Comscore Tracker

Bukan Buka Mata Batin, Ini 5 Cara Melihat 'Hantu' menurut Sains

Kamu berani mencobanya?

Keberadaan sosok supernatural memang masih menjadi perdebatan. Tapi, eksistensi mereka masih dipercaya oleh banyak orang di berbagai belahan dunia, mulai dari Asia sampai Eropa dan Amerika.

Terlepas dari ada tidaknya makhluk astral ini, sains memiliki cara melihat "hantu" lewat pendekatan yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Jadi, bukan dengan membuka mata batin. Berani coba?

1. Berdiam diri di tempat dengan gelombang elektromagnetik kuat, biasanya di tempat sepi, gelap, dan dingin

Bukan Buka Mata Batin, Ini 5 Cara Melihat 'Hantu' menurut Sainswikimedia.org

Menurut sains, tempat yang memiliki medan elektromagnetik kuat mampu membuat seseorang mengalami halusinasi. Nah, halusinasi tersebut akan sangat tampak nyata karena kondisi otak yang kacau akibat terpapar gelombang elektromagnetik.

Uniknya, menurut penelitian dan studi yang dilakukan beberapa ilmuwan telah membuktikan bahwa penampakan hantu sangat berkorelasi dengan paparan medan elektromagnetik. Kamu tidak perlu peralatan pemburu hantu untuk mendapatkan halusinasi atau penampakan hantu.

Laman Popular Science menyebutkan, memang ada alat-alat elektronik yang diklaim mampu mendeteksi hantu. Namun, masih dalam laman yang sama, nyatanya hampir semua alat elektronik tersebut tidak bisa menangkap objek misterius dan hanya cenderung bersifat hiburan semata.

Namun, hal itu tidak bagi tempat dengan medan elektromagnetik kuat. Jika kamu sedang berada di sebuah ruangan yang sepi dan gelap--ruangan tersebut penuh dengan gelombang elektromagnetik--kamu bisa melihat penampakan hantu. Namun, bagi sains, penampakan tersebut tak lebih dari halusinasi yang disebabkan oleh kekacauan kinerja otak akibat paparan medan elektromagnetik.

Studi mengenai medan elektromagnetik ini pernah dilakukan Michael Persinger, seorang ahli saraf asal Kanada yang tentu saja skeptis mengenai hantu. Dilansir Mental Floss, studinya membuktikan bahwa medan elektromagnetik bisa mengakibatkan perubahan kinerja pada lobus temporal otak. Hal ini juga akan menimbulkan halusinasi dan kesan akan kehadiran sosok lain.

2. Paksa diri untuk bangun pada saat sedang mengantuk dan lelah

Bukan Buka Mata Batin, Ini 5 Cara Melihat 'Hantu' menurut Sainsdeccanchronicle.com

Jika memang penasaran, kamu bisa memaksa bangun tidur di jam-jam pada saat kamu tertidur pulas dan mungkin merasa sangat lelah. Kamu bisa menyiapkan alarm di HP atau jam beker, mungkin pukul 1 sampai 3 dini hari adalah waktu yang pas. Nah, setelah terbangun, segera duduk dan lihatlah sekeliling ruangan kamarmu.

Jika kamu tidak melihat apa-apa, itu tandanya otakmu bisa dengan cepat bekerja secara sadar (normal) dalam jangka waktu yang sangat cepat. Namun, jika bisa melihat sosok aneh dalam kamar atau ruangan di sekitar kamu, itu tanda bahwa kamu sedang mengalami halusinasi akibat kerja otak yang belum siap untuk melakukan tugasnya.

Medical News Today dalam lamannya menjelaskan bahwa halusinasi yang berhubungan dengan kondisi tidur dan terbangun erat kaitannya dengan keadaan otak dan psikis seseorang. Ini agak mirip dengan ketindihan pada saat seseorang tertidur. Dalam dunia sains, ketindihan disebut sebagai sleep paralysis, yakni fenomena ketidaksinkronan perintah otak dan tubuh pada saat seseorang memasuki tidur REM (rapid eye movement).

Nah, halusinasi pada saat seseorang sedang terjaga dinamakan hipnagogik atau hypnagogic. Fenomena ini terjadi di saat seseorang sedang terjaga, bahkan setelah bangun dari tidurnya. Parahnya lagi, sebagian besar dari halusinasi ini sangat melibatkan visual, seperti penampakan hantu, benda bergerak, dan mungkin merasa berpindah tempat.

Baca Juga: Dulu Dianggap Takhayul, 7 Misteri Ini Kini Bisa Dijelaskan Sains

3. Tonton film horor dan bayangkan sosok hantu yang paling kamu takuti, lalu bawa bayangan itu di sebuah tempat sepi saat kamu sendirian

Bukan Buka Mata Batin, Ini 5 Cara Melihat 'Hantu' menurut Sainsfeelgoodcontacts.com

Menurut sains, hantu dan kisah-kisah misteri yang diceritakan secara turun-temurun merupakan produk dan hasil dari budaya yang telah lama berakar dalam kelompok sosial manusia. Itu sebabnya, hantu di Asia bisa sangat berbeda dengan hantu yang ada di dunia barat, seperti Eropa atau Amerika.

Dari semuanya itu, peranan budaya dan psikologis pada manusia sangat berpengaruh untuk memunculkan "hantu" tersebut menjadi sebuah kenyataan sosial. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa mencoba membayangkan sosok hantu yang paling kamu takuti, lalu bawa bayangan itu ke sebuah tempat yang sepi dan dianggap angker. Kemungkinan, kamu bisa melihat penampakan dari apa yang kamu bayangkan tersebut.

Mengapa bisa demikian? Secara mendasar, manusia bisa memunculkan keyakinan kuat sebagai bentuk legitimasi psikologisnya. Apa yang diyakini dalam hati dan pikiran tersebut bisa saja terjadi dan tampak nyata bagi orang-orang yang mengalaminya.

Dalam hal hantu ini, pengalaman psikologis lebih berperan. Seseorang yang sangat fobia terhadap ular, misalnya, ia bisa membayangkan ular di dalam pikirannya dan selalu ketakutan ekstrem terhadap apa yang ia bayangkan. Bahkan, sampai pada satu titik, apa yang ia bayangkan dan takutkan bisa ia anggap benar-benar terjadi meskipun kenyataannya tidak terjadi apa-apa.

4. Gunakan alat-alat perekam digital

Bukan Buka Mata Batin, Ini 5 Cara Melihat 'Hantu' menurut Sainsindiatoday.in

Tentu saja sains tidak pernah menyatakan bahwa hantu bisa dilihat dari alat elektronik. Faktanya, sebanyak 99 persen gambar dan video penampakan hantu adalah hoaks alias palsu. Bagaimana dengan sisanya? Mungkin bisa dibilang bahwa dalam sedikit kasus, penampakan di foto dan video memang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Akan tetapi, jika kamu memang memiliki banyak waktu luang, kamu bisa iseng menggunakan kamera digital apa pun untuk menangkap ribuan gambar di sekelilingmu. Kamu bisa mencobanya berulang kali di rumah atau bangunan-bangunan kosong. Kalau beruntung, kamu bisa menangkap gambar aneh yang tentunya itu hanya sebatas pada kekeliruan lensa yang sedang minim cahaya.

Dalam banyak kasus, biasanya bayangan aneh akan muncul berupa siluet yang menyerupai bayangan dan cahaya yang sedang terbang. Jangan parno dulu! Pasalnya, menurut pakar digital, siluet-siluet tersebut dihasilkan murni akibat kesalahan pada pengambilan gambar. Beberapa di antaranya bisa terjadi akibat kurangnya cahaya pada saat gambar atau video diambil.

Nah, pada saat di kamar, siapa tahu kamu bisa mendapatkan gambar atau video yang masuk dalam kategori 1 persen alias gambar yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Kalau sudah seperti itu, keputusan ada di tangan kamu. Mungkin bisa kamu anggap sebagai sebuah keberuntungan atau justru bisa kamu anggap sebagai pengalaman mengerikan.

5. Berada dalam zona dengan suara infrasonik atau getaran suara berfrekuensi rendah

Bukan Buka Mata Batin, Ini 5 Cara Melihat 'Hantu' menurut Sainsscience.howstuffworks.com

Infrasonik adalah sebuah frekuensi suara yang sangat rendah, jauh di bawah kemampuan pendengaran manusia. Secara umum, getaran suara ini ada pada rentang 17 Hertz hingga 0,001 Hertz. Dalam dunia geologi, suara jenis ini digunakan untuk mendeteksi gempa bumi. Nah, menurut studi yang dicatat dalam laman Science How Stuff Works, gelombang suara infrasonik bisa membuat seseorang mengalami fenomena supernatural.

Kalau ingin melihat penampakan hantu dan mengalami kejadian aneh yang membuatmu merinding, kamu bisa mencoba untuk berdiam diri di tempat dengan paparan infrasonik yang intens. Beberapa penelitian di laboratorium infrasonik terdapat indikasi yang mengarah pada kejadian-kejadian yang bersinggungan dengan pengalaman mistis.

Mulai dari penampakan sosok aneh hingga perasaan tidak enak karena merasa diganggu oleh sesuatu menjadi bagian dari pengalaman seseorang yang terpapar oleh suara infrasonik. Ahli saraf dan ilmuwan sepakat menyatakan bahwa infrasonik akan membuat kinerja otak terganggu, pandangan kabur, dan perasaan merinding pada manusia.

Secara normal, manusia hanya bisa mendengarkan suara pada kisaran 20 sampai 20 ribu Hertz. Frekuensi di bawah itu dinamakan infrasonik. Sementara, suara di atas 20 ribu Hertz dinamakan ultrasonik. Nah, kalau bisa melihat penampakan yang disertai dengan perasaan merinding, mungkin saja kamu sedang berada di zona yang terpapar gelombang infrasonik.

Begitulah beberapa cara melihat "hantu" menurut sains. Jika kamu memiliki pengalaman menjumpai penampakan di situasi serupa, hal ini justru bisa menjelaskan mengapa fenomena itu terjadi. Bagi yang belum, tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: Amit-amit, Ini 10 Cara Mati yang Paling Menyakitkan Menurut Sains!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dahli Anggara di IDN Times Community dengan judul 5 Cara untuk Melihat 'Hantu' menurut Sains, Berani Coba?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya