Comscore Tracker

Sah, Kompetisi Liga 1 Indonesia Dimulai Februari 2021

LIB belum mengatur format kompetisi 2021

Sleman, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi mengirimkan surat pemberitahuan kepada klub peserta Liga 1 Indonesia tentang kepastian jadwal kompetisi. 

Dalam surat bernomor 394/LIB-KOM/XI/2020, PT LIB menetapkan jadwal kompetisi Liga 1 akan digelar pada Februari tahun depan. Hal ini berdasarkan rencana yang disusun sesuai rapat Exco pada 28 Oktober 2020.

1. LIB belum mengatur format kompetisi

Sah, Kompetisi Liga 1 Indonesia Dimulai Februari 2021Tim PSS Sleman sedang berlatih di Yogyakarta International School (YIS) / Website PSS Sleman

Dikutip dari Antara, salah satu poin yang tertulis dalam surat tersebut adalah kompetisi akan mulai digelar pada Februari hingga Juli 2021 dengan title kompetisi Liga 1 2020/2021.

Namun mengenai mekanisme kompetisi, LIB belum menjelaskan format kompetisi yang akan digunakan pada 2021 nanti.

"Mekanisme teknis pelaksanaan kompetisi dan jadwal pertandingan Liga 1 tahun 2020/21 selengkapnya akan disusun kembali oleh LIB dan disampaikan kemudian melalui surat pemberitahuan terpisah," demikian salah satu poin yang tertulis dalam surat tersebut.

Baca Juga: PSS Sleman Tunggu Surat Resmi PSSI Tentang Kepastian Kompetisi 

2. Liga 1 diundur sejak terjadinya COVID-19

Sah, Kompetisi Liga 1 Indonesia Dimulai Februari 2021pixabay.com/fernandozhiminaicela

Sebelum menyebarnya COVID di Indonesia, PSSI dan PT LIB menjadwalkan kompetisi digelar bulan Maret 2020. Kemudian diundur hingga Oktober 2020, tapi dua hari menjelang kick off kompetisi kembali ditunda akibat tak mendapat izin dari pihak kepolisian.

PSSI dan PT LIB awalnya memiliki tiga opsi, Liga 1 rencananya akan diadakan pada bulan November, Desember, atau Januari. Namun akhirnya PT LIB memutuskan menggelar lanjutan kompetisi pada Februari 2021. 

3. Awal November 2020, PSS Sleman pertanyakan surat resmi dari PSSI

Sah, Kompetisi Liga 1 Indonesia Dimulai Februari 2021Direktur Utama PSS Sleman, Marco Gracia Paulo/ PSSleman.id

Di awal bulan November, manajemen PSS Sleman sempat menanyakan perihal surat resmi tentang kepastian jadwal kompetisi yang belum dikirimkan oleh PSSI. 

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Putra Sleman Sembada (PSS) Marco Gracia Paulo. Marco menyatakan hingga tanggal 1 November 2020, PS Sleman belum menerima surat resmi dari PSSI. 

Baca Juga: Ada Program PSS x UMKM dari PSS Sleman, Buruan Daftar!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya