong beberapa orang, di antaranya, yakni Endri Erawan (anggota Exco PSSI 2019-2023), Kombes Pol. Sumardji (COO Bhayangkara FC), dan Indra Sjafri (Direktur Teknik).

Syarif sendiri bukan orang baru di PSSI. Dia sempat menjabat posisi penting sebagai Ketua Komite Pemilihan PSSI dalam dua periode, yakni saat 2011-2015 dan 2019-2023. Dia juga pernah menjabat posisi Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada medio 2007-2011.

"Beberapa tugas telah dijalankan oleh tim ini dan akan terus bekerja untuk persiapan berbagai ajang yang diikuti Timnas Indonesia,” kata Yunus kepada awak media.

Baca Juga: Semua Klub Sepakat Lanjut Kompetisi, PSSI Siapkan Protokol Kesehatan

2. Syarif Bastaman bakal urus Timnas Indonesia di pelbagai level

Bantu Tugas Ketua Umum, PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesiapssi.org/Herka Yanis P

Syarif menjelaskan selain menduduki Ketua Satgas Timnas Indonesia, dirinya juga bertanggung jawab sebagai Direktur Timnas. Menurut Syarif tugas sebagai Direktur Timnas kurang lebih mengurusi segala persiapan dan perkembangan Timnas Indonesia, di seluruh level baik senior sampai dengan kelompok umur, termasuk putri.

“Kami selalu menggandeng coach Indra Sjafri. Kami ingin melakukan terobosan prestasi, jembatannya adalah Piala AFC U-19 2020, karena kami ingin saat ajang Piala Dunia U-20, kami sukses secara prestasi dan penyelenggaraan,” ujar Syarif.

Timnas Indonesia, kata Syarif, punya target tinggi di ajang Piala Dunia U-20 2021. Sebab, hal itu merupakan pertarungan gengsi bangsa. Walhasil, segala daya dan upaya pun bakal dilakukannya demi perkembangan skuat Garuda, termasuk masalah fasilitas, akomodasi, hak-hak pelatih dan pemain yang bergabung di tim.

3. Indra Sjafri berharap satgas bisa bantu membuat skuat Timnas Indonesia yang berprestasi

Bantu Tugas Ketua Umum, PSSI Bentuk Satgas Timnas IndonesiaIDN Times/Panji Galih Aksoro

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri berharap dengan dibentuknya Satgas Timnas bisa mengembangkan Timnas Indonesia untuk bisa berbicara banyak di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Apalagi Indonesia bakal diuntungkan karena bertindak sebagai tuan rumah.

“Banyak contoh negara lain menemukan momentum kebangkitan sepak bola setelah menjadi tuan rumah. Kami ingin peran tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 bisa dimanfaatkan jadi momentum kebangkitan sepak bola nasional,” kata Indra.

Baca Juga: Menpora Optimistis PSSI Bisa Gelar Piala Dunia U-20 Tahun Depan

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya