Diberi Lampu Hijau Pemerintah, Marc Klok Segera Jadi WNI

Marc Klok sudah melakukan proses naturalisasi sejak di PSM

Jakarta, IDN Times - Proses naturalisasi pemain asal Belanda Marc Anthony Klok nampaknya bakal segera rampung. Pemerintah sudah memberikan lampu hijau untuk pemain Persija tersebut segera mengantongi paspor Indonesia. Sehingga, Marc Klok bisa segera Berseragam Timnas Indonesia.

Namanya masuk dalam daftar empat orang yang diajukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk segera mengambil sumpah jadi WNI bersama tiga atlet basket dalam rapat kerja virtual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Komisi III DPR, Kemenpora, Ketua Umum PSSI, serta Ketua Umum PB Perbasi pada Senin (5/10/2020).

"Pemerintah RI mendukung pemberian kewarganegaraan RI yang dimohonkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atas nama Brandon Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, Lester Prosper, serta Marc Anthony Klok,” kata Menkumham, Yasonna Laoly, dikutip dari siaran persnya.

1. Yasonna berharap Klok dan ketiga atlet basket bisa memberikan prestasi bagi negara

Diberi Lampu Hijau Pemerintah, Marc Klok Segera Jadi WNIMenkum HAM Yasonna Laoly. (IDN Times/Debbie Sutrisna)

Yasonna pun mengungkapkan harapannya kepada keempat atlet tersebut agar memberikan prestasi yang lebih baik dan mengharumkan bangsa Indonesia. Dia ingin olahraga basket dan sepak bola bisa menjadi andalan seperti bulu tangkis di semua ajang level internasional.

"Indonesia memang sudah berprestasi di level internasional. Tetapi pada beberapa cabang lainnya seperti bola basket dan sepak bola, kita masih membutuhkan bakat-bakat dari negara lain yang mau mengabdikan dirinya bagi Tanah Air," ujar Yasona.

Pada rapat tersebut, Komisi III DPR pun langsung memberikan persetujuan dari permohonan naturalisasi Marc Klok dan tiga atlet basket tersebut. Untuk selanjutnya, keempat pemain tersebut langsung diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Marc Klok Resmi Akhiri Kebersamaan dengan PSM Makassar

2. Proses naturalisasi Marc Klok sudah berjalan cukup panjang

Diberi Lampu Hijau Pemerintah, Marc Klok Segera Jadi WNIPemain Persija, Marc Klok. (persija.id).

Proses yang dilalui pemain berusia 27 tahun ini dalam pengajuan naturalisasi memang terbilang panjang. Marc Klok bahkan sudah mengajukan permohonan untuk mengganti kewarganegaraan sejak dirinya masih berseragam PSM. Kemudian, proses itu masih belum selesai hingga dia pindah ke Persija pada musim ini.

Sejak Januari 2020, Kemenkumham kembali membahas proses naturalisasi sang pemain. Hanya saja, proses tersebut tak berjalan mulus, pemerintah bersama DPR baru memberikan lampu hijau Oktober ini, saat kompetisi masih terhenti akibat pandemik COVID-19.

3. kemenpora sebelumnya janjikan percepatan untuk naturalisasi atlet

Diberi Lampu Hijau Pemerintah, Marc Klok Segera Jadi WNIPemain Persija, Marc Klok. (persija.id).

Kemenpora ternyata betul-betul membuktikan janjinya memberikan jaminan bakal memberikan proses percepatan untuk naturalisasi kepada pemain asing yang punya potensi dan kemampuan bagus yang dibutuhkan Timnas Indonesia.

"kalau alasannya kuat dan pemanfaatan untuk bangsa itu jelas ada peluang masuk. Tentu proses yang dilakukan tak akan lama," kata Menpora, Zainudin Amali kepada IDN Times dalam webinar bertema "Menyambut Piala Dunia U-20 dan Restart Liga 1", 10 Juli 2020.

kemenpora memang sebelumnya mengajukan permohonan atas keinginan PSSI untuk melakukan proses naturalisasi kepada pemain Belanda, Marc Klok demi bisa memperkuat Timnas Indonesia Senior. Hal serupa pun dilakukan Kemenpora lantaran PB Perbasi yang memproyeksikan Brandon Van Dorn Jawato, Lester Prosper, dan Kimberly Pierrre-Louis untuk bisa memperkuat Indonesia di ajang paling bergengsi Kejuaraan Dunia FIBA yang digelar tiga tahun lagi di tanah air.

Baca Juga: Menpora Siap Percepat Proses Naturalisasi Pemain untuk Timnas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya