Comscore Tracker

Waduh, 7 Makanan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global!

Cegah sebelum benar-benar terjadi!

Pernahkah kamu menonton film Interstellar karya sutradara Christopher Nolan? Dalam film tersebut, digambarkan berbagai tanaman pangan punah karena perubahan iklim. Hal itu ternyata bukan imajinasi semata, karena peneliti menemukan bahwa fenomena pemanasan global mengancam eksistensi berbagai jenis makanan yang biasa kita konsumsi hari ini.

Berikut ini tujuh makanan yang terancam punah akibat pemanasan global. 

1. Cokelat

Waduh, 7 Makanan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global!seriouseats.com

Mayoritas orang menyukai makanan yang satu ini. Namun berkat pemanasan global, kita terancam tak bisa lagi mengonsumsinya di masa depan. Cokelat berasal dari tanaman kakao yang banyak hidup di dataran tinggi. Mereka sebenarnya bisa hidup di lingkungan yang hangat tetapi harus diiringi dengan kelembapan dan curah hujan yang tinggi. 

Data dari Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) tahun 2014 menunjukkan bahwa saat ini suhu bumi kian meningkat tetapi curah hujan tidak bertambah. Hal ini akan mengancam pertumbuhan tanaman kakao. 

2. Nasi

Waduh, 7 Makanan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global!themom100.com

Nasi, makanan pokok orang Indonesia ini juga terancam habis karena pemanasan global. Seperti yang kita tahu, padi ditanam di sawah yang harus tergenang oleh air. Namun kini, semakin banyak daerah penghasil padi yang mengalami kekeringan. Tanaman tersebut pun sulit untuk tumbuh.

3. Kacang tanah

Waduh, 7 Makanan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global!timewellness.com

Kacang tanah adalah camilan yang sering dimakan saat sedang ada waktu luang. Misalnya sambil menonton televisi, mengerjakan tugas, dan lain-lain. Makanan sederhana ini ternyata membutuhkan perawatan yang cukup rumit. 

Kacang dapat tumbuh dengan baik jika mereka mendapatkan cuaca hangat selama lima bulan berturut-turut. Mereka juga membutuhkan curah hujan sekitar 500 hingga 1.000 mm. Di kondisi kekeringan seperti saat ini, kacang akan sulit bertahan hidup. Maka tak heran jika harganya terus naik di pasaran.

Baca Juga: Perubahan Iklim Berdampak bagi Perempuan, Apa Sih Hubungannya?

4. Makanan laut

Waduh, 7 Makanan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global!nationalpostcom.com

Pemanasan global tak hanya memengaruhi daratan. Ekosistem laut pun ikut merasakan dampaknya. Meningkatnya suhu bumi akan membuat suhu di lautan jauh lebih panas.

Hasilnya, populasi ikan pun menurun. Lebih buruk lagi, menurut studi yang dilakukan oleh Dalhousie University, diperkirakan makanan laut akan habis di tahun 2050. 

Hewan laut yang berdarah dingin seperti lobster, sebagian ikan, penyu, dan lainnya akan bermigrasi ke tempat yang lebih dingin, menurut laman Anthropocene Magazine. Tak hanya itu, air yang lebih hangat lebih disukai oleh bakteri laut yang beracun, seperti Vibrio. Mereka akan mengontaminasi ikan, cumi-cumi, dan gurita sehingga manusia pun keracunan saat memakannya mentah.

5. Gandum

Waduh, 7 Makanan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global!britannica.com

Gandum, bahan utama pembuat roti ini juga menghadapi situasi yang sulit karena pemanasan global. Studi dari Kansas State University mengatakan bahwa dalam beberapa dekade ke depan, produksi gandum akan semakin menurun hingga 50 persen dari hasil panen normal. Krisis gandum tersebut terjadi karena saat suhu di sekitar panas, tumbuhan tersebut akan sulit untuk menghasilkan biji. 

6. Kopi

Waduh, 7 Makanan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global!independent.co.uk

Siapa yang merasa tidak bisa hidup tanpa kopi? Coba mulai sekarang kurangi konsumsi kopimu, deh. Kenapa? Studi dari Australia’s Climate Institute memperkirakan bahwa produksi biji kopi akan kian menurun hingga ke angka nol di tahun 2050 nanti. 

Bagaimana bisa? Fenomena lagi-lagi disebabkan oleh meningkatnya suhu di bumi dan menurunnya curah hujan. Ketika hal ini terjadi, tanaman kopi akan lebih rentan terhadap penyakit dan akhirnya mati.

7. Madu

Waduh, 7 Makanan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global!home.bt.com

Madu, makanan dengan segala macam khasiat ini akan menghadapi masa-masa sulit karena pemanasan global. Studi dari US Department of Agriculture tahun 2016 mengatakan bahwa peningkatan karbon dioksida dapat mengontaminasi pollen atau serbuk sari, makanan utama lebah.

Akibatnya, serangga tersebut akan kesulitan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Mereka pun tidak bisa menghasilkan madu. Selain karbon dioksida, peningkatan suhu juga memengaruhi ketersediaan serbuk sari. 

Itulah sejumlah makanan yang bisa punah akibat pemanasan global. Jika kita gak bergerak sejak sekarang, hal itu bisa benar-benar terjadi. 

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pemanasan global. Antara lain dengan menghemat energi, menggunakan transportasi umum, mengurangi konsumsi daging merah, dan lainnya. Walaupun sepele, langkahmu dapat berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan, lho!

Baca Juga: Jaga Agar Tak Punah, 200 Ekor Tukik Dilepaskan di Pantai Samas

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You