Comscore Tracker

Tak Bisa Nyantai di Kroasia, Pemain Timnas U-19 Dilatih 3 Kali Sehari 

Timnas U-19 disiapkan untuk Piala AFC

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong menggembleng pemain dengan porsi latiha tiga kali dalam satu hari. Menu latihan berat itu sudah diterapkan kepada para pemain hingga hari keempat melakukan pemusatan latihan di Kroasia. 

Setiap harinya, pemain Timnas U-19 memulai latihan pertamanya pada pukul 10.30 watu setempat. Latihan dilanjutkan pada pukul 16.00, dan menutup jadwal latihan hari tersebut pukul 21.00 waktu setempat. Shin Tae-yong dan tim pelatih memberikan beragam menu latihan dari peningkatan fisik, teknik, mental, dan lain-lain.

"Saat ini perkembangan tim sudah semakin positif setiap harinya. Proses adaptasi pemain berjalan baik dan pemain selalu bekerja keras dan semangat terus. Kami meningkatkan intensitas latihan mulai hari ini dan berikan materi taktik dan lain-lainnya," ujar Shin Tae-yong dalam rilis resmi yang diterima, Rabu (2/9/2020).

1. Fasilitas dan cuaca tak jadi kendala bagi Timnas U-19

Tak Bisa Nyantai di Kroasia, Pemain Timnas U-19 Dilatih 3 Kali Sehari Timnas U-19 saat melakukan latihan perdana di Kroasia pada Minggu (30/8/2020) (Dok.PSSI)

Perbedaan cuaca di Benua Eropa dan Indonesia tak menjadi penghalang bagi para pemain. Saat ini suhu di Kroasia berkisar antara 25-26 derajat celcius. Pada malam hari, kondisi di sana jauh lebih dingin, karena suhunya turun berkisar antara 16-17 derajat celcius.

Bagi pemain kondisi tersebut tak jadi kendala selama mereka menuntut ilmu di kampung halaman Luka Modric ini. Pasalnya, suhu tersebut tak termasuk kondisi ekstrim jika berada di Eropa.

Shin Tae-yong mengaku tak memiliki masalah lain, terkait hal-hal lainnya, seperti makanan dan fasilitas penunjang selama Timnas U-19 berada di sana. Sebab, lapangan yang disediakan untuk mereka latihan pun lebih dari satu tempat.

Baca Juga: Selain Turnamen, Timnas U-19 akan Jajal Kekuatan Lawan 3 Tim Ini

2. Bagas Kaffa janji bekerja keras untuk latihan dengan giat selama TC di Kroasia

Tak Bisa Nyantai di Kroasia, Pemain Timnas U-19 Dilatih 3 Kali Sehari Timnas U-19 saat melakukan latihan perdana di Kroasia pada Minggu (30/8/2020) (Dok.PSSI)

Salah satu pemain Timnas U-19, Bagas Kaffa, mengaku kondisinya saat ini dalam keadaan yang cukup fit. Bagas menambahkan tak menemui hambatan berarti soal adapatasi dengan cuaca di sana.

Bahkan, Bagas berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam latihan nanti. Terlebih, dirinya begitu bersemangat, karena mereka bakal memiliki pengalaman lain dengan melakukan uji coba dan turnamen dengan tim-tim kuat.

"Kami terus bekerja keras dan semangat selama di sini. Materi latihan dari pelatih sangat bagus, kami menjalankan latihan sesuai yang diinginkan tim pelatih. Selain latihan kami juga sudah siap menjalani beberapa laga uji coba di sini," ujar saudara kembar Bagus Kahfi ini.

3. Timnas U-19 bakal dijadwalkan juga melakukan tiga kali laga uji coba

Tak Bisa Nyantai di Kroasia, Pemain Timnas U-19 Dilatih 3 Kali Sehari Timnas U-19 saat melakukan latihan perdana di Kroasia pada Minggu (30/8/2020) (Dok.PSSI)

Selama menjalani pemusatan latihan di Eropa, Timnas U-19 akan tampil di turnamen pada 5-11 September 2020. Jadwal tersebut mundur tiga hari dari yang semula direncanakan. Di sana mereka bakal diuji oleh Bulgaria (5 September), Kroasia (8 September), dan ditutup pertandingan melawan Arab Saudi (11 September).

Selain itu, PSSI juga membuat rencana lain dengan menyiapkan Timnas U-19 melakukan beberapa uji coba melawan tim dari Eropa dan Asia. Lawan-lawan yang dipilih pun bukanlah tim sebarangan.

"Setelah mengikuti turnamen tersebut, Timnas U-19 melanjutkan uji coba dengan beberapa negara dan klub di Kroasia hingga akhir September mendatang. Lawan-lawan yang akan dihadapi yakni Qatar, Bosnia-Herzegovina, serta Dinamo Zagreb. Mereka merupakan tim kuat dan bagus untuk Timnas U-19," kata Ketua Umum PSSI M Iriawan.

4. Timnas U-19 bakal lanjutkan TC di Eropa

Tak Bisa Nyantai di Kroasia, Pemain Timnas U-19 Dilatih 3 Kali Sehari Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Kroasia pada Minggu (30/8/2020) (Dok. PSSI)

PSSI sudah merencanakan jadwal Timnas U-18 seusai TC di Kroasia. Timnas U-19 berencana untuk melanjutkan pemusatan latihan di Eropa. Hal itu dilakukan untuk mematangkan persiapan Beckham Putra Nugraha dan kolega sambil mempersiapkan diri tampil di Piala AFC U-19. Pasalnya, AFC mengisyaratkan bakal menunda jadwal Piala AFC U-19 Uzbekistan menjadi tahun depan.

Berdasarkan keterangan dari laman Facebook asosiasi sepak bola Uzbekistan (UFA), AFC tengah mencari opsi terbaik untuk menentukan jadwal anyar kejuaraan paling elite antar-kelompok umur di Asia. Besar kemungkinan, Piala AFC U-16 dan U-19 bakal diundur ke 2021.

Timnas U-19 sendiri membawa 28 pemain untuk mengikuti TC dan turnamen di Kroasia. Selain nama-nama langganan seperti David Maulana, Brylian Aldama, Bagas Kaffa, sampai Witan Sulaiman, ada dua pemain keturunan yang juga diajak Shin Tae-yong untuk unjuk kebolehan. Mereka adalah Elkan Bagott (Ipswich Town) yang tengah menunggu konfirmasi dari klubnya dan Jack Brown (Lincoln City).

Baca Juga: Tiba di Kroasia, Shin Tae-yong Langsung Ajak Timnas U-19 Latihan

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya