Comscore Tracker

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelap

Eksistensi mereka kian terancam akibat keserakahan manusia

Suatu spesies satwa bisa terancam dan punah karena berbagai faktor, mulai dari kerusakan habitat, perburuan liar, hingga perdagangan ilegal. Kebanyakan dari faktor tersebut disebabkan oleh ulah manusia.

Berbagai satwa eksotis berikut kerap diburu dan diperdagangkan karena berbagai alasan, mulai dari dimakan, dijadikan obat, hiasan, hingga peliharaan. Lantas, hewan apa apakah yang paling sering diperdagangkan? Berikut daftarnya!

Hewan banyak diburu dan diperdagangkan untuk berbagai alasan, mulai dari dimakan, dijadikan obat, hingga perhiasan. Lantas, hewan apa apakah yang paling banyak diperdagangkan? Berikut di antaranya.

1. Trenggiling (Manis), diperdagangkan untuk dijadikan obat

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelaptpr.org

Dilansir dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), trenggiling jadi hewan yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Hewan ini dikenal sebagai mamalia pemakan semut dan rayap dengan sisik kulit yang khas.

Saat terancam, mereka akan meringkuk dan menjadi bola. Sayangnya, hewan ini banyak diperdagangkan, salah satunya untuk pengobatan tradisional Tiongkok. Selain itu, dagingnya pun banyak diminati.

2. Badak afrika (Diceros bicornis longipes), untuk menyembuhkan banyak penyakit

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelapcsmonitor.com

Dilansir dari World Wide Fund For Nature (WWF), satu dekade yang lalu, perburuan badak hanya sekitar 13 per tahun di Afrika Selatan. Mirisnya, pada 2017 angkanya mencapai 1.028 atau meningkat hingga 9 ribu persen.

Mereka diburu untuk diambil culanya, terutama di Asia. Mereka pun dianggap ampuh untuk mengobati beragam penyakit, mulai dari mabuk hingga kanker.

3. Gajah afrika (Loxodonta), banyak diburu sekadar untuk gadingnya

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelappexels.com

Larangan perdagangan daging memang telah ada sejak 1990. Hanya saja, perburuan masih terjadi hingga sekarang.

Dilansir dari National Geographic, sekitar 30 ribu gajah diburu setiap tahunnya. Dikhawatirkan mereka akan punah dalam waktu dekat.

4. Harimau (Panthera tigris), mereka diincar untuk diambil cakar, gigi, dan kulitnya

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelappixdaus.com

Dilansir dari Scientific American, ada lebih dari 200 peternakan, yang beroperasi di negara-negara Asia, berburu harimau. Diperkirakan, jumlahnya di alam liar hanya tersisa kurang dari 4 ribu saja.

Sementara, sejak 2000 telah ada 1,755 harimau atau bagian tubuh harimau yang telah disita. Mirisnya, jumlah tersebut hanyalah lima persen dari jumlah perdagangan sesungguhnya.

5. Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), tempurungnya banyak diincar sebagai hiasan

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelapwildlifeact.com

Dari banyak penyu di lautan, penyu sisik adalah penyu yang paling terancam punah akibat perburuan dan perdagangan manusia. Penyu ini memiliki ciri fisik paruh panjang dan runcing dengan tempurung indah berwarna cokelat dan kuning.

Dilansir dari WWF, mereka banyak diburu untuk diambil tempurungnya sebagai hiasan atau ornamen. Jika kamu melihatnya, jangan sekali pun terbesit dalam pikiranmu untuk membelinya, ya.

Baca Juga: 11 Fakta Menyedihkan Hewan Gelandangan, Mereka Dibuang Majikannya!

6. Orangutan (Pongo), perdagangan ilegalnya mencapai jutaan dolar

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar GelapIDN Times/Prayugo Utomo

Orangutan menjadi simbol dari hewan peliharaan, terutama di Timur Tengah. Namun, hingga saat ini, mereka banyak diperdagangkan. Bahkan, dilansir dari ABC News, nilainya di pasar perdagangan ilegal mencapai jutaan dolar (belasan miliar rupiah).

Perburuan liar sendiri banyak terjadi di Kalimantan, Sumatera, dan Thailand. Ayo, selamatkan hewan yang telah berbagi 97 persen DNA dengan kita ini.

7. Kambing hutan sumatera (Capricornis sumatraensis sumatraensis), banyak diburu untuk diambil dagingnya sebagai obat

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelapwikimedia.org

Meski mereka tinggal di gunung curam dan perbukitan, tak jadi jaminan mereka tak diincar oleh para pemburu. Banyak dari mereka diburu dalam jumlah besar untuk diambil dagingnya sebagai obat.

Sayangnya, masih sedikit orang yang pernah mendengar keberadaan hewan ini. Tak hanya masyarakat, dilansir dari The Star, pihak konservasi juga masih kurang memperhatikan keberadaan hewan ini. Kamu sendiri, apakah tahu ada hewan ini di hutan kita?

8. Rangkong gading (Rhinoplax vigil), paruhnya banyak diburu untuk dipahat dan dijadikan perhiasan

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelapbirdlife.org

Burung asal Asia Tenggara ini memiliki paruh besar layaknya gading. Itu sebabnya ia dinamai demikian. Namun, keunikan ini jadi incaran banyak pemburu untuk memahatnya dan menjadikannya perhiasan. Dilansir dari Traffic, perdagangannya terus berkembang dalam kurun waktu tiga tahun.

9. Seladang (Bos gaurus), banyak diburu karena ukurannya yang besar

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelapzoochat.com

Sapi besar ini adalah spesies sapi terbesar di dunia. Mereka hidup di alam liar India dan Malaysia. Sejak 1986, IUCN telah memasukkan dalam daftar merah atau rentan punah. Namun, hal itu tak menghentikan langkah pemburu untuk tetap mengincarnya.

10. Macan Tutul Salju (Panthera uncia), bulunya yang indah banyak diincar pemburu

Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelapfineartamerica.com

Macan tutul salju adalah salah satu hewan yang indah dan cantik karena bulu tutul-tutulnya. Namun, hal ini juga yang membuatnya banyak diincar oleh para pemburu. Dilansir dari Traffic, setidaknya ada empat macam tutul salju yang terbunuh setiap minggunya.

Manusia punya andil besar dalam kepunahan satwa. Manusia juga yang bisa mencegah hal tersebut terjadi. Kamu pun bisa ikut beraksi. Minimal dengan tidak membeli dan melaporkan jika praktik perdagangan hewan langka terjadi di sekitarmu.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You