Comscore Tracker

7 Fakta Ilmiah Mengapa Sedekah Mampu Memperlancar Rezeki, Jangan Ragu!

#RamadanMasaKini Membuat kamu bahagia dan merasa lebih kaya

Dalam berbagai ajaran agama, termasuk agama Islam, amal atau sedekah menjadi salah satu kebaikan yang kerap diajarkan. Bahkan, Allah SWT menjanjikan bahwa sedekahmu akan dikembalikan-Nya berlipat-lipat. Ternyata, hal ini juga bisa dibuktikan secara ilmiah.

Pendiri Microsoft, Bill Gates telah menyumbangkan US$26 miliar (Rp400 kuadriliun) selama hidupnya dan keuntungannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Kenapa bisa demikian? Berikut penjelasan ilmiahnya.

1. Semakin seseorang ingin merasa kaya, semakin banyak ingin bersedekah

7 Fakta Ilmiah Mengapa Sedekah Mampu Memperlancar Rezeki, Jangan Ragu!demo.joomdev.com

Dilansir dari Wealth Creation Academy, Zoe Chance dari Yale University dan Michael Norton dari Harvard Business School melakukan penelitian untuk mengamati perilaku bersedekah. Secara psikologis, seseorang lebih merasa kaya dari mereka yang sesungguhnya karena memberi sedekah.

2. Meningkatkan indeks kebahagiaan dan produktivitas

7 Fakta Ilmiah Mengapa Sedekah Mampu Memperlancar Rezeki, Jangan Ragu!pexels.com/I love simpel beyond

Bersedekah memenuhi kebutuhan batin yang akhirnya meningkatkan indeks kebahagiaan seseorang. Orang yang bahagia pun akhirnya lebih produktif. Ketika seseorang lebih produktif, tentunya akan mengarah pada kekayaan yang lebih banyak.

3. Bersedekah juga menurunkan tingkat stres

7 Fakta Ilmiah Mengapa Sedekah Mampu Memperlancar Rezeki, Jangan Ragu!pexels.com/freestockpro

Orang dengan tingkat stres rendah cenderung lebih produktif dan sukses. Orang yang tak tertekan pada umumnya memiliki kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan yang lebih tinggi. Seseorang yang beramal pada akhirnya akan mendapatkan keuntungan, meskipun tak menginginkannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan, Yuk Perbanyak Melakukannya!

4. Bersedekah merangsang bagian otak terkait pemenuhan kebutuhan dasar atau naluri primitif manusia

7 Fakta Ilmiah Mengapa Sedekah Mampu Memperlancar Rezeki, Jangan Ragu!unsplash/Cathryn Lavewy

Ketika kebutuhan dasar tersebut terpenuhi, seseorang akan menjadi lebih produktif. Hal tersebut termasuk kemampuan lebih baik dalam mengambil keputusan. Itu sebabnya, bersedekah menciptakan perubahan psikologis dalam diri seseorang.

5. Bersedekah juga merangsang empati dan kasih sayang seseorang

7 Fakta Ilmiah Mengapa Sedekah Mampu Memperlancar Rezeki, Jangan Ragu!aparecidaipiranga.com.br

Secara tak langsung, orang yang kamu sedekahi akan menganggapmu sebagai manusia yang baik dan berhati lembut. Mereka akan semakin tertarik denganmu dan mulai mengakui kualitas kepemimpinanmu. Hal itu pun akan membuatmu lebih percaya diri.

6. Kepemimpinan yang melayani mengarah pada kesuksesan

7 Fakta Ilmiah Mengapa Sedekah Mampu Memperlancar Rezeki, Jangan Ragu!unsplash.com

Ketika kamu bersedekah, itu akan menginspirasi mereka. Mereka mungkin tak bisa membantu sepertimu, namun mereka bisa membantumu secara langsung. Jika sedekah ini kamu lakukan pada bawahanmu, bisa jadi mereka akan menganggapmu sebagai pemimpin yang baik.

7. Bersedekah meningkatkan jaringan pertemananmu

7 Fakta Ilmiah Mengapa Sedekah Mampu Memperlancar Rezeki, Jangan Ragu!pexels.com/rawpixel.com

Meski awalnya tak bertujuan untuk mendapatkan manfaat secara finansial, bersedekah membuat seseorang menerima niat baikmu dalam hati dan pikiran mereka. Dengan begitu, mereka akan merasa senang berbisnis atau sekadar bergaul denganmu.

Itulah beberapa fakta ilmiah terkait sedekah. Jangan ragu bersedekah dengan ikhlas, karena terbukti banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya