Comscore Tracker

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC 

Selain irit juga ramah lingkungan 

Salah satu cara untuk mendinginkan udara yang panas dalam ruangan adalah menggunakan kipas dan air conditioner (AC). Tapi efek penggunaan yang berlebihan bisa mengakibatkan masalah kesehatan. Ditambah pengeluaran untuk membayar listrik yang semakin melambung.

Tak ingin terbeban dengan penggunaan alat pendingin ruangan, teknik-teknik berdasarkan ilmu sains di bawah ini mampu menurunkan suhu ruangan. Mau coba, yuk kita simak dulu. 

1. Mengecat tembok dan atapmu dengan warna tertentu

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC constructiontuts.com

Warna tertentu menyerap panas lebih mudah, seperti hitam. Karena itu ada baiknya kamu mengecat tembok dan atap rumahmu dengan warna yang terang untuk memantulkannya.

Bahkan jika perlu kamu mengecatnya dengan cat spesial yang memiliki pigmen tertentu untuk menangkal radiasi sinar matahari. Ini mampu mengurangi suhu udara rumahmu mencapai 10 derajat celcius.

2. Tambahkan semangkuk es di dekat kipas listrikmu

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC bobvila.com

Jika kamu punya kipas listrik di rumahmu, cobalah untuk menaruh air es batu di depannya saat menyalakannya . Ini akan membuat kipas meniup halimun dingin dari air es yang menguap tersebut ketimbang hanya memutar ulang udara hangat.

3. Memutar kipas langit-langit secara terbalik

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC Pexels.com/jason-boyd-1388339

Terdengar aneh memang, tapi inti untuk membuat rumahmu dingin adalah membuang udara panas keluar. Ketimbang memutarnya searah jarum jam yang malah memasukkan udara hangat, lebih baik kamu memutarnya terbalik dengan tujuan udara tersebut keluar.

4. Matikan alat yang menghasilkan panas

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC Kompor masyarakat yang menggunakan Jargas setelah di konversi (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Ketimbang memasak menggunakan kompor, cobalah pergunakan microwave. Microwave tidak mengeluarkan panas sehingga tidak membuat udaramu panas. Atau cobalah memasak makanan seperti salad.

5. Tutup tirai dan gorden rumahmu

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC pexels.com/Raphael Brasileiro

Hal yang umum tentang hal ini, tapi apakah kamu tahu penjelasan ilmiahnya? Ketika kamu membuka jendelamu dengan kondisi tirai dan gorden tertutup, sebenarnya kamu telang menghindari efek rumah kaca. Hampir 30 persen panas datang dari kaca jendela, jadi dengan menutupnya lewat gorden dan tirai, panas tersebut akan memantul keluar dan menjaga rumahmu bersuhu rendah.

6. Membuka jendela dan pintu

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC Pexels.com/Pixabay

Alasannya mudah: untuk membiarkan sirkulasi udara berjalan di dalam rumahmu. Namun tidak serta merta semua pintu dan jendela dibuka. Pintu dan jendela yang sekiranya bakal membuat keluar angin serta terkena sinar matahari secara langsung perlu ditutup agar angin tersebut berkutat di dalam ruangan yang diinginkan.

Sebagai contoh kamu menginginkan ruangan tengahmu yang sejuk, maka kamu harus membuka pintu dan jendela yang berhubungan dengan luar dan menutup pintu yang menghubungkannya dengan ruangan lain.

Baca Juga: Suhu Ruangan Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho, Ini Faktanya!

7. Menanam sejumlah tumbuhan

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC Pixabay/Admiral_Lebioda

Kamu sudah diajarkan ini sejak SD bahwa tumbuhan mengeluarkan oksigen di siang hari dan hal itu benar-benar mampu membuat sejuk rumahmu. Bahkan beberapa tumbuhan seperti kaktus dan bromeliad mendapatkan air dari udara. Itu berarti tumbuhan ini mampu menyingkirkan kelembapan dari udara yang ada dalam rumahmu dan membuatnya lebih sejuk.

8. Basahi rumahmu

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC dissolve.com

Air menyerap panas dan menguap, mendorong udara yang lebih dingin ke bawah. Fenomena ini digunakan dalam pengembangan sistem pendinginan dan hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi panas dalam rumahmu. Gunakan semprotan air dalam skala kecil dan melebar, lalu semprotkan ke bagian yang sekiranya dilewati udara hangat.

9. Minimalkan penggunaan lampu

9 Cara Ampuh Dinginkan Udara di Rumah Tanpa Nyalakan AC pexels.com/Ahmed Aqtai

Lampu yang kita gunakan menyebabkan panas. Ada baiknya mematikan lampu yang tak terpakai, atau menggantinya dengan cahaya yang lebih temaram. 

Nah itulah sederet cara untuk tetap merasakan nyaman di dalam rumah, walau suhu udara menunjukkan angka di atas 30 derajat celcius. Cara ini juga mengamankan kantongmu serta tidak merusak lingkungan. Sederhana bukan?

Baca Juga: 8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya