Jelang Piala Dunia U-20 2021, PSSI Klaim Didukung Pemerintah

Enam stadion dipilih sebagai venue

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terus menggeber persiapan Piala Dunia U-20 di tengah pandemik corona, salah satunya dengan menggelar rapat dengan unsur pemerintahan. Rapat membahas venue dan susunan kepanitiaan yang bakal mengurusi event besar itu.

"Banyak hal yang dibahas pada rapat kali ini, seperti mengenai pemilihan enam stadion yang akan menjadi venue tuan rumah dan mengenai struktur kepanitiaan,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu (38/6).

1. PSSI menggelar rapat dengan beberapa kementerian terkait

Jelang Piala Dunia U-20 2021, PSSI Klaim Didukung PemerintahSatgas Timnas bersama pengurus PSSI. Dok PSSI

Beberapa perwakilan kementerian  terlihat hadir dalam rapat penting PSSI tersebut, mulai dari perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Sekretariat Kabinet secara virtual.

Sejauh ini, PSSI sudah mengusulkan kepada FIFA, plus kementerian terkait, seperti PUPR yang bakal membantu menyiapkan enam venue untuk ajang terbesar di seluruh Indonesia.

“Semoga pertemuan ini akan ada follow up-nya lagi dan memang tadi kami sudah meminta kepada beberapa kementerian agar bisa menerima kami untuk melakukan audiens atau pertemuan,” ujar Yunus.

2. Enam stadion terpilih jadi kandidat venue

Jelang Piala Dunia U-20 2021, PSSI Klaim Didukung Pemerintahhttps://gbk.id/

Sampai saat ini, enam stadion sudah dipilih PSSI untuk venue nanti, yakni Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.  

Enam kandidat stadion ini diharapkan untuk disempurnakan infrastruktur sesuai dengan standar sepak bola internasional yang disarankan oleh FIFA. Dan pada bulan September atau Oktober mendatang, FIFA akan datang ke Indonesia sekaligus melakukan melakukan inspeksi ke enam tersebut.  

3. PSSI pastikan dukungan penuh pemerintah dalam menggelar Piala Dunia U-20

Jelang Piala Dunia U-20 2021, PSSI Klaim Didukung PemerintahTwitter/@PSSI

Yunus menilai PSSI selalu mendapatkan dukungan pemerintah yang begitu besar untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Walau saat ini ada kendala efek pandemik COVID-19, seperti pengurangan anggaran di beberapa departemen kementerian termasuk juga daerah-daerah, Provinsi, Kabupaten, Kota tempat digelarnya pertandingan, Pemerintah tetap membantu menyiapkan segalanya.

“Presiden Joko Widodo dan beberapa Kementerian terus memberikan dukungan penuh kepada PSSI, itu yang sangat membanggakan kita. PSSI akan terus berkomunikasi dan beraudiensi kembali untuk menjelaskan secara rinci ke beberapa Kementerian, dan direncanakan mulai minggu depan,” tukas dia.

Baca Juga: Sah! PSSI Pilih 6 Stadion Ini untuk Venue Piala Dunia U-20 2021

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya