Profil Ronaldo Kwateh, Putra Bantul yang Perkuat Timnas U-20

Salah satu debutan termuda Liga 1

Kabar gembira datang dari dunia sepakbola tanah air. Pasalnya, Timnas U-20 berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah menang dengan skor 3-2 melawan Timnas U-20 Vietnam, hari Minggu (18/9/2022) lalu. Tentu saja sorot mata publik terus mengarah kepada para pemain muda Garuda, salah satunya yaitu Ronaldo Kwateh

Pemain lincah ini merupakan kelahiran Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan menduduki posisi sebagai striker Timnas. Yuk, kenal lebih dekat dengan Ronaldo Kwateh lewat profil singkatnya berikut ini!

1. Biodata singkat Ronaldo Kwateh

Profil Ronaldo Kwateh, Putra Bantul yang Perkuat Timnas U-20biodata ronaldo kwateh (instagram.com/ronaldokwateh7)

Nama lengkap: Ronaldo Joybera Junior Kwateh

Tempat dan tanggal lahir: Bantul, Yogyakarta, 19 Oktober 2004

Tinggi badan: 1,73 m (5 ft 8 in)

Posisi bermain: Penyerang

Klub saat ini: Madura United (77)

Nomor punggung di Timnas: 10

Nama ayah: Roberto Kwateh

Nama ibu: Citra Rusmawati

2. Perjalanan awal Ronaldo Kwateh sebagai pemain sepak bola

Profil Ronaldo Kwateh, Putra Bantul yang Perkuat Timnas U-20karier ronalso kwateh (instagram.com/ronaldokwateh7)

Ronaldo Kwateh adalah anak dari Roberto Kwateh yang tak lain adalah mantan pemain PSIS Semarang. Roberto Kwateh merupakan pemain asing asli asal Liberia sementara ibunya adalah perempuan asli Bantul bernama Citra Rusmawati. 

Memiliki darah sebagai atlet dan mengikuti berbagai sekolah sepak bola menjadi bukti kalau karier Ronaldo Kwateh tak dimulai dalam waktu singkat. Ia memulai karier sepak bolanya sejak kecil dan mengikuti berbagai sekolah sepak bola baik di tempat asalnya sampai ke luar kota.

Berikut daftar sekolah sepak bola yang pernah diikuti Ronaldo Kwateh: 

  • SSB Selabora
  • SSB Real Madrid Jogja
  • SSB Mas
  • SSB Persiba Bantul
  • SSB Pendowoharjo Bantul
  • Akademi Persib U-16

Baca Juga: Profil Hokky Caraka, Striker Andalan Timnas U-19 dari Gunungkidul

3. Karier Ronaldo Kwateh di klub dalam negeri

Profil Ronaldo Kwateh, Putra Bantul yang Perkuat Timnas U-20ronaldo saat di madura united (instagram.com/ronaldokwateh7)

Ronaldo memulai kariernya bersama klub Madura United pada 23 Maret 2021. Pertandingan pertamanya melawan PSS Sleman dalam ajang Piala Menpora 2021 pada saat tersebut dimenangkan Madura United dengan score 2-1. 

Sementara itu, debut pertama Ronaldo dalam Liga dimulai pada 3 September 2021. Saat itu Madura United melawan Persikabo 1973 di Indomilk Arena, Tangerang. Saat itu, ia baru menginjak usia 16 tahun 10 bulan 15 hari yang lantas membuatnya sebagai debutan termuda di Liga 1. Dan sejauh ini, Ronaldo Kwateh sudah tampil sebanyak 11 kali bersama Madura United. 

4. Karier Ronaldo Kwateh bersama Timnas Indonesia

Profil Ronaldo Kwateh, Putra Bantul yang Perkuat Timnas U-20profil ronaldo kwateh (instagram.com/ronaldokwateh7)

Ronaldo Kwateh mendapat panggilan dari Timnas Indonesia U-23 pada Oktober 2021 silam. Pada saat itu ia diminta bermain dalam pertandingan persahabatan tim nasional Nepal dan Tajikistan. Juga, Shin Tae-yong sebagai pelatih juga membawanya dalam persiapan Piala Asia U-23 2022 di Tajikistan. 

Lalu pada 26 Oktober 2021 Ronaldo bermain dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan Australia sebagai pemain pengganti. Dipanggil lagi oleh Shin Tae-yong pada Januari 2022 untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam laga pertandingan persahabatan melawan Timor Leste. Saat itu Ronaldo juga menjadi pemain termuda di Timnas saat berusia 17 tahun 104 hari. 

Ronaldo Kwateh bukan hanya dikenal karena memiliki skill berlari cepat, tapi juga karena perawakannya yang manis dan mirip dengan artis Hollywood, Jaden Smith. Menurut kamu, bagaimana nih permainan Ronaldo Kwateh terbaru saat menjadi punggawa Timnas?

Baca Juga: 3 Fakta Unik Lolosnya Timnas U-20 ke Piala Asia U-20 2023

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya