Comscore Tracker

Mengenang Kobe Bryant, Ini 7 Momen Terbaik Sepanjang Kariernya

Kiprahnya dalam dunia basket tak akan terlupa

Kabar menyedihkan datang dari Kobe Bryant. Helikopter yang ditumpanginya mengalami kecelakaan pada Minggu (26/1) waktu setempat. Insiden tersebut menewaskan Bryant dan putrinya serta 7 orang lainnya.

Kobe dikenal sebagai legenda basket dunia karena kiprah dan kemampuannya dalam bermain bola basket selama 20 tahun. Kini Kobe telah tiada dan kita hanya bisa mengenang berbagai momen hebat dari sang legenda ini. Berikut IDN Times rangkum 7 momen terbaik Kobe Bryant sepanjang kariernya.

1. Mencetak 81 poin dalam satu pertandingan

https://www.youtube.com/embed/FeXZY4eVLlo

Pada 22 Januari 2006, Kobe yang bermain untuk Los Angeles Lakers berhasil menaklukkan Toronto Raptors. Tak tanggung-tanggung, pemain yang dijuluki Black Mamba ini mencetak poin sebanyak 81 dalam satu pertandingan. Padahal kala itu Lakers berhasil menang dengan skor 122-104 melawan Raptors yang artinya sebagian besar poin kemenangan Lakers disumbangkan oleh Kobe.

81 poin ini menjadi poin terbanyak yang pernah disumbangkan satu orang dalam sejarah tim basket Lakers dan menjadi poin terbanyak kedua yang disumbangkan seseorang dalam sejarah bola basket dunia di satu pertandingan. Pemegang rekor penyumbang poin terbanyak dalam satu pertandingan saat ini masih ada di tangan Wilt Chamberlain yang berhasil mencetak 100 poin pada tahun 1962.

2. Menjadi MVP di NBA pada tahun 2008

https://www.youtube.com/embed/A5EYs4i9CLE

Most Valuable Player (MVP) di musim reguler nampaknya menjadi sebuah penghargaan paling prestisius bagi setiap pemain NBA. Musim reguler NBA adalah ajang bola basket utama di Amerika Serikat dan Kanada sehingga mendapatkan MVP di NBA menjadi salah satu prestasi yang membanggakan. Kobe Bryant berhasil menyabet gelar ini pada musim 2007-2008, dan menjadi satu-satunya gelar MVP NBA yang dia dapatkan sepanjang kariernya.

3. Lemparan bebas di saat cedera

https://www.youtube.com/embed/ayxIs5Jx_oQ

Kobe mengalami cedera terburuk sepanjang kariernya, yaitu tendon achilles yang terletak di belakang pergelangan kakinya. Cedera ini membuatnya harus istirahat dari lapangan selama beberapa bulan karena membutuhkan penyembuhan yang lama.

Menariknya, Kobe Bryant sempat melakukan lemparan bebas terakhirnya setelah mengalami cedera ini. Sambil berjalan tertatih, dia menyamakan kedudukan Los Angeles Lakers melawan Golden State Warriors, 109-109 melalui lemparan bebas yang dilanjutkan dengan kemenangan Lakers, 118-116.

Baca Juga: Alami Kecelakaan Udara, Pebasket Kobe Bryant Meninggal Dunia

4. Melampaui skor Michael Jordan

Mengenang Kobe Bryant, Ini 7 Momen Terbaik Sepanjang KariernyaFlickr/Jason Namdos

Michael Jordan adalah legenda basket yang semua orang tahu, dan Kobe selalu dibanding-bandingkan dengan Jordan dalam kiprahnya di lapangan basket. Pada tahun 2014 akhirnya Kobe berhasil melampaui Jordan pada catatan skor tertinggi sepanjang masa.

Kobe saat ini berada di peringkat 4 dengan skor sepanjang masa yang sudah dicetak sebanyak 33.643 poin. Sedangkan Michael Jordan harus puas berada tepat di bawahnya (peringkat 5) dengan jumlah poin 32.292.

5. Empat kali mendapatkan All-Star MVP

Mengenang Kobe Bryant, Ini 7 Momen Terbaik Sepanjang KariernyaFlickr/paulvincent_romero

NBA All-Star adalah sebuah pertandingan yang menampilkan 24 pemain bintang liga yang terpilih. Kobe Bryant berhasil meraih penghargaan sebagai MVP di NBA All-Star sebanyak empat kali, yaitu pada tahun 2002, 2007, 2009, dan 2011.

Kobe Bryant merupakan satu dari dua pemain yang berhasil meraih penghargaan ini sebanyak empat kali sepanjang masa. Pemain lain yang berhasil meraih jumlah penerimaan penghargaan ini hingga empat kali adalah Bob Pettit yang berkiprah di tahun 50-an.

6. Pidato perpisahan Kobe Bryant

https://www.youtube.com/embed/9FKooZs-Pwg

Tahun 2016 menjadi akhir dari perjalanan karier Kobe Bryant di lapangan basket NBA. Beberapa cedera yang dideritanya membuat Kobe tersadar bahwa tubuhnya sudah tidak mampu untuk kembali menorehkan prestasi di dunia basket.

Kobe pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Los Angeles Lakers, satu-satunya tim yang dia bela selama bermain basket, beserta para fansnya.

"Mamba out," begitu ucapan terakhirnya sambil memberikan kiss bye kepada seluruh penggemarnya saat perpisahan.

7. Kobe memenangkan Piala Oscar

Mengenang Kobe Bryant, Ini 7 Momen Terbaik Sepanjang KariernyaInstagram.com/kobebryant

Berakhirnya perjalanan Kobe di lapangan basket tak menghentikan langkahnya untuk tetap menyabet prestasi. Bukan lagi mendapatkan piala MVP di lapangan, Kobe sempat mendapatkan Piala Oscar untuk film pendek animasi terbaik, Dear Basketball (2018).

Film animasi ini diangkat dari puisi Kobe tentang bola basket yang sangat dicintainya hingga dia memutuskan untuk pensiun. Kobe Bryant tak menyangka bahwa dia masih bisa menorehkan prestasi di luar lapangan basket namun masih tetap dalam hal yang dia cintainya yaitu bermain bola basket.

Semoga Kobe Bryant dapat beristirahat dengan tenang, dan semoga semakin banyak orang-orang yang termotivasi dari kisah perjalanan sang Black Mamba.

Baca Juga: Sebelum Tewas, Rekor Kobe Bryant Dipecahkan LeBron James

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya