1.000 Pelari Ramaikan Sunset Run di Pantai Depok 

Kegiatan sunset run bisa menjadi paket wisata minat khusus‎

Bantul, IDN Times - ‎Selama dua tahun terhenti akibat pandemik, acara tahunan Badan Otorita Borobudur (BOB) Sunset Run kembali digelar di Laguna View Pantai Depok, Kabupaten Bantul pada Sabtu (20/8/2022).

Sekitar 1.000 pelari dari berbagai daerah mengikuti BOB Sunset Run dengan kategori jarak 5 kilometer  dan 10 kilometer dengan rute yang cukup menantang. 

Start yang dimulai di Laguna View Pantai Depok melewati sejumlah objek wisata di kawasan Pantai Parangtritis hingga landasan pacu pesawat.

Kategori 10 kilometer, pelari akan melalui rute Laguna View Depok-Gumuk Pasir-Pantai Parangkusumo-Pantai Barchan-Pantai Cemara Sewu-Pantai Pandan Payung, Pantai Pelangi-Pantai Tall Wulu, Landasan pacu pesawat Pantai Depok-Pantai Nggrani dan berakhir di Laguna View Pantai Depok.

1. Sunset Run bisa menjadi paket wisata minat khusus‎

1.000 Pelari Ramaikan Sunset Run di Pantai Depok Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita (pegang mik).(IDN Times/Daruwaskita)

BOB Sunset Run, jelas Direktur Utama BOB, Indah Juanita, dapat menjadi paket wisata minat khusus untuk menarik perhatian wisatawan. "Kegiatan ini tentu saja dapat memperkuat branding kawasan koordinatif Badan Otorita Borobodur (BOB) menjadi kawasan sport tourism serta menambah atraksi wisata di kawasan koordinatif BOB untuk dijadikan paket wisata minat khusus," tuturnya.

"Selain merebutkan hadiah senilai jutaan rupiah, BOB Sunset Run juga memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77," imbuh Indah.

2. Sport tourism kenalkan potensi wisata pantai di Bantul

1.000 Pelari Ramaikan Sunset Run di Pantai Depok Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur (BOB), Agus Richardi.(jaket hitam).(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur (BOB), Agus Rochiyardi mengatakan kegiatan sport tourism diharapkan dapat memulihkan perekonomian masyarakat setelah dua tahun terdampak pandemik. Sekaligus mengenalkan potensi wisata yang ada di pantai selatan (pansela) Bantul.

"Sport tourism bisa mendongkrak kunjungan wisata dan punya effect multiplayer yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat di kawasan pansela Bantul," ujarnya.

 

Baca Juga: Wisatawan di Bantul Masih di Bawah Angka sebelum Masa Pandemik    

3. Pemkab Bantul fokus garap destinasi wisata di Pansela Bantul

1.000 Pelari Ramaikan Sunset Run di Pantai Depok Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabawa.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabawa mengatakan sport tourism yang digelar oleh BOB akan melengkapi daya tarik di kawasan pansela. Hal ini sejalan dengan konsep Pemkab Bantul yang fokus mengembangkan konsep wisata linier dengan pengembangan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo.

"Adanya atraksi yang menarik ini, harapan kita adalah orang datang ke YIA akan lewat Yogyakarta dahulu sebelum berkunjung ke daerah lainnya. Kalau tidak menarik kan kita tidak akan dikunjungi wisatawan," katanya.

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bantul, Mau Mencoba? 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya