Comscore Tracker

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang 

Tak ada lagi pertumpahan darah di dalam aquarium 

Ikan cupang dikenal sebagai binatang yang agresif dan tak mau hidup bersama lainnya. Sikapnya yang suka bertarung dan mengintimidasi makhluk lainnya, menjadikan Ikan yang disebut betta fish ini biasanya akan hidup sendirian. 

Tapi ada juga lho ikan hias yang bisa disandingkan hidup bersama si cupang. Tapi kamu harus mematuhi aturannya ya, agar mereka tidak bertengkar dan salah jadi korbannya. 

Aturan dasar dalam menggabungkan ikan cupang dengan ikan hias lainnya

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang fishtankmaster.com

Sebelum mengetahui jenis ikan hias apa yang bisa hidup bersama cupang, kamu harus memahami beberapa aturan dasar penggabungan beberapa spesies ikan. Berikut ini di antaranya dilansir channel YouTube Girl Talks Fish:

  • Sebaiknya tidak menggabungkan beberapa ikan cupang dalam satu akuarium;
  • Jangan memilih ikan-ikan yang juga agresif dan teritorial karena mereka pasti akan bertarung;
  • Menaruh ikan yang lebih besar daripada cupang merupakan pantangan besar. Sebab ikan yang besar memiliki kecenderungan untuk memangsa ikan kecil;
  • Gabungkan ikan-ikan yang menyukai jenis air yang sama. Untuk cupang, mereka menyukai air tawar dengan suhu cenderung dingin;
  • Gunakanlah akuarium yang besar dengan ornamen untuk meminimalkan sifat teritorial dari cupang.

Nah sekarang saatnya mengetahui ikan hias apa saja yang bisa hidup akur dengan betta fish alias si cupang. 

1. Berbagai jenis ikan rasbora

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang aquadiction.world

Rasbora merupakan ikan kecil yang biasa bergerak secara berkelompok. Mereka cocok disandingkan dengan cupang karena cenderung tenang, tidak mendominasi, dan merupakan perenang cepat sehingga cupang tak bisa menyerangnya. 

Ada beberapa jenis ikan rasbora yang bisa kamu pelihara bersama cupang. Di antaranya adalah harlequin rasbora, lambchop rasbora, dwarf rasbora, dan chili rasbora. Mereka sangat cocok untuk menjadi teman di akuarium cupang. 

2. Neon tetra

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang wikimedia.org

Neon tetra adalah salah satu ikan tropis populer yang sering dijadikan pendamping cupang. Seperti rasbora, mereka memiliki tubuh yang kecil dan selalu bergerak berkelompok. Secara alami, neon tetra juga memiliki perangai yang tenang. 

Jika kamu ingin merawatnya, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar neon tetra tidak menjadi masalah untuk cupangmu. Berikut ini di antaranya:

  • Pastikan akuarium yang kamu gunakan besar karena neon tetra suka berenang ke sana ke mari;
  • Akuarium yang kecil juga bisa memicu neon tetra untuk menyerang cupang;
  • Kamu harus meletakkan ornamen hiasan di dalam akuarium agar mereka tak terintimidasi oleh cupang;
  • Jumlah neon tetra yang disarankan adalah 10 hingga 12 ekor dalam akuarium dengan 35 liter air.

3. Ember tetra

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang aquariadise.com

Jenis tetra lain yang bisa hidup rukun dengan cupang adalah ember tetra. Karakteristik ikan yang satu ini terletak pada tubuhnya yang berwarna oranye. Ukurannya juga sedikit lebih kecil daripada neon tetra. 

Dilansir Betta Care Fish Guide, ember tetra dapat berenang dengan sangat cepat sehingga cupang tidak akan bisa menyerangnya. Mereka mencintai kedamaian, tenang, dan tidak akan menyebabkan masalah.

Seperti neon tetra, kamu harus memelihara ikan hias ini secara berkelompok. Ukuran akuarium harus besar dan dihiasi dengan berbagai ornamen agar mereka tidak stres. 

Nah, selain ember tetra dan neon tetra, ada beberapa ikan hias dengan jenis serupa yang juga cocok dengan cupang. Di antaranya adalah cardinal tetra, rummy nose tetra, dan black neon tetra. 

Baca Juga: 7 Spesies Ikan Hiu Paling Menakutkan di Dunia, Siap Menerjangmu!

4. Ikan guppy

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang small-pets.lovetoknow.com

Berikutnya, kamu juga bisa menjatuhkan pilihanmu pada ikan guppy. Lagi-lagi, mereka adalah ikan berukuran kecil namun tidak bergerak dalam kelompok besar seperti tetra. Walaupun tergolong aman disandingkan dengan cupang, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. 

Dilansir Betta Care Fish Guide, beberapa jenis guppy memiliki sirip yang panjang dan tajam sehingga dapat melukai cupang. Selain itu, guppy jantan cenderung menjadi ikan yang agresif. Jadi, jika kamu ingin memeliharanya bersama cupang, ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Sebaiknya pilihlah guppy betina untuk hidup bersama cupang. Kombinasi terbaik adalah cupang betina dan guppy betina;
  • Dalam satu akuarium besar, sebaiknya jangan memasukkan lebih dari tiga ekor guppy;
  • Taruh banyak tumbuhan dan ornamen sebagai tempat bersembunyi di dalam akuarium;
  • Untuk perkenalan, sebaiknya gunakan kaca pemisah antara cupang dan guppy agar mereka membiasakan diri dengan satu sama lain;
  • Setelahnya, pindahkan ikan guppy dan ikan hias lain terlebih dahulu. Baru kemudian disusul dengan cupang agar mereka tak merasa teritorinya terancam.

5. Catfish

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang aquariumsource.com

Ikan hias lain yang bisa kamu pelihara bersama dengan cupang adalah catfish. Mereka merupakan spesies ikan yang biasa hidup di dasar tangki. Mereka cocok dipelihara jika cupangmu tak suka ikan-ikan lain menghalangi teritorinya di bagian tengah dan atas akuarium.

Jenis yang direkomendasikan adalah otocinclus catfish dan glass catfish. Selain menjadi teman untuk cupang, mereka juga bisa membersihkan air di akuarium. Namun pastikan kamu meletakkan tumbuhan dan tempat-tempat bersembunyi karena catfish adalah ikan yang pemalu. 

6. Udang-udang kecil

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang bettasource.com

Bukan hanya dengan ikan hias, cupang juga cocok disandingkan bersama udang-udang kecil, lho. Bahkan bisa dibilang, keduanya akan hidup dengan damai. Apalagi jika cupangmu tak terlalu agresif.

Jenis udang yang paling cocok dengan cupang adalah ghost shrimp, red cherry shrimp, dan amano shrimp. Mereka tidak akan mengganggu cupang dan bisa membersihkan ganggang di dalam akuarium. Namun lagi-lagi, pastikan kamu meletakkan tumbuhan dan ornamen yang cukup agar mereka tidak stres. 

7. Siput air

Tak Lagi Sendiri, 7 Ikan Hias Bisa Hidup Damai dengan Cupang deviantart.com/emeraldrosepetal

Terakhir ada siput air. Makhluk yang satu ini sangat direkomendasikan oleh para pemelihara cupang di berbagai belahan dunia. Apalagi untuk para pemula yang harus banyak belajar tentang perilaku cupang. 

Siput adalah pendamping yang baik untuk cupang karena mereka cenderung bergerak secara pasif dan tidak akan mengganggu. Begitu pula sebaliknya, cupang tidak tertarik untuk bertarung dengan siput sehingga keduanya akan hidup akur bersama. 

Kamu bisa memelihara berbagai jenis siput air kok. Yang penting untuk diperhatikan adalah kamu harus mengisi akuarium dengan tumbuhan hidup agar mereka mendapatkan ekstra makanan darinya. 

Nah itulah sederet ikan yang bisa kamu coba masukkan dalam satu aquarium bersama cupang. Semoga berhasil ya. 

Baca Juga: 7 Jenis Ikan Cupang Termahal di Indonesia, Bisa Beli Motor Baru!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya