Comscore Tracker

Mantap, Penjualan Sepeda Lipat Element Troy Masuk Rekor MURI  

Sepeda lipat ini sudah langka di pasaran 

Jakarta, IDN Times - Rekor MURI tecipta dari penjualan sepeda tercepat yaitu hanya dalam waktu 40 detik. 

Sebanyak dua ratus unit sepeda lipat Element Troy 10 Sp Bike-to-Work Edition langsung ludes terjual hanya 40 detik di Tokopedia pada Senin (3/8/2020).

Penjualan super cepat tersebut diklaim Element Bike sebagai penjualan yang masuk dalam museum rekor MURI.

Lantas apa sih yang membuat sepeda lipat satu ini begitu diburu?

1. Desain frame mirip Fnhon Gust

Mantap, Penjualan Sepeda Lipat Element Troy Masuk Rekor MURI  youtube.com/Shining Sayn

Salah satu alasan goweser memilih sepeda lipat ini karena desain framenya mirip Fnhon Gust. Namun harga Fnhon Gust jauh lebih mahal. Saat ini satu frame set Fnhon Gust dijual tak kurang dari Rp8 juta. Itu hanya frame-nya saja, loh.

Bandingkan dengan harga Element Troy yang harga normalnya hanya Rp5 jutaan full bike. Gak mengherankan jika Element Troy kemudian dijadikan alternatif dari Fnhon Gust. Sebab desain sama tapi harga lebih murah dan sudah full bike pula.

Baca Juga: Sering Gowes di Jalan Raya, Wajib Tahu 6 Isyarat Tangan Ini  

2. Lipatannya yang lebih ringkes

Mantap, Penjualan Sepeda Lipat Element Troy Masuk Rekor MURI  Element Bike

Sistem dan metode pelipatan (fold dan unfold) pada Element Troy ini cukup mudah. Banyak goweser yang sudah mencobanya dan proses fold dan unfold-nya dinilai sangat lancar.

Lipatan frame-nya kokoh karena menggunakan frame chromoly serta fork yang tak bersuspensi yang juga berbahan chromoly. Alhasil sepeda lipat ini gak goyang dan terasa sangat nyaman saat diengkol keliling kota.

3. Ban 16 inci yang sangat mungil

Mantap, Penjualan Sepeda Lipat Element Troy Masuk Rekor MURI  youtube.com/Shining Sayn

Alasan lain kenapa sepeda lipat ini digemari goweser, karena bannya yang mungil. Ban luar seri ini memakai ban merek Deli berukuran 16 x 1 atau 16 inci.

Hub depan belakang seli ini menggunakan bearing merk ION dengan jumlah lubang jari-jari sebanyak 24. Menariknya, hub ini menggunakan fitur quick release sebagai pengunci utamanya.

Selain itu, knop pada ban terlihat pendek dan lebat, otomatis sepeda sangat lincah dan nyaman ketika gowes di medan on-road.

Oya, untuk bobot, seri ini termasuk ringan yakni 11.99 kilogram saja.

4. Membawa 2 perubahan yang signifikan

Mantap, Penjualan Sepeda Lipat Element Troy Masuk Rekor MURI  Element

Element Troy hadir dengan membawa dua perubahan yang sangat signifikan, yang pertama adalah crankset berteknologi Hollowtech membuat bobot sepeda ini berkurang cukup signifikan.

Yang kedua, seli ini sudah menggunakan shifter Tumbshifter Sensah 10-kecepatan milik brand asal China, Sensah. 

Untuk seatpost, Element Troy menggunakan bahan alloy dengan seatclamp quick release dengan panjang 580 mm  dan diameter 33.9 mm.

Sadel untuk sepeda lipat seri ini di desain ramping dan terlihat sporty, sangat nyaman saat digunakan untuk gowes perkotaan.

5. Harga relatif murah

Mantap, Penjualan Sepeda Lipat Element Troy Masuk Rekor MURI  Tokopedia

Di samping harga Fnhon Gust yang dibanderol hingga Rp8 jutaan namun hanya satu set frame-nya saja. 

Element Troy dijual dengan harga mulai dari Rp5 jutaan, dan untuk edisi khususnya selisih Rp200 ribu lebih mahal yaitu edisi Bike-to-Work seharga Rp5,6 juta.

Sepeda lipat Element Troy memang laris manis sejak pandemik COVID-19. Bahkan sepeda lipat ini sudah langka di pasaran sejak beberapa bulan terakhir. Kalau pun ada, harganya jauh di atas normal. 

Baca Juga: Desain Mirip Brompton, Sepeda Lipat Ini Bisa Jadi Pilihanmu

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya