Ribuan Penonton Padati Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Seri 2 Bantul 

Kejuaran untuk persiapan PON 2024

Bantul, IDN Times - ‎Ribuan penonton memadati Kejuaraan pacu kuda tingkat nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri 2 dan Piala Pertiwi Tahun 2023. Acara digelar pada Minggu (21/5/2023) di lintasan pacu kuda Stadion Sultan Agung.

1. Panitia menggratiskan acara pacuan kuda‎

Ribuan Penonton Padati Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Seri 2 Bantul Ketua Penyelenggara pacuan kuda tingkat nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri 2 dan Piala Pertiwi Tahun 2023, Aryo P.S. Djoyohadikusumo.(tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Penyelenggara pacuan kuda tingkat nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri 2 dan Piala Pertiwi Tahun 2023, Aryo P.S. Djoyohadikusumo mengatakan pihaknya sengaja tidak menarik tiket masuk bagi penonton yang melihat pacuan kuda.

"Tentu ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menonton 191 kuda terbaik berlomba di Stadion Sultan Agung Bantul," katanya, Minggu (21/5/2023).

2. Kuda-kuda yang berlomba dari 12 provinsi ‎

Ribuan Penonton Padati Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Seri 2 Bantul Kejuaraan pacu kuda tingkat nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri 2 dan Piala Pertiwi Tahun 2023.(Dok.Istimewa)

Menurutnya dari 191 kuda yang berasal dari 12 provinsi ini berlomba di 22 race dan akan memperkuat hadiah Rp 585 juta serta piala Prabowo Subianto. 

"Pacuan kuda Piala Tiga Mahkota Pordasi seri 1 sebenarnya sudah digelar di pada 19 Maret 2023 yang lalu. Pada jarak 1.200 meter kuda dari Sumatera Barat yakni Ratu Aquilla dari D Nagura dan Sako Biru Stable menggondol Piala Prabowo Subianto,"ungkapnya.

"Setelah seri kedua yang gelar di Bantul maka pada seri ketiga atau terakhir Kejuaraan Tiga Mahkota akan digelar di Sawahlunto, Sumatera Barat,"tambahnya lagi.

Baca Juga: Serunya Naik Jet Ski, Wahana Baru di Laguna Pantai Depok Bantul

3. Kejuaran Pacu Kuda Piala Tiga Mahkota Seri 2 untuk persiapan PON 2024‎

Ribuan Penonton Padati Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Seri 2 Bantul Kejuaraan pacu kuda tingkat nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri 2 dan Piala Pertiwi Tahun 2023.(Dok.Istimewa)

Wakil Ketua Penyelenggara, Prasetyo Oedjiantono mengatakan seluruh kuda partisipan harus mengikuti sesi verifikasi data, pengukuran tinggi kuda dan lain-lainnya yang telah ditetapkan dalam peraturan lomba.

"Para pelatih maupun joki wajib memiliki sertifikasi yang diterbitkan Komisi Pacu Pengurus Pusat Pordasi sehingga peserta loma memenuhi syarat dan memahami peraturan lomba," ungkapnya.

Acara ini sebagai persiapan masing-masing Pordasi tingkat provinsi untuk mempersiapkan kuda terbaiknya guna mengikuti PON 2024 yang akan datang.

"Kenapa kuda-kuda yang ikut lomba cukup banyak, ya ini salah satunya untuk persiapan PON 2024 yang akan datang," ujarnya.‎

Baca Juga: Gantikan Dewo, PSS Sleman Tunjuk Gustavo Lopez sebagai Manajer Tim  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya