Comscore Tracker

Tak Melulu Sulit, 7 Posisi Yoga Paling Gampang Dilakukan Pemula

Ayo kapan mulai latihan yoga? 

Yoga menjadi salah satu pilihan olah tubuh yang baik di saat pandemik. Pose yoga dapat membantu melenturkan oto tubuh yang kaku karena sudah lama tidak berolah raga di luar ruangan.

Bagi kamu yang baru atau ingin belajar yoga, jangan minder dulu dengan beberapa gerakan sulit yang sering membuatmu menyerah sebelum mencoba. Ada banyak kok pose yoga yang bisa dengan mudah dilakukan oleh pemula, kok! Penasaran, pose apakah itu dan bagaimana cara melakukannya? 

 

 

1. Tadasana

Tak Melulu Sulit, 7 Posisi Yoga Paling Gampang Dilakukan Pemulayogajournal.com

Dilansir dari laman Do You Yoga, tadasana alias pose gunung adalah dasar dari semua pose berdiri. Tujuannya supaya kamu mengerti dan merasakan memijak bumi di bawah kaki. Namun, mesti kelihatannya remeh, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Mulailah dengan berdiri tegap, lebarkan jari kaki, lalu tekan ke bawah. Angkat tempurung lutut dan paha bagian dalam, lalu tarik perut dan dada ke atas. Tarik napas dalam-dalam dan tahan selama 5-8 detik lalu embuskan.

2. Vriksasana

Tak Melulu Sulit, 7 Posisi Yoga Paling Gampang Dilakukan Pemulaverywellfit.com

Kamu bisa mendapatkan keseimbangan saat berdiri dengan vriksasana alias pose pohon. Sembari menyelam minum air, kamu akan belajar mengolah napas sambil berdiri dan menjaga keseimbangan dengan satu kaki.

Bagaimana cara melakukannya dengan benar? Mulailah dengan berdiri biasa, lalu letakkan kaki kanan di paha kiri bagian dalam. Katupkan tangan di depan dada, tarik napas dalam-dalam, dan embuskan. Lakukan hingga 8-10 kali tarikan napas.

Menurut laman Verywell Fit, pose vriksasana bisa memperkuat inti tubuh, kaki, dan keseimbangan.

3. Virabhadrasana

Tak Melulu Sulit, 7 Posisi Yoga Paling Gampang Dilakukan Pemulayogateket.com

Virabhadrasana alias pose prajurit penting untuk membangun kekuatan dan stamina tubuh. Selain itu, menurut laman Art of Living, virabhadrasana bisa melatih kekuatan lengan, bahu, paha, dan otot punggung. Dengan meregangkan pinggul dan paha, pose ini bisa membangun kekuatan di inti tubuh dan tubuh bagian bawah.

Ingin mencobanya? Ambil langkah mundur dengan kaki kanan, lalu putar tumit kanan ke arah kanan. Tak lupa, angkat dada dan tahan telapak tangan di atas. Ulangi pose ini dengan cara serupa pada kaki kiri.

Bagaimana, sejauh ini masih gampang, kan?

4. Balasana

Tak Melulu Sulit, 7 Posisi Yoga Paling Gampang Dilakukan Pemulayogateket.com

Satu lagi pose yoga termudah yang bisa kamu lakukan: balasana alias pose anak-anak (Child's Pose). Dilansir dari laman Yoga Teket, pose dasar ini bisa digunakan untuk beristirahat di antara serangkaian pose sembari mengumpulkan kekuatan. Fungsinya adalah untuk mengurangi denyut jantung, meregangkan pinggul, paha, dan pergelangan kaki.

Untuk melakukannya, duduk berlutut dan jaga agar kaki tetap rapat. Rentangkan tangan ke depan dan tempelkan dahi ke karpet yoga. Pastikan tubuh relaks, lalu tarik dan embuskan napas perlahan. Tahan pose ini selama mungkin.

Baca Juga: 7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!

5. Paschimottanasana

Tak Melulu Sulit, 7 Posisi Yoga Paling Gampang Dilakukan Pemulalevoit.com

Hayo ngaku, pasti semasa sekolah kamu pernah mendapat tugas dari guru olahraga untuk mempraktikkan gerakan ini! Pose cium lutut ini dikenal sebagai paschimottanasana.

Pose ini mengharuskan kamu untuk membungkuk ke depan untuk meregangkan paha belakang, punggung bawah, dan atas. Mengutip dari laman Do You Yoga, mungkin kamu akan merasa kurang nyaman karena sulit bernapas saat melakukan pose ini.

Coba lakukan ini secara perlahan. Duduklah dengan kaki diluruskan ke depan. Pastikan kaki dalam keadaan rapat dengan jari-jari kaki menghadap atas. Lalu, dorong dada dan tangan ke depan semampumu. Tahan pose ini hingga 8-10 tarikan napas. Jika masih kuat, ulangi beberapa kali.

6. Adho mukha shvanasana

Tak Melulu Sulit, 7 Posisi Yoga Paling Gampang Dilakukan Pemulacbc.ca

Adho mukha shvanasana alias downward-facing dog merupakan salah satu pose basic. Fungsinya untuk meregangkan dan memperkuat seluruh tubuh. Mengutip dari laman Verywell Fit, target pose ini adalah memperkuat hamstring, betis, lengan, dan punggung.

Mau coba juga? Mulailah dengan pose merangkak, lalu lebarkan tangan ke depan dan kaki ke belakang, sembari mengangkat pantat ke atas. Tahan pose ini hingga 5-8 tarikan napas, lalu istirahat.

7. Kumbhakasana

Tak Melulu Sulit, 7 Posisi Yoga Paling Gampang Dilakukan Pemulatheyogacollective.com

Sampai sini masih kuat, dong?

Terakhir, kamu bisa mencoba kumbhakasana atau pose papan (plank). Dilansir dari laman Yoga Outlet, pose ini bisa menyeimbangkan lengan, membangun kekuatan dan stamina, mengencangkan otot perut, serta memperkuat lengan dan tulang belakang.

Pose ini mirip dengan push-up dan kamu harus menahannya hingga 8-10 kali tarikan napas. Sama seperti plank, mungkin lenganmu akan gemetar ketika menahan tubuh dalam posisi ini. Kumbhakasana adalah pose dasar untuk menguasai pose lain, seperti ashtanga, vinyasa, dan surya namaskar.

Pose yoga di atas biasanya dilakukan bagi kamu yang baru memulai atau berada di level beginner. Walaupun terlihat gampang tapi jangan dipandang enteng lho, karena dengan melakukan lima gerakan di atas dipastikan keringat akan bercucuran. Semangat ya. 

Baca Juga: 7 Cedera Yoga yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menghindarinya

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya