Comscore Tracker

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsung

Yang kawin di udara juga ada! #IDNTimesScience

Satwa memiliki insting untuk bereproduksi demi kelangsungan spesiesnya. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan kawin, di mana jantan membuahi betina. Proses ini biasanya melibatkan ritual dan cara yang unik untuk masing-masing jenis hewan.

Nah, kalau kamu penasaran bagaimana cara berbagai jenis hewan kawin di alam liar, ini dia beberapa di antaranya yang berhasil diabadikan kamera. 

1. Pernah lihat gajah kawin? Ternyata seperti inilah penampakannya

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret gajah kawin (focusingonwildlife.com)

Cara gajah kawin ternyata tak berbeda dengan kebanyakan mamalia darat. Dilansir laman Sciencing, gajah jantan dan betina akan saling menggosokkan gading satu sama lain. Lalu si jantan akan menaiki si betina dari belakang dengan posisi hampir vertikal. Sesi kawin satwa ini umumnya berlangsung sekitar 2 menit.

2. Kumbang rusa ini juga kawin dengan cara yang mirip dengan mamalia darat

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret kumbang rusa kawin (fremlin.de)

Pada saat menaiki tubuh betina, kumbang jantan akan mengusap punggung betina menggunakan antena dan kaki depannya. Jika si betina menerima si jantan, perkawinan pun terjadi. Si jantan akan memasukkan organ reproduksinya yang disebut aedeagus ke dalam alat kelamin betina untuk membuahi telur yang dikandungnya.

3. Sementara posisi kawin katak sedikit berbeda, yaitu si jantan berada di atas punggung si betina seperti ini

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret katak kawin (livescience.com)

Laman Untamed Science menyebut bahwa si jantan akan "memeluk" si betina dengan kaki depannya melingkari tubuhnya. Posisi kawin tersebut biasanya dilakukan di air, tapi bisa juga terjadi di darat atau bahkan di pohon. Bergantung pada spesiesnya, katak yang sedang kawin bisa tetap berada dalam posisi tersebut hingga beberapa hari.

Baca Juga: Kelewat Pasif, Populasi 10 Hewan Langka Ini Semakin Menipis

4. Karena ular tak punya kaki atau tangan, mereka kawin dengan cara saling melilitkan tubuh seperti ini

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret ular kawin (indiatvnews.com)

Sama seperti katak, posisi kawin ular ini pun tak berlangsung sebentar, tapi bisa mencapai 2 hari. Ular jantan sendiri memiliki dua penis, tapi ia hanya bisa menggunakan salah satunya setiap kali kawin. Ada pula beberapa jenis ular yang kawin bersama-sama hingga ratusan ekor sekaligus, seperti anakonda.

5. Cacing juga tak punya kaki dan tangan, tapi posisi kawin mereka berbeda dengan ular

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret cacing kawin (naturespot.org.uk)

Dilansir BBC, cacing tanah adalah hewan hermafrodit, yang artinya setiap individu memiliki kelamin jantan dan betina sekaligus. Pada saat kawin, di antara mereka ada yang berperan sebagai jantan dan ada yang menjadi betina. Sesi kawin mereka bisa berlangsung hingga 3 jam lamanya.

6. Dari dunia bawah laut, ternyata penyu kawin sambil berenang seperti ini

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret penyu kawin (abc.net.au)

Penyu jantan menggunakan cakar yang panjang pada kaki depannya untuk mengaitkan dirinya pada tubuh si betina. Cakar itu cukup tajam, sehingga kadang bisa melukai si betina di bagian yang tak tertutup cangkang. Penyu dan kura-kura terkenal memiliki penis yang sangat panjang, yaitu bisa mencapai setengah panjang cangkangnya.

Baca Juga: 10 Spesies Hewan Ini Ternyata Kerap Menunjukkan Perilaku Homoseksual

7. Ini bukan hiu yang sedang berkelahi, tapi justru sedang kawin

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret hiu kawin (thefisheriesblog.com)

Sesi kawin hiu memang melibatkan gigitan si jantan terhadap betina. Hal itu dilakukan agar tubuh mereka tetap melekat selama kawin. Namun, menurut laman Earth Touch News, hiu betina memiliki kulit yang lebih tebal. Seperti ular, hiu jantan memiliki dua penis yang disebut klasper, namun hanya satu yang digunakan saat kawin.

8. Beberapa spesies kepiting kawin dengan posisi seperti di gambar ini

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret kepiting kawin (noaa.gov)

Kebanyakan kepiting kawin dengan posisi jantan berada di belakang betina. Kepiting jantan memiliki organ seks berbentuk mirip antena yang disebut gonopod. Mereka akan memasukkannya ke kelamin betina yang terletak di bawah tubuh. Setelah kawin, si jantan akan menjaga betina selama beberapa hari sebelum pergi.

9. Beberapa jenis burung bisa kawin sambil terbang, salah satunya burung walet

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret burung walet kawin (frodshammarshbirdblog.com)

Jangankan kawin, burung walet bahkan bisa makan, minum, dan tidur sambil terbang! Mereka bisa menghabiskan bertahun-tahun terbang dan hanya mendarat untuk bertelur. Sarangnya pun terletak di ketinggian. Walet hampir tidak pernah mendarat ke tanah karena itu bisa membuat mereka terancam oleh serangan predator.

10. Capung yang sedang kawin akan membentuk posisi yang tampak seperti bentuk hati seperti ini. Sweet banget, ya!

10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsungpotret capung kawin (british-dragonflies.org.uk)

Capung jantan memegang kepala si betina dengan ujung abdomen, lalu si betina menekuk bagian yang sama hingga menyentuh pangkal abdomen si jantan. Itulah tempat sperma berada. Bergantung spesiesnya, proses tersebut bisa berlangsung beberapa detik saja atau hingga berjam-jam.

Ternyata cara kawin hewan-hewan di atas cukup unik, ya! Kalau beruntung, kamu mungkin saja menjumpai hewan yang sedang kawin di alam bebas seperti di atas.

Baca Juga: 10 Fakta Unik seputar Hubungan Seks di Dunia Hewan, Gak Disangka!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Peter Eduard di IDN Times Community dengan judul 10 Potret Hewan Kawin yang Jarang Diketahui, Pernah Lihat?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya