Comscore Tracker

Fakta Luca Marini, Adik Kandung Rossi Pembalap MotoGP Musim 2021

Persaingan kakak adik jadi hal lumrah di MotoGP

Jakarta, IDN Times - Luca Marini yang merupakan adik dari pembalap Valentino Rossi langsung mencuri perhatian di ajang Moto2 2020. Kalah dari Enea Bastianini dari Italtrans Racing Team, pembalap dari Tim SKY Racing Team VR46 ini sukses merebut juara kedua Moto2 2020.

Penampilan Luca Marini mencuri perhatian karena konsisten bersama motor Kalex sepanjang musim 2020. Musim depan, Luca Marini akan turun di ajang MotoGP dan bersaing dengan kakaknya sendiri. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Luca Marini.

1. Memulai debut balap sejak 2013

Fakta Luca Marini, Adik Kandung Rossi Pembalap MotoGP Musim 2021Luca Marini. Twitter @Luca_Marini_97

Lahir di Italia pada 10 Agustus 1997, Marini memulai debutnya di dunia balap pada 2013. Ketika itu, Marini yang masih berusia 16 tahun sudah membalap bersama Twelve Racing di ajang Moto3.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2015, ia mulai tampil di Moto2 bersama Pons Racing Junior Team. Setahun setelahnya, ia dikontrak oleh Forward Team untuk tetap berkompetisi di ajang Moto2. Perjalanannya ke tahun-tahun setelahnya masih banyak berkutat di Moto2.

Kemudian pada 2018, Marini membalap untuk tim yang dimiliki kakaknya, Sky Racing Team VR46. Di sinilah, Marini mulai tampil konsisten. Ia rajin menghuni posisi 10 besar klasemen Moto2, hingga akhirnya ia memastikan diri untuk tampil di MotoGP 2021.

Baca Juga: 10 Potret Luca Marini, Adik Rossi yang Juara Moto2 San Marino!

2. Pernah mengalami kecelakaan di Le Mans

Fakta Luca Marini, Adik Kandung Rossi Pembalap MotoGP Musim 2021Luca Marini. Twitter @Luca_Marini_97

Beradu dengan pembalap lainnya dengan kecepatan tinggi, Marini pernah mengalami kecelakaan parah di ajang Moto2, Prancis. Peristiwa mengerikan tersebut terjadi pada Oktober 2020, saat ia menjalani sesi latihan jelang sesi balapan di Le Mans.

Saat itu, Marini mengalami insiden "highside" di Turn 5. Tubuhnya menghantam aspal cukup keras. Insiden itu bahkan sempat menarik perhatian Valentino Rossi. Beruntung, Marini tidak mengalami cedera parah.

"Saya sudah bicara dengan Luca (Marini). Saya sempat takut karena itu sebuah kecelakaan yang parah. Untungnya, setelah saya mengecek kondisinya, ia tidak apa-apa, dan itu adalah yang terpenting," kata Rossi, dilansir Crash.

3. Membalap bersama Ducati musim depan

Fakta Luca Marini, Adik Kandung Rossi Pembalap MotoGP Musim 2021Luca Marini. Twitter @Luca_Marini_97

Di musim balapan depan, Marini sudah memutuskan membela Esponsorama Racing, tim satelit dari Ducati. Marini akan mengikuti jejak kakaknya, Rossi, yang pernah membela Ducati pada 2011 dan 2012.

Uniknya, Marini akan satu tim dengan rivalnya di Moto2, Bastinini. Situasi ini serupa dengan apa yang terjadi pada Rossi. Dulu, ia pernah satu tim dengan Jorge Lorenzo di Yamaha, padalah ia adalah rival Lorenzo.

4. Meneruskan persaingan kakak dan adik di dunia MotoGP

Fakta Luca Marini, Adik Kandung Rossi Pembalap MotoGP Musim 2021Luca Marini bersama Valentino Rossi. Twitter @Luca_Marini_97

Tak hanya Marini dan Rossi, persaingan antara kakak dan adik adalah hal yang lumrah terjadi di MotoGP. Paling terkenal, tentu ada persaingan antara Alex dan Marc Marquez. Keduanya masuk dalam susunan pebalap yang akan tampil tahun depan di ajang MotoGP.

Tak hanya itu, Alex dan Marc, ada juga Pol dan Aleix Espargaro yang saling bersaing di MotoGP dengan status mereka sebagai kakak dan adik. Musim depan, Pol akan membela tim Repsol Honda, sedangkan Aleix membalap bersama Aprilia.

Untuk tahun depan, persaingan kakak dan adik akan ditambah oleh kehadiran Rossi dan Marini. Menarik untuk melihat persaingan di antara keduanya, apalagi Luca Marini sudah berjanji bahwa ia siap untuk berada di depan Rossi dalam setiap balapan.

Baca Juga: Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya