Comscore Tracker

7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketika

Cara ini bisa sangat menyakitkan

Hukuman gantung merupakan salah satu cara eksekusi yang paling tua. Ini juga jadi cara yang sering digunakan untuk bunuh diri. Dilansir dari Ranker, sebagian orang berpikir gantung diri bisa membuat kematian seseorang berlangsung cepat dan tak terlalu menyakitkan, seperti di adegan film atau televisi. Pada kenyataannya, tak semudah itu.

 

Lantas, seperti apa reaksi yang terjadi pada tubuh saat gantung diri? Perlu diingat, penjelasan berikut hanyalah informasi untuk memenuhi rasa ingin tahumu, bukan untuk dipraktikkan.

1. Lehermu bisa patah saat digantung

7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketikamedicalnewstoday.com

Jika kamu digantung dan jatuh dengan tali yang panjang, lehermu bisa patah dengan cepat karena leher tidak mampu menopang bobot tubuh. Jadi, tak ada kesempatan seseorang akan menolong saat kamu menggeliat atau menendang-nendang. Hanya saja, karena berlangsung dengan cepat, kamu mungkin tak akan merasa kesakitan.

Saat kamu jatuh, momentum berat tubuhmu sudah cukup untuk mematahkan lehermu. Kamu akan langsung tak sadarkan diri. Itu berarti kamu tak akan menderita saat kamu mengalami kematian otak. Hal itu berbeda jika leher tak patah saat digantung.

2. Jika leher tak langsung patah saat digantung, oksigen menuju ke otak akan terhambat

7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketikaentnet.org

Saat gantung diri, namun leher tak patah, kamu akan merasa terengah-engah. Kondisi tersebut menandakan bahwa kamu mengalami iskemia otak atau saat semua pembuluh darah dan arteri yang membawa darah ke otak mulai tersumbat. Kamu tak akan bisa bertahan lebih dari sepuluh menit tanpa oksigen yang dibawa darah ke otak.

3. Arteri Karotismu menutup

7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketikaverywellhealth.com

Arteri karotis berfungsi sebagai pemasok darah yang paling penting bagi otak. Lokasinya berada di leher.

Itu sebabnya saat lehermu tercekik oleh tali gantungmu, arteri karotis ini akan menutup. Jika dibiarkan kamu akan mengalami kematian otak.

Baca Juga: 7 Reaksi Tubuh Alami saat Tertembak Peluru, Jangan Tertipu Adegan Film

4. Pembuluh kapiler di wajah dan matamu akan pecah

7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketikamedicalnewstoday.com

Darah dari arteri karotismu yang menuju otak tiba-tiba tak punya tempat untuk pergi. Itu sebabnya tekanan akan semakin meningkat. Jika sudah begitu, pada akhirnya pembuluh kapiler di wajah dan matamu akan pecah.

5. Refleks saraf vagus menyebabkan detak jantung dan tekanan darahmu menurun

7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketikaforeignpolicy.com

Perlahan-lahan, otak akan mati karena kekurangan oksigen. Selain itu, saraf vagus yang berada di dasar tempurung kepala dan berfungsi mengendalikan jantung akan mulai terpengaruh. Ketika otakmu kekurangan oksigen, hal itu akan menekan dan memicu refleks saraf vagus sehingga detak jantung dan tekanan darahmu menurun.

6. Pasokan oksigen ke paru-paru akan terhenti

7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketikahealth.clevelandclinic.org

Setelah mengalami hal-hal di atas, perlahan-lahan kamu akan mulai sesak napas karena trakea atau batang tenggorokanmu mulai hancur. Kematian akan datang jika salah satu dari otak, jantung, atau paru-parumu berhenti berfungsi.

7. Alat kelamin mengalami ereksi

7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketikasickchirpse.com

Semua tekanan yang dialami tubuh akan mempengaruhi alat kelamin. Sering kali, seseorang yang mati gantung diri akan berakhir dengan alat kelamin yang membesar.

Itulah penjelasan tentang reaksi yang terjadi pada tubuh seseorang yang melakukan gantung diri. Jangan pernah berpikir untuk mengakhiri hidup, ya. Jika kamu punya masalah dalam hidupmu, segeralah mencari pertolongan!

Baca Juga: 8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya