Comscore Tracker

Gegara Izin Pernikahan Anak Rizieq, Topik Liga 1 Trending di Twitter 

Akun mafia wasit anjurkan Panpel Liga 1 undang Rizieq

Jakarta, IDN Times - Penggemar sepak bola Indonesia ramai - ramai membicarakan nasib Liga 1 Indonesia yang harus berhenti karena tidak mendapatkan izin keamanan dari polisi. Pertanyaan dengan topik Liga 1 menjadi trending di Twitter hingga mencapai 25,8 ribu retweet.

Bukan tanpa sebab penggemar sepak bola mempertanyakan pertandingan yang harus ditunda hingga Februari 2021. Warganet bertanya tentang standar pemerintahan yang memberikan izin keramaian di acara pernikahan anak Rizieq Shihab, Najwa Shihab yang  terbuka untuk umum pada Sabtu (14/11/2020). Selain bisa mengantongi izin keramaian, kegiatan tersebut mendapatkan bantuan langsung dari BNPB yang membagikan 20 ribu masker, hand sanitizer dan mengadakan rapid test.

Hal inilah yang mengundang protes dari netizen, khususnya penggemar sepak bola di media sosial.

1. Warganet pertanyakan standar ganda pihak kepolisian

Akun @PERSIPURA_ membagikan cuitan berisi keresahannya. Mereka mempertanyakan standar izin keramaian yang diberikan kepada Rizieq Shihab, hingga bisa menggelar pernikahan anaknya secara terbuka dan dihadiri banyak orang.

"Standar ganda nih bos-bos aparat @DivHumas_Polri dalam memberikan izin keramaian. Yang jelas-jelas bikin kerumunan massa tidak ditindak malah difasilitasi, Liga 1 yang komitmen tanpa penonton malah tidak diberi izin," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

"Jangan gitu lah bos, tidak elok dipandang masyarakat," lanjut dia.

Baca Juga: Ingin Kompetisi Digelar, Manajer PSS Sleman Berharap Ada Mukjizat

2. Akun Mafia Wasit anjurkan Panpel Liga 1 undang Rizieq

Gegara Izin Pernikahan Anak Rizieq, Topik Liga 1 Trending di Twitter Tangkapan layar - cuitan @MafiaWasit. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Lain cerita dengan warganet yang mengatasnamakan Komisi Wasit dengan akun @MafiaWasit. Dia sedikit mengungkapkan kalimat satire. Akun yang acap kali mengkritik PSSI dan kompetisi sepak bola tanah air ini memberikan saran kepada stakeholder terkait untuk mengikuti cara yang dilakukan Rizieq.

"Kalau Liga 1 tetap enggak dapat izin dengan menyediakan masker ke semua orang yang terlibat, Panpel bisa cari alternatif lain misalnya minta izin sama FPI atau mengundang hadirnya Pak Rizieq Shihab. Pasti Polisi enggak berani membubarkan Liga 1 deh," tulis pernyataannya.

"Sudah terbukti kok di Petamburan!" sambung cuitan @MafiaWasit.

3. Polri tak kunjung berikan izin Liga 1 2020

Gegara Izin Pernikahan Anak Rizieq, Topik Liga 1 Trending di Twitter Liga-Indonesia.id

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, sebelumnya mengatakan pihaknya tidak mengizinkan sepak mula Liga 1 2020 digelar 1 Oktober 2020.

"Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian," kata Argo dalam rilis yang diterima IDN Times pada 28 September 2020.

Argo pun menjelaskan sejumlah pertimbangan mengapa kompetisi Liga 1 dan 2 tak diizinkan. Pertama, kasus COVID-19 di Indonesia masih terus meningkat. Kedua, Polri sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak akan mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan.

"Polri bersama TNI serta stakeholder terkait sedang konsentrasi mendukung kebijakan pemerintah dan melaksanakan Operasi Yustisi di semua jajaran," ujarnya.

Baca Juga: PSSI Bikin Buku Panduan Protokol Kesehatan untuk Liga 1 dan Liga 2

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya