Gak Leha-leha, Timnas U-19 Latihan 3 Kali Sehari di Kroasia

Timnas U-19 melakukan TC dan turnamen di Kroasia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 sudah memasuki hari keempat melakukan pemusatan latihan di Kroasia. para pemain pun sudah menjalankan program yang sudah disusun pelatihnya Shin Tae-yong, termasuk menggembleng latihan rutin sehari tiga kali.

Timnas U-19 memulai latihan pertamanya pada pukul 10.30 dan selanjutnya mereka melakukan latihan kedua pukul 16.00, dan menutup jadwal latihan hari tersebut pukul 21.00 waktu setempat. Beragam menu pun diberikan tim peltaih mulai dari peningkatan fisik, teknik, mental, dan lain-lain.

"Saat ini perkembangan tim sudah semakin positif setiap harinya. Proses adaptasi pemain berjalan baik dan pemain selalu bekerja keras dan semangat terus. Kami meningkatkan intensitas latihan mulai hari ini dan berikan materi taktik dan lain-lainnya," kata Shin Tae-yong dalam rilis resmi yang diterima, Rabu (2/9/2020).

1. Fasilitas dan cuaca tak jadi kendala bagi Timnas U-19

Gak Leha-leha, Timnas U-19 Latihan 3 Kali Sehari di KroasiaPelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong (berdiri, ketiga dari kiri) sedang memberikan arahan di sela-sela sesi pemusatan latihan Timnas U-19 di Stadion Madya GBK Jakarta pada Kamis (20/8/2020). (Dok. PSSI)

Kondisi suhu di Kroasia sendiri sejauh ini berkisar antara 25-26 derajat celcius. Namun, memasuki malam hari, kondisi di sana jauh lebih dingin, karena suhunya turun berkisar antara 16-17 derajat celcius.

Hal itu tentu tak jadi kendala lebih bagi skuat Garuda Muda selama menuntut ilmu di kampung halaman Luka Modric ini. Sebab, suhu tersebut tak termasuk kondisi ekstrim jika berada di Eropa.

Shin Tae-yong sendiri saat ini merasa tak memiliki masalah lain, terkait hal-hal lainnya, seperti makanan dan fasilitas penunjang selama Timnas U-19 berada di sana. Sebab, lapangan yang disediakan untuk mereka latihan pun lebih dari satu tempat.

Baca Juga: Selain Turnamen, Timnas U-19 akan Jajal Kekuatan Lawan 3 Tim Ini

2. Bagas Kaffa janji bekerja keras untuk latihan dengan giat selama TC di Kroasia

Gak Leha-leha, Timnas U-19 Latihan 3 Kali Sehari di KroasiaTimnas U-19 saat melakukan sesi latihan dalam program TC di Kroasia (Dok. PSSI)

Bagas Kaffa yang sudah menjalani latihan beberapa hari di Kroasia mengungkapkan jika kondisinya saat ini dalam keadaan yang cukup fit. Dia pun mengakui tak menemui hambatan berarti soal adapatasi dengan cuaca di sana.

Hal itu membuatnya berkomitmen memberikan yang terbaik dalam latihan nanti. Terlebih, dirinya begitu bersemangat, karena mereka bakal memiliki pengalaman lain dengan melakukan uji coba dan turnamen dengan tim-tim kuat.

"Kami terus bekerja keras dan semangat selama di sini. Materi latihan dari pelatih sangat bagus, kami menjalankan latihan sesuai yang diinginkan tim pelatih. Selain latihan kami juga sudah siap menjalani beberapa laga uji coba di sini," kata saudara kembar Bagus Kahfi ini.

3. Timnas U-19 bakal dijadwalkan juga melakukan tiga kali laga uji coba

Gak Leha-leha, Timnas U-19 Latihan 3 Kali Sehari di KroasiaLatihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (20/8/2020). (Herka Yanis/IDN Times)

Timnas U-19 baru bakal tampil di turnamen pada 5-11 September 2020. Jadwal tersebut mundur tiga hari dari yang semula direncanakan. Di sana mereka bakal diuji oleh Bulgaria (5 September), Kroasia (8 September), dan ditutup pertandingan melawan Arab Saudi (11 September).

Tak berhenti sampai di situ saja, PSSI juga membuat rencana lain dengan menyiapkan Timnas U-19 melakukan beberapa uji coba melawan tim dari Eropa dan Asia. Lawan-lawan yang dipilih pun bukanlah tim sebarangan.

"Setelah mengikuti turnamen tersebut, Timnas U-19 melanjutkan uji coba dengan beberapa negara dan klub di Kroasia hingga akhir September mendatang. Lawan-lawan yang akan dihadapi yakni Qatar, Bosnia-Herzegovina, serta Dinamo Zagreb. Mereka merupakan tim kuat dan bagus untuk Timnas U-19," ujar mantan Plt Gubernur Jawa Barat itu.

4. Timnas U-19 bakal lanjutkan TC di Eropa

Gak Leha-leha, Timnas U-19 Latihan 3 Kali Sehari di KroasiaPemain Timnas U-19 saat melakukan seleksi di bawah komando Shin Tae-yong di Stadion Wibawa Mukti Cikarang beberapa waktu lalu. pssi.org

Pasca-TC di Kroasia, Timnas U-19 berencana untuk melanjutkan pemusatan latihan di Eropa. Hal itu dilakukan untuk mematangkan persiapan Beckham Putra Nugraha dan kolega sambil mempersiapkan diri tampil di Piala AFC U-19. Maklum, AFC mengisyaratkan bakal menunda jadwal Piala AFC U-19 Uzbekistan menjadi tahun depan.

Dikutip dari laman Facebook asosiasi sepak bola Uzbekistan (UFA), AFC tengah mencari opsi terbaik untuk menentukan jadwal anyar kejuaraan paling elite antar-kelompok umur di Asia. Besar kemungkinan, Piala AFC U-16 dan U-19 bakal diundur ke 2021.

Timnas U-19 sendiri membawa 28 pemain untuk mengikuti TC dan turnamen di Kroasia. Selain nama-nama langganan seperti David Maulana, Brylian Aldama, Bagas Kaffa, sampai Witan Sulaiman, ada dua pemain keturunan yang juga diajak Shin Tae-yong untuk unjuk kebolehan. Mereka adalah Elkan Bagott (Ipswich Town) yang tengah menunggu konfirmasi dari klubnya dan Jack Brown (Lincoln City).

Baca Juga: Tiba di Kroasia, Shin Tae-yong Langsung Ajak Timnas U-19 Latihan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya