Comscore Tracker

6 Stadion telah Dipilih, PSSI Persiapkan Gelaran Piala Dunia U-20 

Stadion Mandala Krida Yogyakarta gagal jadi salah satunya

Jakarta, IDN Times - Gelaran Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia masih setahun lagi. Namun, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tetap menyiapkan segala sesuatunya di tengah pandemik corona.

PSSI akan menggelar rapat dengan unsur pemerintahan untuk membahas persiapan venue yang akan dipakai sebagai tempat Piala Dunia U-20.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menjelaskan rapat juga akan membahas susunan kepanitiaan yang bakal mengurusi event besar itu. "Banyak hal yang dibahas pada rapat kali ini, seperti mengenai pemilihan enam stadion yang akan menjadi venue tuan rumah dan mengenai struktur kepanitiaan,” ujar Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu (38/6).

Baca Juga: Anggaran Dialihkan ke COVID-19, Stadion Mandala Krida Batal Dipoles

1. PSSI menggelar rapat dengan beberapa kementerian terkait

6 Stadion telah Dipilih, PSSI Persiapkan Gelaran Piala Dunia U-20 Satgas Timnas bersama pengurus PSSI. Dok PSSI

Beberapa perwakilan kementerian  terlihat hadir dalam rapat penting PSSI tersebut, mulai dari perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Sekretariat Kabinet secara virtual.

Sejauh ini, PSSI sudah mengusulkan kepada FIFA, plus kementerian terkait, seperti PUPR yang bakal membantu menyiapkan enam venue untuk ajang terbesar di seluruh Indonesia.

“Semoga pertemuan ini akan ada follow up-nya lagi dan memang tadi kami sudah meminta kepada beberapa kementerian agar bisa menerima kami untuk melakukan audiens atau pertemuan,” ujar Yunus.

2. Enam stadion terpilih jadi kandidat venue

6 Stadion telah Dipilih, PSSI Persiapkan Gelaran Piala Dunia U-20 https://gbk.id/

Sampai saat ini, enam stadion sudah dipilih PSSI untuk venue nanti, yakni Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.  

Enam kandidat stadion ini diharapkan untuk disempurnakan infrastruktur sesuai dengan standar sepak bola internasional yang disarankan oleh FIFA. Dan pada bulan September atau Oktober mendatang, FIFA akan datang ke Indonesia sekaligus melakukan melakukan inspeksi ke enam tersebut.  

Stadion Mandala Krida di Yogyakarta yang sedianya akan menjadi salah satu tempat perhelatan akbar tingkat dunia, urung dipilih.  

3. PSSI pastikan dukungan penuh pemerintah dalam menggelar Piala Dunia U-20

6 Stadion telah Dipilih, PSSI Persiapkan Gelaran Piala Dunia U-20 Twitter/@PSSI

PSSI sebagai induk sepak bola di Tanah Air, kata Yunus, selalu mendapatkan dukungan besar pemerintah untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Meski saat ini masih dalam masa pandemik COVID-19, yang berimplikasi pada pengurangan anggaran di beberapa departemen kementerian termasuk juga daerah-daerah, provinsi, Kabupaten, Kota tempat digelarnya pertandingan, Pemerintah tetap membantu menyiapkan segalanya.

“Presiden Joko Widodo dan beberapa Kementerian terus memberikan dukungan penuh kepada PSSI, itu yang sangat membanggakan kita. PSSI akan terus berkomunikasi dan beraudiensi kembali untuk menjelaskan secara rinci ke beberapa Kementerian, dan direncanakan mulai minggu depan,” katanya.

Baca Juga: Mandala Krida Tak Masuk Daftar 6 Stadion Venue Piala Dunia U-20 2021

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya