1.650 Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Inkado di Jogja 

Berharap mengharumkan nama DIY dan Indonesia

Yogyakarta, IDN Times - Ribuan atlet karate mengikuti kejuaraan karate tingkat nasional di GOR Amongrogo, Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022). Diharapkan melalui kejuaraan yang digelar Indonesia Karate-Do (Inkado) Daerah Isimewa Yogyakarta (DIY), dapat melahirkan para atlet muda yang dapat bertanding hingga kancah internasional.

Kejuaraan bertajuk Kejuaraan Nasional Karate Yogyakarta Open Tournament II ini diikuti sebanyak 1.650 peserta. "Peserta dari seluruh Indonesia di antaranya dari Papua, Aceh, Bangka Belitung, Jawa Tengah dan daerah lainnya," kata Ketua umum Inkado DIY, Faried Jayen Soepardjan.

1. Melatih atlet sejak dini

1.650 Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Inkado di Jogja Ketua umum Inkado DIY, Faried Jayen Soepardjan.IDNTimes/Herlambang Jati

Kejuaraan kali ini didominasi peserta kalangan pelajar diselenggarakan oleh Inkado DIY untuk pembinaan atlet usia dini dan penanaman karakter lewat olahraga karate.

"Ini bagian pembinaan atlet sejak dini. Kami berharap lewat olahraga karate ini akan mendidik generasi muda di Indonesia menjadi generasi yang mempunyai jiwa sportif dan berbudi luhur," ucap Faried, Minggu (16/10/2022). 

2. Berharap mengharumkan nama DIY dan Indonesia

1.650 Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Inkado di Jogja Ribuan atlet karate mengikuti kejuaraan karate tingkat nasional di GOR Amongrogo, Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022)/IDNTimes/Herlambang Jati

Kegiatan olahraga digelar bertujuan memupuk dan menggembleng para karateka dari Inkado yang bisa diharapkan membawa nama harum DIY maupun Indonesia. "Dapat mengharumkan nama DIY di kejuaraan karate tingkat nasional maupun internasional ke depannya," kata Faried.

Menurutnya yang terpenting adalah turnamen menjadi ajang silaturahmi bagi karateka nasional. "Ini penting karena acara ini dihadiri oleh para karateka tingkat nasional dari berbagai daerah di Indonesia," ucap Faried.

Baca Juga: PSS Sleman Dukung Pengusutan Tuntas Tragedi Kanjuruhan

3. Sejumlah kelas dipertandingkan

1.650 Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Inkado di Jogja Ribuan atlet karate mengikuti kejuaraan karate tingkat nasional di GOR Amongrogo, Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).IDNTimes/Herlambang Jati

Faried menuturkan kejuaraan ini mempertandingkan sejumlah kelas kejuaraan di antaranya adalah Kata Virtual, Komite Offline dan Open Tournament Kata dan Komite. Ke depan akan ada di sejumlah kejuaraan yang digelar oleh Inkado DIY.

Faried berharap lewat kejuaraan yang digelar oleh Inkado DIY menggeliatkan lagi olahraga karate. "Kami di Inkado DIY akan terus menggelar kejuaraan-kejuaraan berikutnya. Harapannya niat baik kami menggelar kejuaraan karate bisa menghasilkan atlet-atlet yang terbaik. Semoga dalam kejuaraan ini dapat menghasilkan karateka yang bisa membanggakan NKRI," ucap Faried.

Baca Juga: Liga 2 Setop Sementara, PSIM Tetap Geber Latihan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya