PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesia, Apa Fungsinya?

Syarif Bastaman jadi pimpinan Satgas Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Timnas Indonesia, terkhusus untuk menangani persiapan jelang Piala Dunia U-20 2021. Hal itu diungkapkan oleh Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi saat melakukan konferensi pers di Kantor PSSI, Menara Olahraga Senayan, Jakarta, Kamis (18/6).

Ada pun beberapa alasan kenapa Satgas Timnas dibentuk, salah satunya, kata Yunus adalah banyaknya tugas-tugas yang dilakukan Ketum PSSI. Walhasil, tugas Ketum PSSI di Timnas Indonesia didelegasikan lewat tim tersebut untuk bisa fokus mengurus setiap tim.

"Satgas Timnas tetap bertanggung jawab penuh kepada Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. Beliau begitu berharap satgas ini mengutamakan tim nasional dan selalu melakukan pengawasan," kata Yunus Nusi.

1. Satgas Timnas Indonesia dipimpin Syarif Bastaman

PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesia, Apa Fungsinya?Pemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Satgas Timnas Indonesia ini dipimpin oleh Syarif Bastaman yang bertindak sebagai direktur. Sebagai Ketua Satgas, dirinya bakal disokong beberapa orang, di antaranya, yakni Endri Erawan (anggota Exco PSSI 2019-2023), Kombes Pol. Sumardji (COO Bhayangkara FC), dan Indra Sjafri (Direktur Teknik).

Syarif sendiri bukan orang baru di PSSI. Dia sempat menjabat posisi penting sebagai Ketua Komite Pemilihan PSSI dalam dua periode, yakni saat 2011-2015 dan 2019-2023. Dia juga pernah menjabat posisi Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada medio 2007-2011.

"Beberapa tugas telah dijalankan oleh tim ini dan akan terus bekerja untuk persiapan berbagai ajang yang diikuti Timnas Indonesia,” ujar Yunus kepada awak media.

Baca Juga: Semua Klub Sepakat Lanjut Kompetisi, PSSI Siapkan Protokol Kesehatan

2. Syarif Bastaman bakal urus Timnas Indonesia di pelbagai level

PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesia, Apa Fungsinya?pssi.org/Herka Yanis P

Sementara, usai terpilih Syarif ia memastikan jika selain menduduki Ketua Satgas Timnas Indonesia, dirinya juga bertanggung jawab sebagai Direktur Timnas. Tugasnya kurang lebih mengurusi segala persiapan dan perkembangan Timnas Indonesia, di seluruh level baik senior sampai dengan kelompok umur, termasuk putri.

“Kami selalu menggandeng coach Indra Sjafri. Kami ingin melakukan terobosan prestasi, jembatannya adalah Piala AFC U-19 2020, karena kami ingin saat ajang Piala Dunia U-20, kami sukses secara prestasi dan penyelenggaraan,” kata Syarif.

Menurut Syarif, Timnas Indonesia punya target tinggi di ajang Piala Dunia U-20 2021. Sebab, hal itu merupakan pertarungan gengsi bangsa. Walhasil, segala daya dan upaya pun bakal dilakukannya demi perkembangan skuat Garuda, termasuk masalah fasilitas, akomodasi, hak-hak pelatih dan pemain yang bergabung di tim.

3. Indra Sjafri berharap satgas bisa bantu membuat skuat Timnas Indonesia yang berprestasi

PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesia, Apa Fungsinya?IDN Times/Panji Galih Aksoro

Sedangkan, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memiliki harapan yang besar dengan dibentuknya Satgas Timnas ini. Dia ingin tim ini bisa mengembangkan Timnas Indonesia untuk bisa berbicara banyak di Piala Dunia U-20 tahun 2021, terlebih Indonesia bakal diuntungkan karena bertindak sebagai tuan rumah.

“Banyak contoh negara lain menemukan momentum kebangkitan sepak bola setelah menjadi tuan rumah. Kami ingin peran tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 bisa dimanfaatkan jadi momentum kebangkitan sepak bola nasional,” tukas Indra.

Baca Juga: Menpora Optimistis PSSI Bisa Gelar Piala Dunia U-20 Tahun Depan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya