Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Ikan Kerap Dipilih sebagai Hewan Peliharaan

Konon lebih mudah dalam perawatannya, lho

Memelihara hewan di rumah memang menjadi salah satu hal yang cukup digemari oleh banyak orang. Hal ini karena memang keberadaan hewan peliharaan seakan mampu memberikan ketenangan tersendiri yang dapat membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan.

Dari berbagai pilihan hewan peliharaan, ternyata banyak yang memilih ikan sebagai opsi yang terbaik. Hal ini ternyata disebabkan karena beberapa alasan umum yang berikut ini.

1. Ikan memiliki jenis yang beragam

5 Alasan Mengapa Ikan Kerap Dipilih sebagai Hewan Peliharaanilustrasi ikan (pexels.com/@chaitaastic)

Membahas mengenai ragam ikan memang sangatlah banyak, bahkan rasanya di tisp negara masing-masing memiliki jenis ikannya tersendiri. Bahkan di Indonesia sendiri ternyata ada banyak sekali ragam ikan yang cukup populer dipilih sebagai hewan peliharaan di rumah.

Dilansir Homestratosphere, ada beberapa jenis ikan hias populer, seperti goldfish, guppy · neon tetra, dan masih banyak lagi. Tentu dengan banyak ragam ikan hias, maka kamu jadi memiliki lebih banyak pilihan untuk disesuaikan dengan keinginan.

2. Harga ikan yang jauh lebih terjangkau

5 Alasan Mengapa Ikan Kerap Dipilih sebagai Hewan Peliharaanilustrasi uang (pexels.com/@suzyhazelwood)

Bisa dikatakan bahwa harga untuk memiliki ikan hias jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli kucing atau pun anjing. Secara umum ikan hias juga lebih mudah ditemukan, sehingga proses pembeliannya tidak rumit.

Mengutip Joom, harga ikan hias dapat sangat terjangkau dan bahkan sesuai dengan jenisnya tersendiri. Tidak heran bila banyak orang yang memilih ikan hias sebagai pilihan hewan peliharaannya.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Axolotl, Amfibi Imut Asal Meksiko

3. Ikan tidak butuh dihibur atau ditemani

5 Alasan Mengapa Ikan Kerap Dipilih sebagai Hewan Peliharaanilustrasi ikan (pexels.com/@zoosnow)

Secara umum, respons ikan sangat berbeda dengan kucing atau pun anjing. Jika anjing dan kucing sangat membutuhkan hiburan atau bonding satu sama lain, maka ikan jelas berbeda.

Secara umum ikan tidak akan merasa bosan di dalam akuarium, namun mereka bisa frustasi apabila ukuran dan kebersihan akuariumnya tidak sesuai, seperti dilansir PETA. Tentunya dengan demikian, maka pemilik ikan jadi memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal lainnya, sebab ikan hanya butuh akuarium yang layak dan makanan yang cukup.

4. Perawatan untuk ikan sangat simpel

5 Alasan Mengapa Ikan Kerap Dipilih sebagai Hewan Peliharaanilustrasi ikan (pexels.com/@kevin-burnell)

Jika memiliki kucing atau anjing, maka kamu memerlukan perawatan yang ekstra untuk mereka. Tidak hanya melalui kebersihan tubuhnya saja, melainkan juga perawatan kuku, konsumsi makannya, hingga vaksin dan juga steril bila dibutuhkan.

Untuk ikan tentunya jelas berbeda, sebab mereka tak memerlukan perawatan khusus. Secara umum memiliki ikan jauh lebih terjangkau dari segi perawatan, terkecuali bila kamu ingin memelihara ikan air asin yang jelas berbeda, seperti dikutip Kiplinger. Dengan perawatan yang simpel, kamu pun jadi dimudahkan dari segi waktu dan biaya.

5. Ikan tidak memakan banyak tempat

5 Alasan Mengapa Ikan Kerap Dipilih sebagai Hewan Peliharaanilustrasi ikan (pexels.com/@kabita-darlami)

Satu hal yang bisa menjadi alasan utama mengapa ikan cocok dijadikan peliharaan adalah mereka tidak butuh tempat yang besar. Ikan cocok untuk kamu yang bahkan tak memiliki area rumah yang luas, sebab mereka bisa tinggal hanya di dalam akuarium yang sesuai dengan ukurannya.

Mengutip Wayfair, setidaknya kamu harus menyediakan akuarium yang ukurannya cukup dan sesuai dengan ikan. Jangan sampai terlalu kecil hingga menyulitkannya berenang. Hal ini tentu bisa disesuaikan dengan kemampuan, entah menggunakan kaca khusus akuarium atau dengan media bahan lainnya.

Dengan beragam hal yang dimiliki ikan, maka memang cocok dalam menjadikannya hewan peliharaan. Apalagi dengan kemudahan yang dimiliki ikan, tentunya dapat sangat memudahkan proses perawatannya. Kamu suka memelihara ikan juga?

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Krisan, Si Cantik yang Kaya Manfaat

Salsabila Manlan Photo Community Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya