Comscore Tracker

7 Jenis Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Raksasa!

Ada yang bobotnya mencapai 1 ton, lho

Deretan gigi yang tajam dan penampilannya yang garang membuat buaya menjadi salah satu hewan yang ditakuti. Selain itu, beberapa jenis buaya juga bisa tumbuh hingga berukuran raksasa, membuat kita berpikir ulang untuk mendekati reptil yang satu ini.

Bahkan, buaya merupakan jenis reptil terbesar yang hidup di muka bumi saat ini. Penasaran dengan jenis buaya terbesar di dunia? Dilansir laman Largest, inilah tujuh daftarnya.

1. Buaya muara

7 Jenis Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Raksasa!discoverwildlife.com

Buaya muara atau disebut juga buaya air asin (Crocodylus porosus) merupakan jenis buaya paling besar sekaligus reptil terbesar di dunia. Dilansir laman Oceana, panjang buaya muara jantan dewasa bisa mencapai lebih dari 7 meter dengan bobot lebih dari 1 ton!

Sesuai namanya, hewan ini tinggal di sekitar muara sungai serta mencari makan ke laut. Mereka perenang yang andal, bahkan kadang terlihat berada jauh di tengah laut. Mereka juga tidak seperti buaya lain yang cenderung menghindari konflik. Sebaliknya, mereka bisa sangat agresif, salah satunya karena sifat teritorialnya yang tinggi.

2. Buaya nil 

7 Jenis Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Raksasa!labroots.com

Di urutan kedua, ada buaya nil (Crocodylus niloticus) yang umumnya berhabitat di Sungai Nil di Afrika. Namun, mereka juga ditemukan di beberapa sungai lain di Afrika, bahkan hingga ke Pulau Madagaskar. Spesies buaya ini berukuran mencapai panjang 6 meter dan beratnya pun bisa mencapai lebih dari 1 ton.

Karena habitatnya yang berdekatan dengan pemukiman manusia, National Geographic menyebut bahwa pertemuan dengan manusia kerap tak terhindarkan. Apalagi, buaya nil terkenal tak pilih-pilih makanan dan akan menyerang nyaris apa pun yang mereka anggap mangsa. Akibatnya, sekitar 200 orang tewas per tahun akibat serangan buaya ini.

3. Gharial

7 Jenis Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Raksasa!sandiegozoo.org

Dikenal juga sebagai gavial atau buaya pemakan ikan, reptil yang satu ini sebenarnya bukanlah buaya sejati. Gharial berasal dalam famili Gavialidae, berbeda dengan buaya sejati yang masuk subfamili Crocodylinae. Namun demikian, gharial masih termasuk ordo Crocodilia alias keluarga buaya.

Gharial sendiri adalah salah satu spesies terbesar di keluarga buaya dengan panjang mencapai 6 meter dan berat hampir 1 ton. Perbedaan utama buaya dan gharial adalah gharial memiliki moncong yang jauh lebih ramping. Sesuai sebutannya, yaitu buaya pemakan ikan, gharial menggunakan moncongnya itu untuk menangkap ikan.

Baca Juga: Seram, 7 Hewan Ini Punya Ukuran Jauh Lebih Besar di Zaman Prasejarah!

4. Buaya amerika 

7 Jenis Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Raksasa!thealexandriazoo.com

Buaya amerika (Crocodylus acutus) juga punya ukuran yang gak kalah mencengangkan. Bobot mereka bisa mencapai lebih dari 900 kg dan panjang sampai 6 meter. Habitat mereka berada di Amerika Utara, Tengah, hingga ke Selatan. Mereka termasuk hewan yang penyendiri dan cenderung menghindari konflik.

Karena itulah, meskipun buaya amerika pernah dilaporkan menyerang manusia, mereka tidak seberbahaya buaya muara maupun buaya nil. Malah, sebenarnya mereka yang lebih terancam oleh manusia karena populasi mereka terus berkurang akibat aktivitas manusia.

5. Aligator amerika 

7 Jenis Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Raksasa!centralfloridazoo.org

Ada buaya amerika, ada pula aligator amerika (Alligator mississippiensis). Aligator termasuk ordo Crocolidae, tapi mereka tergabung dalam famili yang berbeda dengan buaya, yaitu Alligatoridae. Perbedaan utama di antara keduanya adalah moncong aligator  ujungnya lebih membulat, tidak lancip seperti moncong buaya.

Aligator amerika sendiri memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 4,5 meter dan berat hingga 450 kg seperti dilansir National Geographic. Salah satu keistimewaan aligator amerika adalah mereka diperkirakan sudah hidup sejak 150 juta tahun lalu! Artinya, mereka sempat hidup sezaman dengan dinosaurus dan terus bertahan hingga hari ini.

6. Buaya orinoco

7 Jenis Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Raksasa!iucnredlist.org

Nama buaya orinoco jarang terdengar karena mereka sangat terancam punah. Populasinya hanya tersisa sedikit di sekitar Sungai Orinoco di Amerika Selatan. Namun demikian, buaya ini sebenarnya adalah salah satu buaya terbesar di dunia dengan panjang mencapai 5 meter dan berat 380 kg.

Laman Animalia menyebut bahwa buaya orinoco (Crocodylus intermedius) adalah hewan yang sosial. Mereka hidup dalam kelompok yang memiliki kasta tertentu dan dengan sistem komunikasi yang baik. Saat musim kemarau, mereka bahkan bisa pergi secara berkelompok untuk mencari perairan yang bisa dijadikan tempat hidup.

7. Kaiman hitam

7 Jenis Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Raksasa!britannica.com

Seperti gharial dan aligator, kaiman pun sebenarnya bukan merupakan buaya sejati. Kaiman termasuk famili Alligatoridae, yang artinya mereka berkerabat lebih dekat dengan aligator. Makanya, seperti aligator, kaiman pun memiliki ciri berupa moncong yang ujungnya lebih membulat.

Spesies kaiman terbesar adalah kaiman hitam (Melanosuchus niger) dengan panjang mencapai 4,3 meter dan berat 300 kg, seperti dilansir Animalia. Dengan demikian, mereka adalah spesies keluarga buaya terbesar ke-7. Warna hitam legam di tubuh mereka sendiri berfungsi sebagai kamuflase saat mereka berburu serta membantunya menyerap panas.

Wah, jenis-jenis buaya terbesar di atas memang tampak menakutkan, ya. Apakah kamu pernah melihat salah satunya secara langsung?

Baca Juga: 7 Hewan Paling Beracun di Muka Bumi, Jangan Berani Mendekatinya!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Peter Eduard di IDN Times Community dengan judul 7 Spesies Buaya Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Ngeri! 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya