Comscore Tracker

3 Karya BJ Habibie di Industri Penerbangan yang Mendunia

Ilmuwan jenius kebanggaan Indonesia

Sebelum menjadi Menteri Riset dan Teknologi di era Soeharto hingga menjadi Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie sudah lebih dulu diakui di Jerman dan dunia internasional sebagai ilmuwan di bidang teknik penerbangan. Habibie menyumbangkan berbagai karyanya di bidang tersebut, termasuk desain dan teori pesawat. 

Ini dia beberapa karyanya yang membuatnya menjadi ilmuwan yang sangat disegani di industri penerbangan.

1. Teori Habibie

3 Karya BJ Habibie di Industri Penerbangan yang MenduniaYouTube ruudabiyoga

Nama lain teori ini adalah crack progression theory. Inti dari teori ini adalah mengenali keretakan yang terjadi pada pesawat. Temuan ini ditemukan oleh Habibie saat berusia 32 tahun.

Dikatakan beliau harus benar-benar bekerja keras untuk mendapatkan teori ini sampai-sampai harus menghitung ke tingkatan atom. Namun berkat teori ini, pesawat modern zaman sekarang jauh lebih irit dalam pembakaran bahan bakar sekaligus mampu mengurangi risiko kecelakaan pesawat.

Baca Juga: Tuti Marini Puspowardojo, Ibunda BJ Habibie yang Berdarah Yogyakarta

2. Pesawat N-250

3 Karya BJ Habibie di Industri Penerbangan yang MenduniaANTARA FOTO/Novrian Arbi

Sebutan lainnya adalah pesawat Gatot Kaca. Ini adalah pesawat penumpang sipil yang dirancang IPTN atau PT. Dirgantara Indonesia. Kode N tersebut berasal dari kata Nusantara yang mana dimaksudkan untuk memberitahu kepada dunia jika segala pengerjaan pesawat ini dilakukan di Indonesia.

3. Pesawat R80

3 Karya BJ Habibie di Industri Penerbangan yang Menduniaregio-aviasi.co.id

Pesawat R80 adalah pesawat canggih yang keluar pada dekade ini. Proyek pesawat ini digarap pada 2012 dan melakukan penerbangan perdananya pada 2017 kemarin. Sisi canggih dari pesawat R80 adalah pesawat ini dilengkapi teknologi fly by wire. Sistem ini memungkinkan pilot melakukan kendali menggunakan sinyal elektronik. Hebatnya lagi pesawat ini sudah terjual sebanyak 155 unit padahal masih memasuki tahap perancangan.

Itu dia sedikit karya BJ Habibie. Lewat karya-karya beliau, nama Indonesia bisa terdengar gaungnya sampai ke dunia internasional, khususnya di bidang industri pesawat terbang. Hebat, ya?

Baca Juga: Meraba Jejak BJ Habibie di Taman Pintar Yogyakarta

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya