Tangkal Corona, Ridwan Kamil Minta Persib vs PSS Tanpa Penonton

Takut corona menyebar, Emil sarankan bobotoh nonton di rumah

Bandung, IDN Times - Ramainya wabah virus corona (COVID-19) dinilai berdampak pada anjloknya ekonomi di sejumlah negara. Selain ekonomi, wabah corona pun berdampak pada sejumlah pertandingan bola baik di dalam maupun luar negeri.

Seperti diketahui, tim sepak bola kebanggaan warga Kota Bandung, Persib Bandung pada Minggu (15/3) bakal menjamu PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

1. Emil sarankan pertandingan di stadion tanpa penonton

Tangkal Corona, Ridwan Kamil Minta Persib vs PSS Tanpa PenontonIDN Times/Bagus F

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyarankan agar pertandingan tersebut digelar tanpa ada penonton. Hal itu dimaksudkan Emil untuk mengantisipasi persebaran COVID-19.

"Ya, salah satu yang kami rekomendasi. Tentunya kami akan rapatkan dengan kepolisan. Belum bisa saya jawab sekarang. Tapi kalau boleh kasih saran, potensi yang besar itu dihindari," ujar Emil saat ditemui di Gedung Sate,Jumat (13/3).

2. Mengambil pelajaran dari pertandingan di luar negeri

Tangkal Corona, Ridwan Kamil Minta Persib vs PSS Tanpa PenontonPemain Persib, Wander Luiz berhasil mencetak dua gol untuk membawa timnya menang atas Persela 3-0 pada laga perdana Liga 1 2020 di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj

Emil melanjutkan, beberapa pertandingan bola di luar negeri juga sudah diberlakukan untuk tidak dihadiri penonton. Menurut Emil, demi mencegah penyebaran virus corona, penonton cukup nobar di rumah masing-masing.

"Di luar negeri juga kan pertandingan liga-liga tanpa penonton. Cukup nobar di rumah masing-masing. Tapi dalam satu sampai dua hari ini kita akan ambil keputusan," kata Emil.

3. Robert Albert batasi kontak para pemain

Tangkal Corona, Ridwan Kamil Minta Persib vs PSS Tanpa PenontonIDN Times/Bagus F

Ditemui di lokasi berbeda, Robert Alberts mengatakan, akibat adanya wabah corona ini, sejumlah pertandingan kata dia terpaksa dibatalkan. Maka menurutnya, persoalan itu merupakan hal yang serius untuk disikapi.

"Ada banyak liga yang menghentikan kompetisi sementara. Banyak penerbangan yang dibatalkan karena negara tidak mengizinkan. Jadi ini hal yang serius," tuturnya.

"Maka kami harus menjaga para pemain. Seperti tidak bersalaman, dengan wasit juga tidak bersalaman," imbuhnya.

4. Kesehatan pemain dijamin untuk cegah virus

Tangkal Corona, Ridwan Kamil Minta Persib vs PSS Tanpa PenontonArema FC vs Persib Bandung, Minggu (8/3). IDN Times/Alfi Ramadana

Robert menyebutkan, atas hal itu, para pemain selalu dilakukan cek kesehatan. Ada pemain juga disarankan tidak banyak berkontak dengan banyak orang.

"Dokter tim kami sudah melakukan yang terbaik. Memberikan vitamin, kami tidak dibiarkan melakukan kontak dengan orang lain, dan kami juga harus mengeduksi pemain dan staf dan juga orang di luar untuk melakukan itu," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya