Comscore Tracker

60 Atlet Berselancar di Parangtritis National Surfing Competition

Karakter gelombang Pantai Parangtritis menantang peselancar

Bantul, IDN Times - ‎Sebanyak 60 peselancar mengikuti kompetisi surfing di Pantai Parangtritis, Bantul selama dua hari mulai hari ini hingga 19 Juni 2022. Kompetisi surfing tingkat nasional ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang terpuruk selama dua tahun akibat pandemik COVID-19.

1. Kompetisi surfing untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis‎

60 Atlet Berselancar di Parangtritis National Surfing CompetitionAtlet surfing berlaga di Pantai Parangtritis.(Daruwaskita)

Ketua Panitia SAR Satlinmas Parangtritis National Surfing Competition, Muhammad Arif Nugraha mengatakan kompetisi surfing yang digelar kali ini merupakan kompetisi surfing skala nasional dengan peserta dari Pulau Jawa hingga Bali.

Peserta lomba terjauh dari Pulau Jawa berasal dari Banten dan Banyuwangi. "Kebetulan peserta dari Bali ini, pekan kemarin mengikuti kompetisi surfing di Pulau Nias dan tidak langsung pulang ke Bali namun ikut berlaga di Parangtritis National Surfing Competition," ungkap Arif, Sabtu (18/6/2022).

2. 60 peserta akan bersaing dalam kelas open, local dan women‎

60 Atlet Berselancar di Parangtritis National Surfing CompetitionAtlet surfing berlaga di Pantai Parangtritis.(Daruwaskita)

Sebanyak 60 peserta bersaing dalam Parangtritis National Surfing Competition dibagi dalam tiga kelas, yakni kelas open diikuti 3 peserta, 20 berlaga di kelas local dan 4 di kelas women. 

"Hari pertama, Sabtu (18/6/2022) merupakan babak penyisihan kelas open, akan diambil 16 peserta dan local 8 peserta. Sedangkan untuk women tidak ada penyisihan karena jumlah sedikit, sehingga akan langsung berlaga pada babak final," ujar Arif.

Baca Juga: Pantai Parangtritis: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips 

Baca Juga: Pantang Menyerah Cari Ikan, Nelayan Berharap Nasib Baik saat Melaut  

3. Gelombang Pantai Parangtritis tak cocok bagi pemula

60 Atlet Berselancar di Parangtritis National Surfing CompetitionSalah satu altet surfing, Arifin.(Daruwaskita)

Salah seorang peserta Parangtritis National Surfing Competition dari Banten, F. Arifin (15) mengatakan baru pertama kali mengikuti kompetisi surfing di Pantai Parangtritis. Gelombang yang cukup besar sangat menantang untuk bermanuver.

"Dengan kondisi gelombang di Pantai Parangtritis ini, tidak cocok para pemula. Namun berpengalaman akan sangat menantang untuk menaklukkan gelombang Pantai Selatan Bantul yang terbilang sangat ganas," katanya.

Arifin yang baru pertama kali berselancar di Parangtritis mengaku gelombang di panti ini tidak ada jedanya,." Cukup capek untuk ke tengah dan mendapat ombak untuk berselancar, arus juga kencang ke arah timur," ucapnya.

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya