Comscore Tracker

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawat

Reaksi ini wajar, kok!

Pesawat terbang adalah salah satu moda transportasi yang cukup populer untuk traveling, terlebih setelah adanya low cost carrier atau penerbangan berbiaya rendah. Menaiki pesawat terbang, tentu ada kali pertama. Deg-degan rasanya waktu terbang di ketinggian ribuan kaki untuk pertama kalinya.

Buat kamu yang pertama kali naik pesawat, kamu harus bersiap dengan reaksi tubuh yang akan dialami selama di dalam pesawat. Dilansir dari Telegraph, berikut di antaranya.

1. Kekurangan oksigen yang membuatmu merasa lelah dan pusing

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawatlifewire.com

Kabin pesawat memiliki tekanan hingga 75 persen daripada tekanan atmosfer normal. Kadar oksigen yang lebih rendah ini bisa membuatmu mengalami hipoksia, yaitu perasaan lelah dan pusing. Jika dampaknya parah, segera hubungi kru kabin, ya.

2. Kehilangan kemampuan untuk merasakan

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawatctgirlwiththeredscarf.com

Sepertiga dari indra perasamu akan mati rasa di ketinggian. Jadi, kamu jangan merasa panik jika ini terjadi padamu, ya.

3. Kehilangan kemampuan untuk mendengar

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawatflushinghospital.org

Lingkungan kering dan tekanan udara kabin juga bisa memengaruhi telinga, sinus, dan indra perasa. Selain itu, makananmu pun akan terasa hambar karena lingkungan kering dan tekanan udara di kabin menyedot rasa makanan.

4. Selera makanmu akan berkurang

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawatreclaimthepower.org.uk

Ternyata, suhu dingin, penerangan kabin berwarna abu-abu, dan tingkat stres di ketinggian juga bisa mengurangi selera makanmu. Jadi , jangan salahkan makanannya. Kadang, itu karena selera makanmu saja yang berkurang. Biasanya, maskapai penerbangan akan mengakalinya dengan memberikan makanan yang lebih gurih atau umami.

Baca Juga: Bukan Bermasalah, Pahami 5 Kebiasaan "Aneh" Pesawat Saat Mendarat Ini

5. Tubuh perlahan-lahan mengalami dehidrasi

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawatabcnews.go.com

Tubuhmu ternyata bisa lekas kekurangan cairan, hingga 1,5 liter setelah tiga jam melakukan penerbangan. Tingkat kelembapan serendah empat persen pun berpotensi membuat selaput lendir hidung, mulut, dan tenggorokan mengering.

6. Tekanan udara juga bisa membuatmu kembung

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawatijandk.com

Itu karena penumpukan gas yang menyebabkan masalah pencernaan, seperti kembung dan sembelit. Kurangnya gerakan selama penerbangan pun membuat darahmu menumpuk di sekitar kaki. Hal tersebut berisiko membuatmu terkena trombosis vena dalam.

7. Kamu 100 kali lebih mungkin untuk terserang flu

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawatthoughtco.com

Dilansir dari Compare Travel Insurance, saat ada seseorang bersin, kemungkinan kamu tertular akan semakin besar. Itu karena kondisi kabin yang tertutup dan sempit. Kamu pun harus di sana selama berjam-jam.

8. Risiko terkontaminasi bakteri lebih besar

8 Reaksi Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Naik Pesawatshape.com.sg

Dilansir dari penelitian yang dilakukan di Auburn University, Alabama pada 2014, bakteri penyebab penyakit bisa bertahan selama satu minggu di kabin pesawat, mulai dari kantong kursi, meja, penutup jendela, dan sandaran tangan.

Adapun bakteri-bakteri yang rentan menyerang, seperti Staphylococcus aureus (MRSA) penyebab infeksi, penyakit kulit, pneumonia, dan sepsis yang bisa bertahan selama 168 jam. Lalu, ada Escherichia coli (E. coli) penyebab infeksi saluran kemih, sakit pernapasan, dan diare yang bisa bertahan selama 96 jam.

Reaksi tubuh yang dirasakan di atas adalah hal yang wajar saat menaiki pesawat terbang. Lagipula, kamu gak perlu khawatir, karena pihak maskapai penerbangan juga sudah melakukan antisipasi untuk meminimalkan hal tersebut. Safe flight!

Baca Juga: Kenapa Pesawat Bisa Hilang Kontak Tiba-tiba? Ini Penjelasan Sainsnya  

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You