Comscore Tracker

Maradona, Legenda Sepak Bola yang Penuh Kontroversi

Apa saja aksi kontroversial yang pernah dilakukan Maradona?

Jakarta, IDN Times - Rabu (25/11/2020) malam, dunia sepak bola kehilangan seorang sosok besar. Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, meninggal dunia pada usia 60 tahun. Mantan pemain dan pelatih Timnas Argentina itu mengembuskan napas terakhirnya akibat serangan jantung.

Semasa aktif merumput, Maradona memiliki prestasi yang cemerlang. Penampilannya di lapangan hijau sangat memukau, baik saat membela Tim Tango maupun klubnya.

Tak ada yang menyangsikan kemampuannya. Namun, Maradona juga dikenal sebagai bintang sepak bola yang penuh kontroversi. Ini dia tiga aksi kontroversial Sang Legenda semasa hidupnya.

Baca Juga: Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Ini Penyebab Diego Maradona Meninggal 

1. Gol "Tangan Tuhan"

Maradona, Legenda Sepak Bola yang Penuh KontroversiDiego Maradona saat tampil bersama Argentina di Piala Dunia 1986. (fifa.com).

Nama Maradona melejit saat membawa Argentina menjadi kampiun di Piala Dunia 1986. Saat itu, gol penentu yang diciptakannya membuat Argentina mampu menyingkirkan Inggris pada babak babak perempat final dengan skor 2-1.

Gol Maradona ini diperoleh lewat aksi gila, karena dia sengaja memasukkan bola dengan tangan. Usai itu namanya semakin melejit dan akhirnya membawa Argentina meraih kemenangan pada final hajat sepak bola paling akbar di dunia dengan mengalahkan Meksiko.

2. Berseteru dengan Legenda Brasil Pele

Maradona, Legenda Sepak Bola yang Penuh Kontroversififa.com

Hubungan Maradona dan Pele, bintang sepak bola Brasil, bak anjing dan kucing. Mereka dianggap sebagai rival yang tak mau kalah jika dibanding-bandingkan. Persaingan keduanya semakin kental ketika FIFA mengadakan acara untuk memberikan penghargaan pemain terbaik abad ke-21.

Maradona yang unggul dalam perolehan suara seolah tak diberikan jalan mulus untuk menang. FIFA membentuk Komite Sepakbola yang memutuskan Pele jadi pemenangnya. Maradona pun marah besar sehingga menganggap FIFA sebagai federasi yang sangat buruk.

3. Merusak kendaraan paparazzi

Maradona, Legenda Sepak Bola yang Penuh Kontroversifoottheball.com

Usai pensiun, Maradona kembali melakukan aksi kontroversial. Dia naik pitam dan memecahkan kaca mobil seorang paparazzi. Aksi itu kembali dikait-kaitkan dengan "Tangan Tuhan" yang dibuat pada medio 80-an akhir.

Tetapi, dia buru-buru merevisinya. Dia menyebut jika aksi mengandaskan Inggris disebut "Tangan Tuhan", aksi memecahkan kaca tersebut dia sebut "Tangan Alasan."

Tiga aksi itu belum semuanya. Masih banyak sederet kontroversi yang dilakukan Maradona sepanjang kariernya di lapangan hijau, baik sebagai pemain maupun ketika menjadi pelatih. Mulai dari kecanduan obat-obatan terlarang, hingga tuduhan penggelapan pajak oleh pemerintah Argentina.

Namun terlepas dari semua itu, Maradona tetaplah sosok legenda yang dicintai penggemar sepak bola. Selamat jalan, Maradona!

Baca Juga: Meninggal di Usia 60 Tahun, Kisah Maradona Sang Juru Selamat Napoli

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya