Comscore Tracker

Final Piala Menpora Persib Vs Persij, Siapa yang Menang? 

Final akan berlangsung malam ini di Stadion Maguwoharjo

Jakarta, IDN Times - Dalam hitungan menit, final Piala Menpora 2021 bakal digelar. Kesebelasan Persija Jakarta akan bertanding melawan Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). 

Pertandingan putaran pertama final malam ini menjadi ajang bergengsi pertama yang diraih kedua klub. Meski hanya pertandingan pramusim, namun dapat meningkatkan moral para pemain dari kedua kubu menjelang kompetisi Liga 1 dimulai. Berikut adalah fakta menarik jelang duel Persib melawan Persija.

Baca Juga: Ezra Walian Buang Ambisi Jadi Top Scorer Piala Menpora

1. Persija selalu tampil di laga final sebuah turnamen

Final Piala Menpora Persib Vs Persij, Siapa yang Menang? Para pemain dan official Persija melakukan selebrasi saat jadi juara di Trofeo Persija 2016. (ANTARA/Hafidz Mubarak A/kye/16).

Persija rajin tampil di partai final dalam empat ajang berformat turnamen. Hal itu diawali saat mereka meraih gelar Piala Presiden 2018. Saat masih ditangani Stefano Cugurra, Persija mampu menundukkan Bali United di laga final. Marko Simic jadi top scorer di laga ini dengan torehan 11 gol.

Setahun berselang, Macan Kemayoran masih menunjukkan penampilan menawan. Mereka berhasil melaju ke final Piala Indonesia 2018/19 berhadapan dengan PSM Makassar. Sayang, mereka harus mengakui keunggulan PSM yang jadi kampiun dalam ajang itu.

Setahun berselang, tepatnya saat masa persiapan musim baru sebelum pandemik melanda Indonesia, Persija juga berhasil lolos ke laga final saat tampil di ajang Piala Gubernur Jawa Timur 2020. Namun, mereka dipermak dengan skor 1-4, oleh Persebaya di partai puncak.

Paling anyar, Persija bakal bersua Persib di Piala Menpora 2021. Lalu, apakah mereka akan meraih kemenangan dalam duel nanti? Pastinya, laga ini layak untuk dinantikan.

2. Persib unggul secara head to head

Final Piala Menpora Persib Vs Persij, Siapa yang Menang? Eks pemain PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, saat jalani sesi latihan bersama Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Kamis 11 Maret 2021. (Persib.co.id/Barly Isham)

Menilik statistik pertemuan kedua tim, Persib punya modal lebih baik. Mereka tampil dominan di tiga duel terakhir melawan Persija dengan meraih dua kemenangan dan sekali bermain imbang.

Teranyar, tim besutan Robert Alberts ini menang dengan skor 2-0 di Liga 1 2019. Frets Butuan dan mantan mesin gol Ezechiel N’Douassel berhasil membuat bobotoh berpesta di kandangnya.

Rekor keduanya jika bertemu di laga final pun masih dimenangkan Persib. Namun, hal itu tak terlalu berpengaruh banyak terhadap Persija. Mereka juga dipastikan tak mau kalah dalam laga final nanti. Terlebih, mereka tampil cukup baik di Piala Menpora 2021.

3. Persib paling produktif

Final Piala Menpora Persib Vs Persij, Siapa yang Menang? Ezra Walian (kiri) saat berusaha merebut bola. (Instagram/@persib).

Persija mesti sedikit waspada dengan kekuatan Persib. Sejauh ini tim asal Kota Kembang itu paling produktif di ajang Piala Menpora 2021. Total, 12 gol berhasil disarangkan para pemainnya, dengan rata-rata dua gol per laga.

Trio penyerang Persib jadi momok bagi tim lain di ajang ini. Ezra Walian (3), Frets Butuan (3), dan Wander Luiz (2) berhasil mencetak 75 persen gol Persib di ajang ini. Sisanya gol-gol Persib dicetak Ferdinand Sinaga, Victor Igbonefo, dan Nick Kuippers.

Ketajaman lini depan Persib benar-benar bakal diuji dalam duel nanti. Terlebih, Persija punya rekor bagus dalam urusan pertahanan di Piala Menpora 2021.

4. Persija tim yang punya pertahanan terkokoh di Piala Menpora, tapi..

Final Piala Menpora Persib Vs Persij, Siapa yang Menang? Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa (IDN Times/Herka Yanis)

Persija punya lini pertahanan terbaik di ajang ini. Mereka baru kemasukan tiga gol saja sepanjang turnamen. Bahkan, gawang Andritany Ardhiyasa tetap perawan sepanjang Persija menjalani fase gugur (tanpa menghitung gol di babak adu penalti).

Namun, kondisi berbalik 360 derajat kalau bicara urusan mencetak gol. Mereka hanya bisa mencetak tujuh gol dari enam laga yang sudah dijalani. Bahkan, pada babak semifinal yang digelar dalam format dua leg, tak sebiji gol pun diciptakan anak asuh Sudirman ini.

Grafik produktivitasnya memang terus menurun. Usai menang 4-0 atas Borneo FC, keganasan Persija terus menurun, yakni mengalahkan Bhayangkara FC 2-1 di laga terakhir babak penyisihan, mengandaskan Barito Putera 1-0 saat perempat final, dan dua kali bermain 0-0 kala bentrok dengan PSM di fase semifinal.

Baca Juga: PSSI Pastikan Wasit Final Piala Menpora 2021 Berlisensi FIFA

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya