Kini, Panggil Dia Aprilio Perkasa Manganang

Aprilia Manganang resmi dapat nama baru!

Jakarta, IDN Times - Sersan Dua TNI Angkatan Darat, Aprilia Manganang, resmi mendapatkan nama baru pascasidang yang digelar secara virtual, Jumat (19/3/2021). Akhirnya, nama resmi didapat Aprilia dalam momen tersebut.

Permohonan pergantian nama Aprilia telah disetujui Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tondano, Nova Loura Sasube. Dalam sidang tersebut, jenis kelamin Aprilia juga resmi diganti menjadi laki-laki.

"Menetapkan pergantian nama pemohon menjadi Aprilio Perkasa Manganang," tegas Loura saat membacakan putusan sidang, Jumat (19/3/2021).

Keputusan ini juga diminta langsung ditindak lanjuti oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) agar status Aprilio menjadi sah di mata negara.

1. Proses pergantian identitas dibantu TNI

Kini, Panggil Dia Aprilio Perkasa ManganangInstagram.com/manganang

Baca Juga: 7 Fakta Hipospadia, Penyakit Eks Pevoli Aprilia Manganang 

Pihak TNI nantinya bakal membantu proses penyelesaian pencatatan identitas baru Aprilio ke Dukcapil. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari KSAD Jenderal Andika Perkasa.

"Serda Aprilia Santini Manganang menghadiri sidang yang digelar secara virtual. Dia didampingi orang tua, sejumlah rekannya, serta saksi ahli yaitu dokter spesialis kejiwaan, Sulistio Budi, dan bedah plastik dan konstruksi, Guntoro, yang merupakan anggota TNI. Serda Aprilia benar menderita hipospadias dan statusnya kini telah sah secara hukum," kata Andika.

2. Kakak Aprilio ternyata juga hipospadia

Kini, Panggil Dia Aprilio Perkasa ManganangInstagram.com/manganang

Bukan cuma Aprilio yang mengalami hipospadia. Kakaknya, Amasya Manganang, ternyata juga menderita hal yang sama.

Amasya sudah berkoordinasi dengan Jenderal Andika pula terkait kondisinya. Menurut Andika, setelah dicek, Amasya juga mengalami masalah serupa dengan Aprilio.

"Ternyata, kakaknya juga tak seberuntung kita. Dia bilang, mau diperiksa. Kami siap. Dia mau dibantu dan jadi dirinya seutuhnya," jelas Andika.

3. Hipospadia yang tak disadari

Kini, Panggil Dia Aprilio Perkasa ManganangInstagram.com/manganang

Selama ini, Aprilio tak sadar kalau mengalami hipospadia. Sebenarnya, kelainan ini bisa dideteksi sejak kecil.

Namun, Aprilio dan kakaknya tak dibawa ke dokter saat itu. Kelainan yang mereka alami baru diketahui saat sudah beranjak dewasa dan masuk ke TNI.

Karena pemeriksaan medis di TNI yang kompleks dan detail, Aprilio baru diketahui lebih banyak memiliki hormon laki-laki.

Baca Juga: Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi Lanang, Ini Harapannya

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya